Minggu, 13 Agustus 2023

M. Ilham Nurhakim, Pelopor Teknologi FIMP untuk Panen Gurami Lebih Optimal


Tulungagung, kota kecil di yang terletak kurang lebih 154 Km ke arah Barat Daya dari Kota Surabaya, Jawa Timur ini terkenal sebagai penghasil marmer terbaik di Indonesia dan sering disebut sebagai Sweden van Java karena kualitas marmernya. Sekitar 40 persen wilayah Tulungagung merupakan daerah perbukitan kapur yang tandus sehingga kurang optimal untuk lahan pertanian. Wilayah Tulungagung yang subur berada di sekitar lereng gunung Wilis dan dataran rendah yang dilalui sungai Brantas. 

Selain sebagai penghasil marmer, Tulungagung dikenal  sebagai salah satu sentra budidaya ikan. Tidak mengherakan jika di desa-desa di Tulungagung muncul komunitas-komunitas pembudidaya ikan. Salah satunya adalah Sobat Mina Nusantara yang didirikan oleh:

Sumber : youtube Sobat Mina


1. M. Ilham Nurhakim (CEO). Dia adalah pemuda yang memiliki pengalaman lima tahun dalam manajemen perikanan air tawar 

2. Fahru Riza (CTO) Dia adalah sosok pemuda dengan 3 tahun pengalaman pada penelitian teknologi dan mesin 

3. Novianti Mukti Wibowo (CFO): Merupakan pemuda dengan 4 tahun pengalaman pada analisis keuangan produk perikanan 

Sobat Mina Nusantara bermula dari perkumpulan para pemuda pembudidaya ikan air tawar di desa yang ingin saling belajar dan mendukung pengembangan usahanya. Dapat dikatakan bahwa

Sobat Mina Nusantara merupakan start up yang bergerak di bidang perikanan, khususnya budi daya ikan Gurami. Tempat budidaya Sobat Mina berada di Jl. Mundu Ds. Kepuh RT. 02 RW. 02 Kec. Boyolangu Tulungagung. 

Sebagai bentuk keseriusan M. Ilham Nurhakim, Sobat Mina Nusantara dikembangkan menjadi CV yang diberi nama CV Mina Nusantara Rahayu. Sobat Mina atau CV Mina Nusantara Rahayu fokus pada budi daya dan penjualan ikan air tawar, produk pakan ikan, dan mesin perikanan. CV yang resmi berdiri pada tanggal 18 Agustus 2019 ini banyak membantu para petani ikan gurami. 

Selama proses budidaya, petani gurami mengalami beberapa kendala. Salah satu kendala besar adalah tingginya tingkat kematian ikan gurami karena buruknya kualitas air. Mengatasi masalah tersebut, Sobat Mina Nusantara mengupayakan kebersihan kolam ikan menggunakan teknologi tepat guna yang disebut “Fish Pond Automatic Cleaning Using IOT Floating Pump (FIMP)”. FIMP adalah alat penghisap kotoran ikan dalam skala besar. Penggunaan FIMP bertujuan untuk peningkatan kualitas air melalui pembersihan kotoran ikan secara berkala. FIMP mempunyai 1 penyedot air dibagian bawah yang terdapat selang yang di sambungkan dengan perahu mesin disel lalu di atasnya terdapat selang untuk membuang air.

Sumber : youtube Sobat Mina


Sobat Mina Nusantara membuktikan bahwa badan usaha mereka tidak hanya berkegiatan sebagai kelompok pebisnis di bidang perikanan, tetapi dengan edukasi pemanfaatan FIMP sebagai teknologi tepat guna mampu menjadi wadah edukasi bagi masyarakat.

Sobat Mina Nusantara hingga saat ini telah membantu para petani ikan gurami dengan pembudidayaan di 50 kolam. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Sobat Mina Nusantara meliputi: 

Budidaya ikan gurami melalui pemberian pakan, vitamin dan probiotik 

Diharapkan dengan budidaya ikan gurami secara terprogram dapat mengoptimalkan hasil panen

Membersihkan kolam dengan menggunakan alat FIMP

Harapan Sobat Mina Nusantara, pembersihan kolam secara teratur menggunakan alat FIMP bisa menghasilkan kolam yang bersih sehingga kondusif sebagai habitat ikan gurami dan menurunkan tingkat kematian agar hasil panen lebih optimal

  Memanen ikan

  Pengemasan ikan 

Pemasaran atau market dengan tujuan sasaran adalah distributor ikan dan konsumen ikan. 

Sobat Mina Nusantara memasarkan ikan hasil panen bekerja sama dengan stake holder dan menggunakan sistem B to B. Hasil panen petani gurami binaan Sobat MinaNusantara distribusikan melalui offtaker ikan di Tulungagung. Selanjutnya ikan hasil panen ini kemudian akan didistribusikan ke konsumen di pasar, cafĂ©, maupun resto. Sobat Mina Nusantara juga melayani penjualan langsung ke konsumen melalui marketplace. 

Selain dari penjualan hasil panen gurami, Sobat Mina Nusantara juga mendapatkan penghasilan dari istem persewaan alat dengan biaya sewa 100 ribu per pembersihan kolam. 

Penghasilan Sobat Mina Nusantara dari budidaya perikanan bersama petani dengan ikan 100 ribu ekor mencapai sekitar 1,4 milyar rupiah dalam jangka waktu 8-12 bulan. 

Berkat sepak terjangnya bersama Sobat Mina membantu petani ikan gurami, Astra Indonesia melalui Apresiasi SATU Indonesia Awards memilih M Ilham Nurhakim sebagai salah satu Penerima Apresiasi SIA Provinsi 2021.

Apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia merupakan wujud penghargaan Astra bagi generasi muda, baik individu maupun kelompok, yang memiliki kepeloporan dan melakukan perubahan untuk berbagi dengan masyarakat sekitarnya di bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi, serta satu kategori Kelompok yang mewakili lima bidang tersebut. Diharapkan, para penerima penghargaan ini mampu memberikan dampak positif yang lebih besar dan kontribusi secara berkelanjutan pada usaha-usaha pembangunan di daerahnya.


Sepak terjang M Ilham Nurhakim dan Sobat Mina tidak berhenti pada penghargaan SIA Provinsi 2021. Namun secara berkesinambungan memberikan edukasi kepada petani ikan gurami dan berupaya memperluas jangkauan alat FIMP sehingga dapat dimanfaatkan oleh banyak petani. M. Ilham Nurhakim dan Sobat mina juga berupaya memperluas market dengan membuka kerjasama dengan para supplier dan offtaker untuk mendistribusikan ikan gurami dari petani ikan binaan Sobat Mina.


Melalui website sobatmina.com para petani pembudidaya ikan bisa langsung menjual produknya lebih cepat  ke masyarakat. Sobat Mina tidak hanya menjual produk perikanan namun juga menjual aneka produk pakan perikanan yang berkualitas baik yang dilengkapi  dengan adanya vitamin atau probiotik. Selain itu Sobat Mina juga menjual berbagai mesin pembantu untuk pembudidaya ikan dalam menggembangkan budidaya perikanannya. Keren sekali ya Sobat Mina.


Sumber : youtube Sobat Mina


Selama beroperasi Sobat Mina telah menjual 35 ton ikan segar, 53 ton produksi pakan pertahun dan memiliki  agen yang tersebar di 20 kota dan propinsi.


Referensi:

1.Sobat Mina (2022, Maret 2) Profil sobat mina, Astra startup challenge (youtube)

https://youtu.be/f082PviwUkY


2.www.sobatmina.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar