Jumat, 01 Juni 2018

Ruam Popok Bukan Lagi Masalah dengan 3M Cavilon



Anak yang sehat tentu dambaan setiap orang tua. Bebas dari batuk, pilek atau penyakit lainnya. Meskipun demikian terkadang ada saja penyakit yang umum terjadi pada bayi dan batita yang tidak kita harapkan yaitu ruam popok. Ruam popok ini umum terjadi pada bayi dan anak yang masih berusia kurang dari 2 tahun. Paling banyak terjadi pada bayi yang menggunakan popok sekali pakai. 

Saat duo krucil masih bayi saya juga pernah mengalami ruam popok. Saat itu solusinya cuma diangin-anginkan dan lepas diapres selama beberapa hari. Si kecil Firdan yang sekarang 21 bulan juga pernah mengalami ruam popok. Obatnya hanya dikasih salep dan tidak memakai diapers selama beberapa hari. Sayangnya ada beberapa ruam popok yang parah dan sulit sembuh. Pulihnya memakan waktu yang lama. Tentu hal tersebut sangat menyiksa buat bayi. BAyi menjadi rewel karena kesakitan. 

Mengapa Bisa terjadi Ruam Popok? 

Dr.Rina dari RSCM dalam blogger Gathering 3M Cavilon menjelaskan lebih lanjut tentang ruam popok. Ruam popok merupakan peradangan kemerahan pada kulit dengan atau tanpa terkikisnya lapisan kulit akibat paparan berulang dan terlalu lama bersentuhan dengan urin atau tinja. Biasanya ruam popok pada bayi terjadi jika kita terlalu lama mengganti popok. Akibatnya timbul ruam kemerah-merahan yang sering kita sebut dengan ruam popok. 


dokter Rina
Bila sudah timbul ruam popok ada beberapa hal yang perlu kita lakukan yaitu : 
  1. Segera lepaskan popok yang telah basah atau kotor
  2. Bersihkan popok dengan air hangat, bila perlu dengan sabun cair dan bilas dengan air bersih.
  3. Keringkan dengan handuk atau kain yang lembut. 
  4. Oleskan salep, krim yang khusus untuk bayi atau anak yang berguna untuk melindungi dan menjaga kelembaban kulit yang sedang rusak oleh radang tersebut.
  5. 5. Bila tidak ada perubahan segera ke dokter
Langkah-langkah untuk mencegah ruam popok :
  • Menjaga agar kulit bayi tetap sehat dan kering
  • Segera mengganti popok yang kotor dan lakukan sesering mungkin.
  • Saat mengganti popok bersihkan dengan air hangat.
  • Oleskan atau semprotkan krim / film pelindung untuk melindungi dari gesekan dan paparan lembab berlebih.
  • Keringkan kulit bayi dengan handuk sebelum memakai popok baru.
  • Biarkan bayi atau anak tidak memakai popok selama 2 atau 3 jam sehari agar kulitnya tidak panas atau lembab.
  • Sesuaikan ukuran popok dengan berat badan bayi.
3M Cavilon Solusi Ruam Popok Yang Sulit Sembuh

Di acara blogger Gathering bersama 3M di Restaurant Ocha Bella minggu lalu kami berkenalan dengan 3M. Mungkin banyak juga ya teman-teman yang sudah mengetahui tentang 3M ini. 3M adalah perusahaan yang bergerak di banyak bidang dan sudah 40 tahun berada di Indonesia. Pada awalnya 3M adalah perusahaan yang bergerak di bidang mining atau pertambangan dan semakin memperluas usahanya di berbagai bidang. Lima diantaranya adalah bidang kesehatan, industri, elektronik dan energy dan konsumer.

Di acara gathering ini, 3M memperkenalkan 3M Cavilon No Sting Barrier Film, produk health care untuk proteksi kulit serba guna termasuk untuk perawatan kulit yang terkena ruam popok sehingga tidak terulang dan lebih cepat sembuh.


Dokter Soni seorang ahli bedah menjelaskan tentang berbagai kerusakan pada kulit dan memberikan testimoni beliau tentang 3M Cavilon ini. Kebetulan beliau berkali-kali menangani kasus pasien yang sembuh dengan 3M Cavilon. 

dokter Soni

penyebab kerusakan kulit

Karakteristik 3M Cavilon  Barrier Film :
1. Terbukti melindungi kulit dari kerusakan.
2. Kompatibel dengan CHG dan PVI. CHG dapat bereaksi dengan bahan anionic menjadi tidak terlarut dan menyebabkanhilangnya daya antimikroba.
3.Steril. Sesuai dengan petunjuk untuk tindakan yang menggunakan antiseptic. (beberapa barrier film tidak steril)
4. Cepat kering dan tidak lengket sehingga pasien merasa nyaman.
5.Tidak menganggu proses penyembuhan apabila kulit rusak.
6.Tahan air
7. Tidak menyengat dan nyaman bagi pasien dengan kulit rusak.
8. Murah karena lapisan bisa bertahan selama 72 jam


3M Cavilon


Acara talkshow berlangsung meriah termasuk beberapa pertanyaan dari blogger peserta. Dokter Rina juga menegaskan agar kita  jangan salah persepsi.  Jadi 3M Cavilon No Sting Barrier Film bukan obat melainkan pelindung untuk melindungi kulit yang sedang meradang terkena paparan urun/faeses berulang-ulang dan mencegah kulit makin rusak akibat gesekan dengan popok. Jadi kita tetap memakai krim untuk ruam popok agar bisa sembuh. 




Cara pemakaiannya adalah disemprotkan pada kulit yang terkena ruam yang sudah diolesi krim. Biasanya kan kita akan olesi krim buat ruam. Sebelum dipakein popok, semprot dulu krim ini dengan 3M Cavilon. 3M Cavilon ini akan melindungi dari gesekan selama 72 jam. Jadi karena tidak terjadi gesekan dengan popok yang menyebabkan tambah iritasi maka proses penyembuhan ruam popok menjadi lebih cepat dengan 3MCavilon ini. 


Untuk sementara 3MCavilon ini belum dijual offline dan baru dijual online di Tokopedia dan Buka Lapak. Namun mulai bulan depan bisa ditemukan di apotik Kimia Farma di Indonesia. Dengan harga 180 ribu untuk 28 ml , 3MCavilon ini bisa digunakan untuk 140 kali semprotan. Ekonomis bukan?

Dengan 3M CAvilon ruam popok bukan lagi menjadi momok buat ibu-ibu.



27 komentar:

  1. 3M cavilon ini produk yang praktis banget ya, tinggal semprot, ruam jadi terlindungi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...aku juga baru tau ada produk kayak gini Mbak.

      Hapus
  2. seneng bisa nemu buat ruam yang spray, kalau yang oles oles aku agak takut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau obat ruam memang semua kayaknya oles mam. Ini kan cuma mempercepat penyembuhan ya. Makanya spray. Tapi tetap pakai obat yang oles-oles krim ruam.

      Hapus
  3. Hooo jadi ruam yg udah diolesin obat terlindungi sama si cavilon ini yaaa... waaah bagus juga nih, berarti buat luka lain bisa dong? secara tahan air jadi bisa nutupin luka gitu kan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Sandra. Bisa buat luka lain. Buat luka diabetes juga bisa. Ini tahan air jadi melindungi luka karena barrier filmnya itu.

      Hapus
  4. mak nunung, tips mencegah ruam popok diatas harus digaris bawahi nih biar gak terulang lagi si kecil terkena ruam.. makasi infonya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama -sama. Semoga informasinya berguna yaa..

      Hapus
  5. wah kayaknya ini produk baru ay aku baru tahu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mamah Tira ini produk baru. Baru dijual online dan bulan ini baru mulai dijual di apotek Kimia farma.

      Hapus
  6. wah jadi pengen beliin ponakanku yg msh kecil mbk hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas...tapi tetap pakai krim ruam popok yaa sebelum pakai 3MCavilon ini.

      Hapus
  7. Mbak makaskh tipsnya untuk mencegah ruam popok, perlu banget nih buat aku biar anakku ga ruam popok lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..semoga si dedek nggak ruam popok lagi ya. Kasihan...

      Hapus
  8. Noted. Nanti kalau ada saudara atau teman yang bayinya kena ruam popok akan kurekomendasikan produk ini. Dulu pas anak masih bayi2 kayaknya belum ada, hehehe. Salam kenal ya, Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini memang produk baru Mbak Nia . Tapi harus pakai krim ruam popok ya sebelum pakai produk ini. Ini hanya sebagai pelindung antara kulit dan popok. Jadi semacam ada lapisannya gitu

      Hapus
  9. Cukup ekonomis ya 180 rnb bisa buat 140x semprot gtu.
    Inovasi yang bagus jg buat membantu proses penyembuhan luka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kayaknya harganya mahal 180 ribu. Tapi sebenarnya ekonomis karena bisa dipakai 140 kali semprot ya Mbak.

      Hapus
  10. Waaah produk baru ya?Dulu pas kecilnya Elang belum ada. Jadi ruam popoknya lama nggak sembuh-sembuh. Tiap abis pakai krim kegesek gesek lagi sama pampers.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini produk baru. Kemarin-kemarin masih dijual online dan baru perbulan ini dijual di apotek Kimia Farma.

      Hapus
  11. wah solusi yang mantap ya,

    BalasHapus
  12. Dulu anakku cuma pakai minyak tawon aja, biasanya sih ruam karena kulitnya tidak cocok dengan bahan popok sekali buang. Ternyata cara pakai obatnya disemprot 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tapi sebelum pakai cavilon tetap pakai cream buat ruam dulu mbak..

      Hapus
  13. Baru tahu ada produk ini ...baru ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Rina ..ini produk baru

      Hapus
  14. Anak pertamaku dulu pernah kena ruam popok yang lumayan parah. Merah dan basah gitu. Kasian banget. Aku dulu cuma kasih bedak aja ke ruamnya. Lama banget sembuhnya. Beruntung ya ibu zaman sekarang. Ada Cavilon yang bisa cegah dan solusi buat ruam. Semoga gak ada lagi ya anak=anak yang kena ruam parah. Kasian. :)

    BalasHapus