Jumat, 02 Oktober 2015

Asyiknya Berkeliling Jakarta Naik Bus Tingkat

Sudah lama keinginan untuk mengajak anak-anak berkeliling Jakarta naik Bis tingkat atau bahasa kerennya city tour. Tapi karena setiap weekend seringnya ada acara maka kesempatan jalan-jalan naik bis tingkat ini baru dilaksanakan sebulan lalu.

Sebenarnya bis ini sudah beroperasi di Jakarta sejak Februari 2014. Waah sudah lama juga ya ternyata. Awalnya nggak ngerti jam operasional dan rute bis tingkat ini. Tetapi berkah mbah google akhirnya kami tahu kalau jam operasi bis tingkat ini jam 9 pagi sampai dengan jam 7 malam. khusus hari Minggu jam operasinya mulai jam 12 siang. Ada halte khusus untuk bis city tour ini. Jadi kita tidak bisa sembarangan main cegat naik kayak kopaja. Hehehe..



Waktu sudah menunjukkan pukul setengah enam  saat mobil kami parkir di Monas.  Kami berjalan menuju depan Balai Kota dan menunggu bis di sana. Tampak beberapa orang juga menunggu bis yang sama.

kami hanya menunggu sekitar 10 menit. Tak lama bis pun datang.  Bisnya berwarna merah. Bisnya kelihatan baru, terawat  serta bersih. Ada beberapa bangku di lantai 1, namun kami segera naik ke lantai 2. Di lantai dua kami bisa lebih leluasa melihat pemandangan Jakarta. Kalau lima tahun lalu aku masih terpesona dengan bis Hop On Hop Off di Kuala Lumpur, kini tidak lagi. Jakarta juga mempunyai bis sejenis untuk berwisata keliling. Jangan kaget kalau naik bis ini gratis alias tidak dipungut biaya. Salut untuk pemerintah DKI yang berusaha memajukan pariwisatanya dan memfasilitasi dengan bis ini.

Dari Balai Kota bis mulai berkeliling Sarinah- Bundaran HI-Museum Nasional-Pecenongan-Pasar Baroe-Masjid Istiqlal-Monas-Balai Kota. Di setiap halte bisa berhenti untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Sepertinya ini adalah bis terakhir yang beroperasi.  Jakarta mulai terlihat gelap dan tampak lampu warna-warni di sepanjang jalan yang kami lalui. Awalnya kami duduk di tengah. Karena ada penumpang yang turun, akhirnya kami pindah duduk di paling depan.

Banyak juga warga Jakarta yang menghabiskan malam Minggu dengan berwisata berkeliling jakarta naik bis ini. Oya di dalam bis ini kita dilarang makan dan minum ya. Tampaknya semua penumpang mematuhi aturan ini. Terbukti tidak ada satu pun penumpang yang membawa makanan atau minuman ke dalam bis.

Anak-anak tampak antusias dengan perjalanan kali ini. Maklum ini pertama kalinya mereka naik bis tingkat. Tampak beberapa penumpang memotret suasana Jakarta di malam hari dengan smartphone mereka melalui jendela bis. Buat yang penasaran dengan bis ini, berikut penampakannya.


 photo city-tour-2_zpsiswlstpy.jpg
Suasana di lantai 2

 photo city-tour-1_zpsjmsmhel9.jpg
berhenti di halte


 photo tangga_zpsygjb3nqe.jpg
Tangga



Waktu untuk berkeliling kira-kira satu jam. Pukul tujuh kurang seperempat kami berhenti di halte Balai Kota tempat kami naik tadi. Pengin foto di depan bis, tapi bis nya sudah keburu jalan. Lagian sudah malam, jadi tidak begitu jelas untuk berfoto di luar. Tapi sayang juga kalau nggak ada kenang-kenangannya. Jadi berfoto deh di depan bis meski gelap-gelapan.



12 komentar:

  1. OMG.. aku ketinggalan banget.. baru tau lhoo kalau udah ada bis citytour gini di Jkt, lumayan ini yaa.. liburan murmer dan berkesan, krn anak2ku jg blm pernah naik bis bertingkat. Wah.. boleh jg nih masuk agenda liburan ajak anak2 jalan2 keliling Jakarta, hahaha.. makasih infonya ya mbak ^ ^

    BalasHapus
  2. Iya mbak Ristin.Bisa buat agenda jalan-jalan bersama anak-anak sehabis UTS.Asyik banget keliling Jakarta naik bis tingkat.Pasti ntar krucilsnya pada seneng mbak.

    BalasHapus
  3. saya sudah pernah naik City Tour mbak, tapi siang hari, seru juga plus gratis lagi

    BalasHapus
  4. Waah malah keduluan Mbak Ev yang orang Bogor ya naik city tournya.Seru ya...gratis lagi.Hihi..

    BalasHapus
  5. aku loh belum pernah...mau nyobain g jadi2
    seru yo

    BalasHapus
  6. Seruu Mak Echa...Cobain yuuuk keliling Jakarta pakai bis city tour.

    BalasHapus
  7. Wah, aku baru tahu ini. Pengin ajak anak-anak juga, ah. Hiburan murah meriah daripada ngemol qiqiqi. Tfs, Mba.

    BalasHapus
  8. Iya Mbak Haya...Yuk ajak anak-anak.Pasti berkesan banget.Anakku aja katanya mau naik lagi kapan-kapan.Hihi...

    BalasHapus
  9. baru teu kalau di jakarta juga ada bus tingkat, di solo juga ada mbak namanya werkudoro :) 25.000, tapi khusus wisata

    BalasHapus
  10. Waah di Solo juga ada ya Mas.Iya kapan itu lihat di mbah google bis tingkat bagus di Solo.Kirain gratis juga.Ternyata harus bayar yaa..

    BalasHapus
  11. Sekarang tiap kota ada ya, yg udah pernah naik di Solo, tapi Jakarta pasti asik sekali karena banyak gedung yang bisa dilihat. Males kalau jalan2 sendiri bawa mobil. Btw aku naik HOHO kesasar loh, wkwkwkk norak salah turun.

    BalasHapus
  12. Sepertinya Solo dan Jakarta aja ya mbak Lusi yang baru ada.Eh gak tau ding kalau kota lain sudah ada. Tapi emang enak naik bis city tour ini daripada bawa mobil sendiri kalau niatnya jalan-jalan keliling kota.Hehe..Wah kok bisa nyasar sih nik HOHO.Aku sih gak naik bis itu mbak dulu.Cuma lihat aja sliwar sliwer.Aku naiknya monorail sama MRT.Hemat.Hihihi..

    BalasHapus