Sabtu, 23 Juli 2016

Perlengkapan Olahraga Fitness yang Cocok untuk Pemula

Hai ..bertemu lagi dengan fadevmother di sini. Maaf banget nih karena kesibukan puasa dan lebaran jadi urusan blog jadi agak terbengkalai alias jarang diisi. Hehe.. Biar kita fresh lagi sehabis lebaran yang tentu saja membuat berat badan kita naik, postingan pertama sehabis lebaran kita bahas tentang olah raga yuk.  



olah raga
Seperti kita ketahui olahraga menjadi satu kebutuhan penting dalam hidup manusia. Selain mendapatkan bentuk tubuh idaman, olah raga juga bermanfaat untuk  bagi kesehatan. Jika teman-teman  ingin hidup sehat maka selain gaya hidup, satu hal yang wajib diperhatikan adalah olahraga. Paling tidak kita bisa menyisihkan  waktu setidaknya 30 menit sehari hanya untuk aktivitas ini. Sebenarnya ada banyak cara untuk selalu melakukan olah raga. Tidak harus menggunakan perlengkapan olahraga  karena beberapa diantaranya bisa dilakukan sendiri  seperti berjalan kaki atau lari pagi.

Olah raga yang sebentar namun dilakukan secara  teratur memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan  jarang olah raga namun sekali dilakukan sangat lama. Bidang olahraga sendiri ada banyak sekali macamnya. Ada yang secara khusus untuk membuat tubuh lebih bugar saja, misalnya  seperti basket atau sepak bola, dan ada juga ada jenis olahraga yang dimanfaatkan untuk pembentukan tubuh.

Buat teman-teman yang memiliki bentuk badan kurang ideal karena timbunan lemak di beberapa bagian  membutuhkan olahraga tersendiri untuk menurunkan berat badan. Biasanya  dianjurkan untuk ikut fitness. Tempat gym biasanya menawarkan berbagai macam  perlengkapan olahraga yang dapat digunakan, hanya dengan membayar beberapa rupiah saja. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita harus rutin berolah raga.  Untuk pemula kita membutuhkan arahan dari instruktur dalam menggunakan alat untuk menghindari cidera. Untuk menghindari cidera ada beberapa tips yang dapat dilakukan, yaitu:

  1. Pemanasan terlebih dahulu. Stretching membantu otot-otot tubuh untuk lebih lentur sehingga dapat menyesuaikan pada olahraga yang tengah  dilakukan.Hal ini  dapat meminimalisir potensi cidera yang mungkin saja terjadi.
  2. Sebaiknya kenali cara pemakaian yang tepat, beberapa diantara kita mungkin masih awam dengan penggunaan alat fitness tersebut. Untuk itu jangan asal menggunakan, kenali terlebih dahulu cara penggunaannya, paling tidak mintalah bantuan dari instruktur.
  3. Jangan mengangkat beban yang kiranya tak bisa kita tahan, beberapa perangkat yang ada dalam tempat fitness memang tergolong berat, jika memang kurang bisa sebaiknya hindari penggunaannya, ini justru akan membahayakan keselamatan kita.
  4. Selingi dengan istirahat. Jangan memaksakan diri, mengingat pemula berbeda dengan orang yang sudah sering fitness nantinya kita akan merasa mudah lelah. Jika kita  merasa lelah jangan ragu untuk mengambil waktu jeda sejenak guna beristirahat. Kita bisa mengambil waktu istirahat selama beberapa menit dan minum.
  5. Jangan sampai bosan, olahraga selain melelahkan terkadang juga membuat diri kita menjadi bosan, selingi dengan beberapa kegiatan untuk membuang kejenuhan tersebut.
  6. Tentukan jenis yang sesuai dengan tujuan Anda, misalkan untuk wanita yang ingin membakar lebih banyak kalori bisa ikut zumba.

stretchng


berbagai tips diatas  bisa membantu kita yang masih pemula untuk lebih aman dalam mengikuti fitness, selain itu juga cara agar tak bosan untuk sering-sering datang ke tempat fitness. Namun bagi yang tak memiliki waktu senggang hanya untuk berolahraga tentunya tak ada kesempatan datang ke tempat gym, maka kamu dapat membeli perlengkapan olahraga sendiri di rumah, tak harus lengkap, cukup alat-alat sederhana sesuai kebutuhan saja, jadi waktu Anda juga tak banyak terbuang, namun tetap rasakan manfaatnya.

12 komentar:

  1. Asiiik, mengenang masa-masa olahraga, kangen olahraga berat :D *ga punya waktu iki piye*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuk sempetin olah raga Manda.Kan Naqib dah besar dan bisa disambi sambi

      Hapus
  2. hiks... udh lama bgt ga olahraga... sejak lahiran nih mbak... awalnya sih ga mau dulu krn kemarin itu aku cesar, kan ga bisa lgs mw ngempesin lemak2 di perut :D.. tapi udh 5 bulan, ttp aja blm mulai2 olahraganya -__-.. emag harus niat yg kuat dulu deh kalo mw mulai olahraga ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah sudah lima bulan ya lahirannya.Mulai olah raga yuuk biar lemak abis lahirinnya ilang.Mulai aja dulu dari yang mudah.Jogging depan rumah bolak balik setiap pagi.Tetap semangaat Mbak Fanny...

      Hapus
  3. trims tipsnay, aku mah tiap ahri jogging santai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah Mak Tira keren.Sudah rutin jogging setiap harii..Siip..sip...

      Hapus
  4. Selama ramadhan gak pernah olahraga, sekarang malah nambah buncit aja aku :(

    BalasHapus
  5. Aku pakai training. Nggak ada lagi yg sesuai heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai training juga enak kok Mbak.Rasanya nyaman.Yang penting enak dan nyaman aja dipakai.Saya juga pakai training mbak.

      Hapus
    2. Pakai training juga enak kok Mbak.Rasanya nyaman.Yang penting enak dan nyaman aja dipakai.Saya juga pakai training mbak.

      Hapus

Bahagia Bersama AirAsia Menjelajahi Negeri Laskar Pelangi

Bocah tiga tahun yang sedang asyik naik sepeda itu tiba-tiba melihat ke atas saat suara pesawat terdengar melintas. Sesaat kemu...