Kamis, 06 September 2018

Transaksi Lebih Mudah dan Cepat dengan Mandiri Online



Haloo semuanya. Ketemu lagi dengan fadevmother. Biar blognya isinya beragam dan pembaca nggak bosen kali ini kita akan bahas masalah perbankan. Sekali-kali bahas masalah ini soalnya penting buat emak-emak jaman now kayak kita-kita. 

Nah..kali ini aku mau ngomongin tentang Bank Mandiri .  Aku menjadi nasabah Bank Mandiri  sejak tahun 2003. Awalnya sih karena perusahaan tempat aku kerja mentransfer pembayaran karyawan pakai Bank Mandiri. Jadi aku buka rekening di Bank Mandiri. Oya aku juga punya internet banking mandiri. Tapi karena dulu dirasa belum butuh jadi punya internet bangking cuma buat cek mutasi rekening saja tanpa token. Trus baru daftar sms banking yang bisa dipakai belanja sekitar 2 tahun lalu karena butuh buat belanja online.

Kini Bank Mandiri mempunyai inovasi baru yaitu mandiri online. Apa sih mandiri online itu? Mandiri online  merupakan layanan integrasi dari mandiri Internet dan mandiri Mobile yang tampil dengan wajah baru untuk menghadirkan kenyamanan serta kemudahan lebih dalam memperoleh informasi dan melakukan aktivitas transaksi finansial.

Layanan mandiri online ini bisa diakses melalui 2 cara yaitu melalui website maupun melalui aplikasi mandiri online. Aplikasi ini bisa diunduh melalui google play maupun play store. Karena sebelumnya aku telah memiliki internet banking dan sms banking aku tidak perlu lagi datang ke cabang mandiri untuk daftar. Cukup aktivasi aplikasi mandiri online yang sudah diunduh di smartphone.




Tampilan website Mandiri online

Buat nasabah yang ingin memiliki layanan mandiri online ini caranya mudah. Cukup mendaftarkan diri  dan mengaktifkan layanan transaksi finansial mandiri online di kantor cabang terdekat dengan membawa identitas diri, buku tabungan dan kartu debit mandiri. Setelah melakukan pendaftaran, nasabah melakukan aktivasi online pada aplikasi mandiri online melalui smartphone nasabah.



Install aplikasi mandiri online

Dengan mandiri online kita bisa melakukan beberapa transaksi  seperti transfer, membayar beberapa tagihan seperti tagihan listrik , tagihan kartu kredit, tagihan telepon, membeli pulsa, top up e money, top up e cash sampai membuka tabungan deposito dan tabungan berencana. Mudah banget kan? Di bawah ini adalah beberapa fitur dan kemudahan yang dimiliki oleh mandiri online. 


Fitur mandiri online 
Dibanding internet banking dan sms banking, mandiri online ini mempunyai beberapa keunggulan. Beberapa keunggulan diantaranya adalah tampilan lengkap, satu akses, keamanan yang berlapis, transaksi online, cek history transaksi, menu transfer, top up dan buka deposito.


Key Features Unggulan Mandiri Online

Salah satu keunggulan mandiri online ini adalah limit transfer yang lebih banyak dibandingkan limit transfer jika kita menggunakan atm.  Limit transfer dengan atm untuk kartu silver dan gold hanya 25 juta dan 50 juta perhari. Sedangkan limit transfer untuk mandiri online ini adalah 100 juta. Berguna sekali untuk pelaku usaha online atau mereka-mereka yang membutuhkan transfer dengan jumlah banyak. Transfernya sendiri real time, jadi saat kita transfer saat itu juga diterima oleh penerima transfer.


Limit transaksi mandiri online


Aku dan Mandiri Online

Sejak memutuskan menjadi ibu rumah tangga 14 tahun lalu aku sadar dengan konsekuensi yang kuambil. Sebagai ibu rumah tangga aku harus bisa menjalankan multi peran. Selain mengurus rumah, aku harus bisa jadi tukang ojek yang mengantar jemput anak-anak. Harus bisa jadi tukang masak,  guru ngaji anak-anak sekaligus sebagai menteri keuangan. Jadi si ayah tinggal kasih instruksi dan pelaksananya adalah menteri keuangan. Alasannya dia sudah pusing dengan urusan kantor, jadi nggak mau tambah pusing lagi dengan urusan bayar ini itu. Jadilah si emak ini menteri keuangan merangkap tukang bayar berbagai tagihan.

Dulu saat anak masih dua dan mereka sudah besar nggak masalah bolak-balik ke atm buat transfer, bayar listrik, bayar tagihan kartu kredit dan semacamnya. Semenjak kelahiran si bungsu  dua tahun lalu rasanya nggak bisa sebebas dulu lagi meskipun cuma ke atm. Pas pengen ke atm, eh si kecil bobok. Nggak jadi dong ke atm. Giliran bangun eh...minta main. Giliran sudah anteng emaknya yang males karena panas banget. Kasihan si kecil diajak naik motor ke atm panas-panas.

                       
Sejak install Mandiri online hidupku jadi mandiri. Meskipun nggak bisa setiap saat ke atm aku tetap bisa menjalankan tugasku sebagai menteri keuangan merangkap tukang bayar. Nggak usah nunggu si ayah pulang kantor untuk bayar ini itu. Kini  transfer bisa dari rumah sambil nemenin si kecil.

Buat teman-teman yang hobi belanja online kini bayar  belanja online lebih mudah karena pembayaran bisa dilakukan dengan mandiri online. Tidak usah ke atm atau indomaret untuk membayar belanjaan kita. Cukup transaksi dengan mandiri online. Lebih mudah, cepat dan nggak pakai ribet. Yang jelas sih nggak harus panas-panas keluar rumah dan ninggalin si kecil.

Sarung bantal yang kubeli online dengan mandiri online (dok.pri)


Selain untuk transfer, mandiri online ini juga aku gunakan untuk membayar berbagai tagihan. Tagihan listrik, tagihan tv kabel sampai bayar telepon rumah aku memanfaatkan fitur mandiri online. Oya karena sering bepergian aku juga memanfaatkan mandiri online untuk membeli tiket pesawat atau pembayaran booking hotel. Pernah booking hotel saat di jalan? Kami pernah beberapa kali. Dan bayarnya tentu saja pakai mandiri online. Jadi mandiri online ini sangat terasa banget bagiku untuk transaksi apapun, kapanpun dan dimanapun.


Bisa bayar berbagai tagihan sambil menemani main (dok.pri)

Sebagai tukang ojek anak-anak, ada saat dimana aku nggak sempat jemput anak-anak karena sedang sibuk memasak. Kalau pas nanggung masak biasanya aku pesen ojek online buat jemput mereka. Kalau pas  saldo gopaynya habis aku bisa top up lewat  mandiri online. Meskipun sedang masak, bisa langsung isi gopay dan pesen gojek buat jemput dua anakku yang besar pulang sekolah. Pokoknya buatku mandiri online ini pahlawan banget deh. Aku bisa mudah transaksi online dimana saja dan kapan saja. 

Bisa isi saldo gopay sambil masak (dok.pri)

Keberadaan mandiri online yang diluncurkan Maret 2017 ini terasa banget jasanya pas aku renovasi rumah pertengahan tahun  lalu. Karena semua urusan mandor dan tukang diserahkan padaku, maka urusan transfer mentransfer pembelian bahan-bahan rumah dan pembayaran tukang juga urusanku. Terkadang pas lagi di luar tiba-tiba pak tukang kirim pesan minta ditransfer sekian buat beli keramik. Lagi nemenin si kecil tidur pak tukang minta transfer untuk bayar vendor baja ringan, lagi pas asyik ngemall pak tukang minta transfer buat beli cat dan lain sebagainya. Nggak bayangin kan kalau seandainya aku nggak punya mandiri online? Pasti kewalahan bolak balik ke atm saat pak tukang minta transfer. Dengan mandiri online aku bisa transfer pak tukang kapan saja dan dimana saja. Kebetulan dia juga pakai mandiri, jadi nggak kena biaya antar rekening.

Dengan fitur cek mutasi rekening aku bisa tahu saat pembayaranku untuk suatu e commerce terdebet dua kali pertengahan Agustus lalu. Sebenarnya nggak sadar jika terdebet dua kali soalnya status sebelumnya gagal. Ternyata pas cek mutasi rekening  danaku terdebet dua kali dan segera lapor ke Mandiri 14000. Sekarang danaku yang terdebet sudah dikembalikan ke rekening asal. Jadi bermanfaat banget punya mandiri online karena bisa cek mutasi rekening setiap saat.

My Unforgettable  Moment dengan Mandiri Online

Pernah merasa kepepet trus tiba-tiba ada penyelamat gitu? Yaah..kayak super hero yang tiba-tiba datang pas kita butuh seperti di film-film gitu. Aku pernah...dan super heronya adalah mandiri online. Loh kok bisa?  Salah satunya adalah peristiwa mati listrik di malam hari dan e toll card yang habis. Kejadian ini nih membekas banget dan nggak terlupakan meski aku sudah puluhan kali menggunakan mandiri online. 

Jadi selama aku renovasi rumah, aku harus pindah dan mengontrak selama hampir 7 bulan. Kebetulan rumah yang aku kontrak menggunakan pulsa listrik dan bukan listrik pasca bayar seperti yang kupakai selama ini. Hari ketiga aku mengontrak ada bunyi tat tut dari meteran listrik dan kubiarkan saja. Maklum aku belum terbiasa dengan pulsa listrik, jadi nggak ngeh kalau bunyi tat tut itu pertanda pulsa listrik mau habis. Dan tiba-tiba setelah tat tut tat tut sejak sore tiba-tiba jam satu  malam lampu mati. Huaaa...panik dot kom.Dimana harus beli pulsa listrik malam-malam. Mana belum pernah beli pulsa listrik. Untungnya ingat kalau di  mandiri online ada fitur beli dimana kita bisa beli pulsa HP dan pulsa listrik pra bayar. Akhirnya bisa beli listrik prabayar malam itu setelah malam-malam pakai senter lihat no ID pelanggan yang tertera di meteran. Alhamdulilah listrik nyala dan terselamatkan berkat mandiri online. Nggak terlupakan deh pokoknya malam itu. Katrok banget ya. Hahahaha.....

Kalau kejadian kedua nih gara-gara e toll card habis. Pernah sampai di pintu toll tapi saldo nggak cukup? Kami pernah...dua kali!!! yup dua kali menahan malu gara-gara sampai pintu toll dan saldo nggak cukup. Jadinya turun dan pinjam e toll card mobil belakangnya deh. Dan dua kali pula pengendara mobil di belakang nggak mau dibayar.. Antara malu tapi butuh. Jadi rasanya agak gimana.....gitu. Terpaksa soalnya. Hehehe...

Kejadian kehabisan saldo ini  gara-gara si ayah jarang perhatiin saldo e toll card. Padahal gara-gara sering lupa cek saldo aku sampai punya beberapa e toll card loh di mobil. Untuk mengantisipasi kalau pas e toll card nya habis bisa pakai e toll card cadangan. Soalnya karena tiap hari kerja bawa mobil dan masuk JORR jadi saldo e moneynya  cepat habis.

Gara-gara pernah kehabisan e toll card dua kali di pintu tol jadi kalau weekend dan si ayah ngajak jalan pasti si ayah  minta tolong aku buat cek isi e toll card. Kebetulan Handphone kami mempunyai fitur NFC semua, jadi bisa buat cek e money. Suatu hari saat weekend seperti biasa si ayah minta tolong cek e toll card ke aku soalnya dia lagi nyetir. Dan eng..ing..eng saldonya tinggal 7 ribu rupiah sementara kami sudah mulai masuk tol. Nggak mungkin kan ke atm dulu? Untung ada fitur e money di mandiri online jadi aku bisa top up saldo meskipun di jalan. Jadi kejadian kehabisan e toll card di pintu tol nggak kejadian lagi deh. Pokoknya mandiri online ini penyelamat di saat genting.

Sejak kejadian itu kini aku selalu mengecek saldo e toll card sebelum berangkat jalan-jalan saat weekend. Jadi kalaupun saldonya  habis bisa top up pas masih di  rumah atau bisa juga top up selama di jalan menggunakan mandiri online. Oya jika kita pernah top up e money menggunakan mandiri online nomor  e money nya sudah tersimpan . Jadi saat top up aku bisa pilih mau top up e money yang mana. Kebetulan ada beberapa e money mandiri. 

Top up e money lebih mudah dengan mandiri online (dok.pri)
Kesimpulan

Intinya aku merasakan beberapa kemudahan transaksi menggunakan mandiri online. Transaksi lebih mudah, cepat dan aman. Transaksi di mandiri online ini tidak bisa discreenshoot untuk menjaga keamanannya. Sebagai gantinya kita akan mendapatkan email sebagai laporan transaksi kita. Sebagai ibu rumah tangga kita tetap bisa mempunyai quality time dengan anak-anak tapi tetap #jadimandiri dengan melaksanakan tugas sebagai menteri keuangan.

Tetap bisa quality time (dok.pri)

Referensi :
www.mandiri.co.id



19 komentar:

  1. Bener mba, pake mandiri memang lebih cepat dan mudah. Pengalaman pindah ke bank lain, ampun pengen balik ke mandiri lagi yang gak ribet... untungnya suami udah ada mandiri, jadi gak perlu buka lagi. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi iya Mbak. Aku pakai beberapa bank juga sih . Tapi pelayanan dan service Bank Mandiri ini emang oke.

      Hapus
  2. Wah saya belum pernah punya akun di Mandiri. Banyakan di bank-bank yang sejak dulu kala sudah ada di kota kecil kami. Mandiri juga baru sekitar enam sampai sepuluh tahunan ada di Kota Ende :D Alhamdulillah jika semua urusan transaksi menjadi lebih lancar dan kerahasiaan dijaga dengan tidak bisa screen shoot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Alhamdulilah Mbak Tuteh transaksi jadi lebih lancar dengan Mandiri Online. Baru tau malahan Mbak Tuteh dari Ende. Terima kasih sudah berkunjung ya Mbak.

      Hapus
    2. Heheheh kapankapan kalau ke Flores mampirlah ke Ende, ada Danau Kelimutu-nya :D

      Hapus
  3. aku juga kebetulan nasabah bank mandiri, memang berguna banget transaksi online yang kini lebih mudah tapi tetap aman. Ngak perlu keluar rumah hanya untuk transfer aja, belanja online juga jadi lancar heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..tinggal pencat pencet dari rumah dan semua transaksi beres ya Mbak.

      Hapus
  4. saya pakai mandiri baru 2 bulan sewaktu pindah tugas. pada kantor yg baru ternyata menggunakan rekanan bank mandiri. akhirnya saya tau ternyata mandiri ini berbeda dengan bank lainnya. ga perly token n sms gitu. jadi otomatis lewat aplikasinya saja. sangat mudah

    BalasHapus
  5. Iya sekarang pakai mandiri online lebih praktis mas.

    BalasHapus
  6. Aktivasinya semudah itu ya, Mbk. Trus aplikasinya juga menyediakan banyak kemudahan plus kelebihan. Nggak ada ruginya dah pakek aplikasi Mandiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya untuk aktivasi aplikasinya mudah. Trus kita juga bisa bayar macam-macam dari rumah. Beberapa kali juga booking hotel di jalan pas pulkam karena kecapekan. Bayarnya pakai mandiri online

      Hapus
  7. alhamdulillah ya sekarang sudah ada Mandiri Online, bener-bener ngebantu kita banget bisa bertransaksi di mana aja tanpa harus meninggalkan tugas penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali Mbak Lia. Bisa transaksi apapun, kapanpun dan dimanapun. Membantu sekali...

      Hapus
  8. Sayangnya hp aku ga ada NFC nya. Pasti makin nikmat kalau aku bisa isi emoney sekalian di Mandiri Online ini. Aku pun pengguna mandiri online yang merasakan sekali kemudahan transaksi online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak mbak kalau HP ada NFC nya jadi bisa sewaktu-waktu cek e money dimanapun. Wah mbak Dian pengguna mandiri online juga ya? Membantu banget ya mbak ...

      Hapus
  9. Wah keren kak ulasannya mengenai kemudahan transaksi menggunakan mandiri online nya, sangat informatif. Tapi mandiri online ketika digunakan untuk transaksi bayar belanja online lelet gak ya kak? Takutnya pas lagi transfer tiba-tiba lelet, jadi takut juga pas transfer ada masalah keamanan. Keamanannya juga bagus gak ya kak? Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau jaringan internet bagus pasti cepat dong. Kan pakainya jaringan internet. Yang pasti sih cepat banget dan transfernya real time. Mandiri online aman. Kan keamanannya berlapis. Bahkan transaksi juga gak bisa discreenshoot loh. Tapi kita terima email sebagai bukti transaksi berhasil.

      Hapus
  10. Dengan bisa online semua jadi mudah ya, Teh.
    Dan membantu juga..

    Terima kasih ulasannya, Teh.

    BalasHapus
  11. Aku juga pakai Mandiri toss..tapi blom yang online huhu

    BalasHapus