Memilih Moda Transportasi Yang Tepat Untuk Liburan

Waah sudah UAS nih. Hawa-hawa liburan mulai terasa. Hihihi..si emak ini yang dipikirin bukan bagaimana cara anak-anak mendapat nilai bagus saat UAS, tapi malah liburan yang sebentar lagi datang. Andai si emak ini anak-anak pasti sudah nyanyi lagunya Tasya.

" Libur telah tiba..libur telah tiba...Horeee...."
Biasanya kalau liburan gini duo krucils pulang ke rumah eyang utinya di Blitar. Kalau pulang kita naik kereta api, soalnya jauh. Jarang banget liburan bawa mobil. Selain memakan waktu lama di jalan, si ayah juga jarang banget dapat cuti pas liburan anak-anak.



Di bawah ini ada beberapa tips pilihan transportasi yang tepat untuk liburan :

  1. Pesawat

 Untuk liburan jarak  jauh pesawat adalah moda transportasi yang tepat. Karena hanya memerlukan waktu pendek, kita bisa menghemat waktu. Untuk liburan ke luar pulau, naik pesawat ini cocok.  Badan tidak capek karena hanya terbang satu atau dua jam saja ke tempat tujuan dan waktu liburan bisa menjadi lebih lama. Kelemahan dari pesawat ini adalah biaya yang mahal. Kita harus menyediakan banyak dana untuk liburan menggunakan pesawat. Yah..sebanding juga sih harga dengan pelayanan yang didapatkan.

2. Kereta Api

Kereta api ini sepertinya merupakan pilihan transportasi yang banyak digunakan saat liburan. Selain waktu tempuh yang lebih pendek dibandingkan naik bis atau kendaraan pribadi, tiket kereta api lebih murah dibandingkan dengan naik pesawat. Dulu..saat kereta api pelayanannya belum sebagus sekarang, kami biasa menggunakan kereta api eksekutif untuk liburan pulang kampung. Kini sejak kereta api bebenah, kami memilih kereta api bisnis atau AC ekonomi untuk pulang kampung. Meskipun kereta api ekonomi AC (bisnis) pelayanannya memuaskan. Lumayan irit beberapa ratus ribu. Jika dikalikan jumlah orang (kami bertiga) selisih tiket pp ini bisa lebih dari sejuta. Lumayaan..pengiritan.

Kereta Api majapahit ini contohnya. Meskipun kelas bisnis, tapi kursinya bagus. Jok kursi tampak dikasih sarung kursi sehingga kesannya rapi dan cantik. Selain itu masing-masing kursi dilengkapi dengan colokan buat nge charge.  Anak-anak pun merasa nyaman karena bisa main game di  gadget mereka tanpa khawatir baterai habis.



 photo asyik di kereta_zpsvt5wwney.jpg
kereta majapahit


3. Mobil Pribadi
Membawa mobil pribadi saat liburan sebenarnya sah-sah saja. Nyaman jika jarak yang ditempuh pendek dan hanya beberapa jam saja. Namun jika jarak yang ditempuh lama , apalagi dari Jawa Barat ke Jawa Timur misalnya, membawa mobil buka pilihan yang tepat. Selain menghabiskan banyak waktu di jalan, badan juga lumayan capek. Untuk yang tidak bisa menjaga kesehatan malah bisa jadi jatuh sakit. Alih-alih pengin liburan, tapi malah harus istirahat karena sakit. Nggak asyik kan?

Keuntungan dari naik mobil sih ada. Kita bisa menikmati banyak hal di perjalanan. Dari tempat-tempat wisata sampai kuliner di setiap daerah yang kita singgahi untuk istirahat. Namun jika si ayah tidak mendapat cuti yang lama, sebaiknya tinggalkan moda transportasi ini karena tidak praktis.

4. Bis

Bis bisa menjadi salah satu pilihan buat pulang kampung apabila tidak ada kendaraan pribadi. Selain harganya terjangkau, biasanya ketersediaan bis ini banyak, jadi tidak takut kehabisan tiket. Biasanya jika liburan tiba, kita harus memesan tiket kereta api jauh-jauh hari karena biasanya penuh dan tiket habis. Jika kita menggunakan bis, kita bisa memesan secara mendadak tanpa takut kehabisan tiket karena jumlah bis yang tersedia biasanya cukup banyak.

5. Travel

Travel ini hampir sama dengan bis. Tetapi kita harus memesan beberapa hari sebelumnya karena ketersediaan travel tidak sebanyak bis. Harganya memang lebih mahal daripada bis, tetapi kita nyaman karena diantar sampai tempat tujuan. Tempat duduknya pun lebih enak karena tidak bercampur dengan banyak orang seperti di bis. Bis dan travel  ini cocoknya buat perjalanan antar propinsi. Misalnya dari Jawa Barat ke Jawa Tengah atau dari Jawa Tengah ke Jawa Timur. Jika perjalanan lebih jauh, misalnya dari Jawa Barat ke Jawa Timur kereta api bisa menjadi pilihan.

Jadi gimana guys? Sudah siap liburan bersama anak-anak? Wkwkw...UAS aja belum kelar. Siap-siap pilih moda transportasi yang paling sesuai ya..*sesuai juga dengan isi kantong maksudnya*. Hihi..

Komentar

  1. Udah pernah naik semua, kecuali mobil pribadi soale belum punya hehehehe. Kapal Laut kok nggak disebutin ya?

    BalasHapus
  2. Kapan-kapan bisa naik mobil pribadi ya Mas Didik. Oya ..lupa nyebutin kapal laut. Belum pernah naik soalnya. Hihihi...

    BalasHapus
  3. menurutku yang paling simple ya naik pesawat tapi biayanya juga paling mahal diantara transportasi lainnya :D

    BalasHapus
  4. Betuul Mak Indri. Naik pesawat memang paling simple. Tapi biayanya paling mahal yaa...hehe..

    BalasHapus
  5. Aku udah pernah coba semua. Kalo soal pilihan sih, aku paling suka naik kereta atau pesawat, karena nggak kena macet... Hehehe.

    BalasHapus
  6. Iya Mbak Dee paling enak emang naik pesawat atau kereta. Bebas maceet ya.Hihi..

    BalasHapus
  7. buat tukang nyasar kayak aku paling enak pakai travel, hehe. tapi kadang ada juga sopir yang ga ngerti jalan. wekeke. jadinya muter agak jauh dari tempat janjian dijemputnya. :D kalau kereta api biasanya dipake kalo jarak jauh dan pengin hemat, mak. lebih murah

    BalasHapus
  8. aku kemarin itu ngebolang pake angkutan umum, seru juga ternyata mbak, tapi kalo boleh milih pengennya pake kereta terus nyambung mobil pribadi

    BalasHapus
  9. Heehe...betul...tukang nyasar cocoknya pakai travel.Soalnya dijamin pasti nyampai tempat tujuan ya Mak Ila.

    BalasHapus
  10. Waah malah asyik tuh.Aku belum pernah sih.Kapan-kapan aku coba ah ngebolang pakai angkutan umum.Pasti seruuu...

    BalasHapus
  11. Naik kereta api lebih asyik, kalo menurut saya. Have nice holiday...

    BalasHapus
  12. Naik kereta api bisa melihat pemandangan bagus ya soalnya.Sawah,sungai dll.

    BalasHapus
  13. Mungkin yang paling disukai oleh anak - anak adalah kereta Api, karena bisa leluasa bergerak / jalan - jalan di moda transportasi ini. Ditambah lagi rute yang dilalui kereta api biasanya melewati daerah pedesaan.

    BalasHapus
  14. Iya Mas...anak-anak paling suka naik kereta api. Karena nggak capek bisa jalan-jalan di kereta.

    BalasHapus
  15. Iya Mas...anak-anak paling suka naik kereta api. Karena nggak capek bisa jalan-jalan di kereta.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer