Jumat, 07 Agustus 2020

Penyebab Klaim Asuransi Mobil Murah Ditolak



Asuransi mobil menjadi investasi yang bagus untuk kesejahteraan teman-teman dalam memiliki kendaraan beroda empat ini! Pernah punya pengalaman kecelakaan atau nabrak mobil di depan kita karena sopir mengantuk? Kami pernah tabrakan beruntun gara-gara si ayah yang nyetir mengantuk saat antre di parkiran mall. Dan tebak? kami harus mengganti kerusakan mobil kami dan dua mobil yang kami tabrak di depan kami. Untungnya kerusakan mobil kami ditanggung asuransi mobil dan kami hanya mengganti kerusakan kecil dua mobil di depan kami. Bayangkan berapa uang yang harus kami keluarkan jika mengganti kerusakan 3 mobil. Jadi daripada harus stres dan capek-capek membetulkan mobil, tentu lebih baik menjaminkan mobil kepada penyedia layanan asuransi mobil murah, bukan?

Namun rupanya terdapat beberapa hal yang perlu kitaperhatikan saat memilih asuransi mobil murah untuk kemudahan kita. Salah satunya adalah hal-hal yang bisa membuat klaim asuransi mobil murah kita ditolak! Bukannya untung, justru kita bisa semakin buntung jika salah langkah.

Nah sebelum kita membahas faktor yang membuat klaim ditolak, alangkah baiknya kita mengetahui konsep asuransi mobil murah terlebih dahulu.

Konsep umum asuransi mobil murah

Asuransi mobil murah memegang peranan penting yaitu menjamin risiko kecelakaan yang tidak dapat ditebak dan tidak terduga sehingga dapat dialihkan kepada perusahaan asuransi atau lembaga penjamin. Kita pun bisa mendapat klaim resiko, umumnya berupa uang.

Dengan kata lain, hal-hal yang tidak dapat diprediksi seperti tabrakan, kecelakaan, bahkan resiko kehilangan bisa ditanggung oleh perusahaan penjamin asuransi mobil murah! Daripada kita marah-marah karena mobil kita tergores atau penyok, kita tinggal mengambil foto bukti dan klaim ke asuransi mobil murah pilihan kita!


Adapun asuransi mobil murah terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:
  1. Asuransi All Risk
Asuransi mobil murah jenis All Risk merupakan jenis asuransi yang paling populer. Asuransi mobil murah ini melindungi mobil secara menyeluruh dari berbagai kerusakan, mulai dari goresan, penyok, hingga tabrakan. Bahkan dalam beberapa kasus, polis asuransi mobil murah ini juga menanggung resiko kehilangan, lho!

Kemudahan inilah yang menyebabkan asuransi mobil murah jenis ini memiliki biaya premi cukup mahal.

  1. Asuransi Total Loss Only
Asuransi mobil murah Total Loss Only fokus pada perlindungan resiko kehilangan alias pencurian saja. Asuransi Total Loss Only tetap bisa menanggung kerusakan, namun dengan syarat bahwa perkiraan biaya perbaikannya sama dengan atau melebihi 75 persen harga kendaraan saja.

Umumnya, asuransi mobil murah Total Loss Only menjadi satu-satunya pilihan ketika kita membeli mobil bekas yang berusia lebih dari 5-10 tahun. Resiko yang besar menjadikan para penyedia layanan asuransi mobil murah lebih memilih mengganti klaim jika terjadi kerusakan mayor atau kehilangan.

Bagaimana cara klaim asuransi mobil murah kita?

Jika kita mengalami suatu musibah di kemudian hari, kita bisa segera mengklaim kerusakan kita untuk dicairkan menjadi uang tunai yang umumnya digunakan sebagai biaya perbaikan.

Sesuai dengan pilihan asuransi mobil murah kita yang sudah dijelaskan di atas, kita hanya bisa klaim sesuai dengan polis yang tertulis. Selanjutnya silahkan melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  1. Menyiapkan dokumen
  2. Hubungi kantor penyedia asuransi mobil murah kita
  3. Jangan lupa foto kondisi mobil yang mengalami masalah
  4. Jangan ragu mengisi formulir untuk menjelaskan data riil
  5. Silahkan datang ke bengkel rekanan asuransi kita

Hal-hal yang membuat klaim asuransi mobil murah Anda ditolak

Namun ada kalanya kita justru kebingungan dan menghancurkan impian kita  karena klaim ditolak! Reaksi kita pertama kali mungkin marah dan kecewa, namun kenyataannya ada beberapa hal yang membuat klaim kita ditolak!

  1. Dokumen tidak lengkap
Ada beberapa dokumen yang wajib kita isi seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jika salah satunya tidak lengkap, tentu hal ini bisa menghambat klaim asuransi mobil murah kita. Jika kendaraan kita mengalami kerusakan berat, jangan lupa lampirkan surat keterangan dari polisi.

Jangan lupa untuk selalu memfoto bagian kerusakan yang terdapat pada kendaraan. Hal ini penting sebagai barang bukti untuk pengajuan klaim.

  1. Kerusakan yang diklaim sebelum asuransi
Ada-ada saja, ya! Tentu saja asuransi mobil murah hanya mengklaim kerusakan yang terjadi setelah kendaraan kita didaftarkan. Namun kenyataannya ada beberapa pihak tidak bertanggung jawab yang meminta klaim akibat kerusakan yang terjadi sebelum asuransi mereka sehingga tentulah hal ini sangat merugikan pihak asuransi.

  1. Polis sedang lapse atau tidak aktif
Rupanya polis asuransi mobil murah bisa berada dalam keadaan lapse atau tidak aktif karena pembayarannya premi jatuh tempo. Sudah jelas jika kita berada dalam masa tenggang, perusahaan asuransi tidak akan bersedia membayar klaim asuransi.

  1. Menunda-nunda klaim dan melewati batas waktu
Menunda ternyata benar-benar membuat kita berada dalam masalah. Umumnya, masa klaim asuransi mobil batasnya cukup pendek yaitu 3x24 jam setelah musibah terjadi. Jika di atas waktu tersebut kita klaim, jangan heran bila asuransi mobil murah kita akan segera menolaknya.

  1. Pelanggaran hukum yang disebabkan pengemudi sendiri
Klaim asuransi mobil murah kita akan ditolak bila ternyata kita penyebab dari kecelakaan misalnya, seperti mengemudi ugal-ugalan dan melanggar peraturan lalu lintas. Terlebih lagi jika Anda ternyata terbukti tidak memiliki SIM atau mabuk.

  1. Menyengajakan kerusakan
Faktor terakhir adalah jika kita menyengajakan kerusakan agar klaim kita cair. Contohnya seperti merusak mobilnya agar penyok atau sengaja menerjang banjir sehingga mobil mogok. Siap-siap saja klaim  ditolak!

Dari faktor-faktor di atas, tentu tidak ada yang merugikan. Peraturan tersebut dibuat agar kedua pihak sama-sama mendapat untung dan tidak merugikan satu sama lain. Nah, sekarang tinggal kita mencari pihak asuransi mobil murah dengan harga terbaik dan terjangkau untuk budget kita.

Kunjungi Cekaja.com untuk membandingkan harga premi masing-masing asuransi yang tersebar di seluruh Indonesia. Cukup masukkan data seperti kondisi kendaraan dan nama kita, hasilnya akan segera keluar dalam hitungan detik! Mudah dan praktis, kita pun bisa semakin cermat dalam menentukan asuransi mobil murah pilihan.  


Cekaja.com merupakan platform toko finansial online di Indonesia yang menghadirkan informasi serta layanan mutakhir untuk membantu memutuskan keputusan terkait finansial yang pastinya menguntungkan untuk Anda. Buat masa depan Anda lebih baik bersama Cekaja.com.

26 komentar:

  1. Begitu, ya. Aku dulu pernah sih klaim dan diterima. Tapi eksekusi di bengkelnya lamaaaa...

    BalasHapus
  2. Kudu teliti bangeett kalo soal asuransi gini ya.
    Karena jangan sampe keteledoran kita malah bikin masalah
    Semoga semuanya sehaaatt

    BalasHapus
  3. Huhuu, rasanya nyesek yaaa kalo harus menanggung kerusakan mobil karena kelalaian kita. AKupun pernah merasakan ituu, untungnya jaman sekarang udah banyak yang menawarkan layanan asuransi mobil untuk menjaga hal2 yang ga diinginkan.

    BalasHapus
  4. Konyol banget kalau bagian ini ya maka klaim ditolak dokumen tidak lengkap .. duh ... soalnya kan sebenarnya ada gitu tapi karena kurang teliti jadi ditolak deh.

    BalasHapus
  5. Waduh itu yang menyengajakan kerusakan, iseng banget ya haha, sayang ah mobilnya kalau sengaja dirusak sendiri.
    Praktis banget ya di Cekaja.com kita bisa dengan mudah mengecek berbagai asuransi mobil di Indonesia dan menentukan pilihan. Praktis!

    BalasHapus
  6. apapun yang berhubungan dengan asuransi memang harus cermat ya mbak. Sampai ada kecurigaan bahwa pihak asuransi akan mencari celah apapun supaya bisa ga bayar klaim.

    BalasHapus
  7. Ohh jadi ternyata gitu. Ya wajar sih, soalnya kan banyak tuh kasus peipuan asuransi sengaja ngerusak biar dapet uang asuransi

    BalasHapus
  8. Emang harus teliti ya sebelum memilih asuransi. Pas ada sesuatu yang menimpa mobil dan mau mengajukan klaim asuransi juga harus benar-benar diperhatikan syarat dan ketentuannya

    BalasHapus
  9. Punya asuransi mobil penting sekali bagiku mbak...terbiasa mudik pakai mobil sendiri juga hobi roadtrip. Jadi beberapa kali kejadian, disosor bis, senggolan beruntun di tol, nabrak rantai parkir yang ada di gerbang ruko dan ga kelihatan..dan lainnya semua dicover asuransi. Hanya bayar biaya adm saja 300 rb per kejadian. Sungguh dibanding premi tahunan masih ada untungnya

    BalasHapus
  10. Di rumah suami menggunakan asuransi all risk. Karena kita tidak pernah menduga apa yang akan terjadi dengan mobil kita kelak saat dia melintas di jalan raya atau ngibrit ke pelosok-pelosok mengunjungi petani mitranya arenga indonesia. Nah dari pada pusing mending pilih all risk

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah selama ikut asuransi kendaraan selalu aman dan lancar saat mau klaim-klaim gitu...Pas masa asuransi pada WFH juga sempat nyoba klaim dan lancar...Memang urusan begini harus lengkap dokumennya walaupun pengajuannya online

    BalasHapus
  12. Ambil Asuransi yang All Risk memang lebih menenangkan ya, jadi Sugesti juga saat berkendara jadi lebih PD. Walau tetap harus berhati-hati selama membawa Kendaraan. Sebelumnya, setiap Klaim Alhamdulillahnya lancar jaya selalu, selama dipastikan dokumennya lengkap, dan juga jangan ditunda-tunda.

    BalasHapus
  13. Asuransi tuh riskan banget sih. Kalau tidak benar-benar cermat, bisa-bisa nggak dibayarin sama asuransinya

    BalasHapus
  14. Nah, kadang faktor menunda-nunda tuh bisa jadi penyebab utama. Jika ada kerusakan memang sebaiknya langsung aja segera diurus ya klaim asuransinya.

    BalasHapus
  15. Keren ya di cekaja ini bisa mengecek apa saja termasuk premi asuransi dari berbagai layanan perusahaan asuransi. Belum lagi ngecek harga lainnya. jadi simpel nggak pusing banyak buka-buka website.

    BalasHapus
  16. Suamiku ambil asuransi juga untuk mobil kami, karena sering di jalan dan pernah ngantuk juga waktu di jalan tol Jakarta Semarang. Ngeri ya kalo gak ada asuransi, bikin nyesek deh mengganti kerugian mobil yang ditabrak

    BalasHapus
  17. Ga kebayang kalau pas di jalan, ga tau bakalan trjadi ya mbak, entah sama kendaraan apalagi sama diri sendiri. Kendaraan aja butuh asuransi, apalagi pengendaranya ya mbak.
    JAdi tahu dehh apa sih penyebab klaim asuransi mobil murah sulit disetujui
    Jadi, misal mau beli murah, kita tetap harus perhatiin betul dokumen2 trkait mobil tsb ya mbak

    BalasHapus
  18. Wah jadi tau step by step nya untuk klaim asuransi mobil. Soalnya aku belum punya mobil sendiri mbak hehe. Memang sekarang ini bukan hanya manusianya aja yang wajib punya asuransi, kendaraannya juga harus punya.

    BalasHapus
  19. Aku pernah ditabrak sama orang yang alhamdulillahnya dia ikut asuransi.
    Jadi selain benerin mobil dia sendiri, benerin mobilku juga.
    Uniknya, sama bengkelnya malah dibenerin semuanya sampai muluuss lagi.
    Alhamdulillah.

    BalasHapus
  20. Aduh, kendaraan di rumah belom pake asuransi nih. Jadinya dek-dekan. Padahal di masa gak jelas kayak sekarang mah, semua hal harus ada proteksinya. Biar kalo ada apa-apa, bisa tercover.

    BalasHapus
  21. Banyak juga ya yang bikin klaimnya ditolak.. perlu banget nih diketahui buat jaga2 kalo kejadian..

    BalasHapus
  22. Asuransi mobil membantu untuk mobil pribadi. Apalagi kalo suami kerja sering ke luar kota

    BalasHapus
  23. wah penting banget ini ya mba untuk yg punya mobil dan ingin punya asuransinya juga, info yang lengkap mba!

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah mobil ku udah diasuransikan tapi jarang dipake, pgn dijual sayang nanti aja lah yah soalnya baru banget diasuransikan nya

    BalasHapus
  25. iya ya, kelengkapan dokumen itu penting untuk klaim asuransi :') harus dijaga apapun yang terjadi

    BalasHapus
  26. Berarti walau sudah mendaftar asuransi mobil bukan berarti bisa sembarangan melakukan klaim untuk setiap permasalahan di mobil kita ya?

    BalasHapus

Ini Dia Berbagai Produk Asuransi Allianz dan Kelebihannya

Bismillah...bulan baru. Semoga bulan baru ini , Oktober kita punya  semangat baru ya guys. Eh masih ingat dengan lomba Blog Allianz dengan t...