Minggu, 13 Desember 2020

10 Tips Tetap Sehat Bersilaturahmi Saat Pandemi

Pandemi telah berlangsung selama beberapa bulan. Pandemi ini telah mengubah kehidupan dan tatanan masyarakat. Dari yang biasa berkumpul dan berkehidupan sosial menjadi masyarakat individu yang sendiri-sendiri demi menghindari penyebaran virus. 

Anak-anak yang biasa sekolah dan berkumpul bersama teman-teman menjadi sekolah online dan daring tanpa bertemu teman-teman. Beberapa karyawan kerja dari rumah. Arisan dan pengajian ditiadakan. Bahkan tetangga meninggal pun banyak yang tidak melayat karena takut akan virus.

Awal-awal pandemi berkumpul rasanya seperti momok dan menjadi sesuatu yang dihindari. Lebaran Idul Fitri dan Idul Adha pun di rumah masing-masing tanpa bisa silaturahmi ke tetangga atau pulang kampung. Banyak kakek nenek, bapak ibu lebaran sendirian tanpa anak-anak dan cucu mereka. Sedih pastinya. Tapi semua harus dilalui demi kesehatan bersama.

Pandemi juga mengubah kehidupanku. Dari ibu rumah tangga yang sibuk antar jemput sekolah, sesekali ikut event blogger, sibuk nulis dan sesekali jalan-jalan menjadi ibu yang diam di rumah. Dari ibu yang sibuk mendadak jadi ibu rumahan. Tetap sibuk tapi dengan aktifitas lain.


Kondangan Saat Pandemi

Awal-awal dan 6 bulan pertama pandemi memang kami menahan diri untuk tidak pergi-pergi  kecuali penting. Termasuk tidak pulang saat Idul Fitri dan Idul Adha. Namun bulan Oktober aku memberanikan diri untuk kondangan karena sepupu menikah di Pontianak. Acara sudah disusun jauh-jauh hari sebelum pandemi, keluarga besar juga datang karena ini adalah acara pertama paman di Pontianak. Jadi aku dan keluarga besar memutuskan untuk datang menghadiri resepsi.

Aku memutuskan berangkat  karena acara yang seharusnya diadakan di gedung karena pandemi berpindah ke hotel. Di hotel jumlah tamu dibatasi, diatur jam kedatangan dan protokol kesehatan yang ketat. Jadi lebih aman. Bagiku yang aktif dan biasa beraktifitas pandemi bukan halangan kita untuk bersilaturahmi. Kita tetap bisa bersilaturahmi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ada. 

Tips Bepergian Saat Pandemi

1. Jika perjalanan darat dan dekat  pastikan naik kendaraan pribadi, hindari naik kendaraan umum.

2. Jika jarak jauh dan harus menggunakan kereta api atau pesawat harus tes rapid dulu dan pastikan hasil kita sehat dan tidak reaktif. Biaya rapid tes bervariatif tapi rata-rata 150 ribu rupiah.

3. Saat duduk di ruang tunggu public transportation usahakan jaga jarak dengan pengunjung lain agar aman.



4. Jika menggunakan pesawat, saat check in patuhi jarak yang ada. Jangan berkerumun atau menyerobot antrian. Selama pandemi di bandara sudah ada jarak untuk antri check in.



5. Agar kesehatan kita terpantau dan ketahuan tracking perjalanan kita, unduh aplikasi EHAC sebelum terbang dan tunjukkan ke petugas bandara. Tunjukkan juga hasil rapid tes kita ke petugas.



6. Antri dan jaga jarak saat akan memasuki gate maupun memasuki pesawat.


7. Tetap memakai masker medis dan face shield selama di pesawat.

8. Saat di tempat tujuan pastikan kita telah memesan hotel dengan standar protokol kesehatan yang ketat. Sebelumnya di travel agent kita bisa melihat hotel mana yang menerapkan protokol kesehatan ketat. Jadi kita bisa putuskan untuk menginap di mana.




9. Tetap memakai masker saat di kondangan. Sesekali kami melepas masker untuk berfoto dengan keluarga besar.




10. Rajin meminum minuman tradisional seperti jahe, kunyit asam dan  wedang uwuh untuk menjaga kesehatan. 

Manfaat Wedang Uwuh Untuk Kesehatan

Jujur aku tahu wedang uwuh gara-gara pandemi. Sebenarnya aku lebih familiar dengan wedang jahe atau kunyit asam. Dulu saat masih muda nenek biasa membuatkan kunyit asam yang diparutnya sendiri. Saat aku menikah biasanya aku lebih suka  membeli di tukang jamu yang lewat. 

By the way ngomongin Wedang Uwuh, aku baru mengenal minuman  ini  saat awal-awal pandemi. Banyak yang bilang Wedang Uwuh bisa menangkal corona. Mungkin maksudnya untuk menjaga kesehatan agar kekebalan tubuh meningkat dan terhindar dari virus corona.

Wedang Uwuh sendiri terdiri dari campuran rempah pala, kayumanis, sereh, kapulaga, bahan secang, jahe dan gula batu. Biasanya orang menjual wedang uwuh dalam kemasan campuran rempah yang sudah dikeringkan. Jadi kita bisa meminumnya setelah diseduh dengan air mendidih.




Herbadrink Wedang Uwuh 

Menyeduh kemasan wedang uwuh  kurang praktis karena masih ada rempah-rempah bekas seduhan di air yang berwarna merah. Sekarang ada wedang uwuh yang lebih praktis yaitu Herbadrink Wedang Uwuh. Herbadrink Wedang Uwuh berkhasiat untuk membantu menghangatkan badan dan meredakan gejala masuk angin, tersedia dalam kemasan dus isi 5 sachet @ 18g. 

Herbadrink dari Konimex ini adalah minuman herbal alami yang dibuat berdasarkan resep tradisional Indonesia, diolah dari ekstrak murni bahan pilihan dan berkualitas serta diproses dengan teknologi modern. Tanpa pengawet dan tanpa endapan. Wedang Uwuh dari Herbadrink ini berbentuk serbuk. Kita tinggal menyeduhnya dengan air panas dan  siap diminum. Warnanya merah dan rasanya manis-manis pedas serta segar.








Mengapa Memilih Herbadrink Wedang Uwuh :

1. Lebih praktis karena tinggal seduh.
2. Bisa dibawa kemana-mana  termasuk saat kita bepergian karena bentuknya sachet.
3. Harganya terjangkau. 
4. Menghangatkan badan dan meredakan gejala masuk angin. 

Buatku yang aktif, pandemi bukan alasan untuk tidak bersilaturahmi. Menjaga kesehatan tubuh, mematuhi peraturan dan protokol kesehatan yang ada adalah kunci agar kita tetap sehat saat bersilaturahmi saat pandemi. Hal ini tidak hanya berlaku untukku. Suami juga sama. Kebetulan tahun ini 4 kabar duka ada di keluarga besar suami dari paman, bulik hingga sepupu.  Berkali-kali pulang kampung untuk melayat aku selalu membekali suami dengan Herbadrink Wedang Uwuh agar badannya fit selama wira-wiri melayat keluar kota. 



Ini adalah cerita kami menjaga kesehatan agar tetap sehat dan fit bersilaturahmi selama pandemi. Apakah teman-teman mempunyai cerita untuk menjaga kesehatan saat pandemi? Tulis di kolom komen ya. 

44 komentar:

  1. Aku selama pandemi belum naik pesawat, Mbak. Batu pergi mudik naik kendaraan sendiri..Terima kasih tipsnya, membantu sekali ini
    Memang silaturahmi mesti tetap jalan dengan tetap tegakkan protokol kesehatan
    Dan berbekal minuman herbal yang bisa dikonsumsi agar tetap sehat seperti Herbadrink Wedang Uwuh ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak memang beda-beda sih. Ada yang selama pandemi benar-benar nggak berani kemana-mana dan bersilaturahmi. Ada juga yang kayak kami tetap bersilaturahmi asal tetap melakukan 3 M. Iya wedang uwuh ini membantu banget mbak buat jaga kesehatan agar tetap fit saat perjalanan.

      Hapus
  2. AKu pernh nih minum Herbadrink tapi lupa yang rasa jahe atau wedang uwuh ya hihihi :) Menghangatkan badan dan tenggorokan. Cocok dibawa traveling soalnya kemasannya simple. Memang deh menjaga kesehatan itu wajib hukumnya, apalagi spesial untuk keluarga kita menjaga diri dari ancaman virus corona dll. TFS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemasannya simpel mbak jadi bisa dibawa kemana-mana...semua enak kok Herbadrink. Aku udah pernah coba semua dari jahe, temulawak, wedang uwuh sampai kunyit asam.

      Hapus
  3. Meski situasi pandemi ga tau beakhirnya kapan, tak menyurutkan untuk terus berssiltaurahmi ya , asalkan prokoes dijaga dan menyelipkan minuman hangat, biar selalu hangat dan menghangatkan suasana bersilaturahmi eaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Mbak Ncie. Silaturahmi buatku yang aktif masih harus terjaga asal tetap pakai prokes yang bener. Dan satu lagi minum rempah-rempahan juga membantu badan tetap fit selama pandemi.

      Hapus
  4. Herbadrink Wedang Uwuh ini favorit aku banget..Praktis dan enak banget di badan. Ibu ama Bapakku juga rutin kubeliin Wedang Uwuh ini, maklum udah pada sepuh jadi harus rutin minum minuman yang menambah daya tahan tubuh seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak minum minuman seperti wedang uwuh ini bisa jaga kesehatan. Apalagi buat yang sudah sepuh

      Hapus
  5. Sampai sekarang aku masih belum berani untuk datang ke acara pernikahan. Apalagi kalo naik pesawat. Emang penting banget ya kita jaga kesehatan di masa pandemi begini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Oline. Emang beberapa teman dan keluarga juga ada yang belum berani. Ini kemarin bismillah saja

      Hapus
  6. Bagusnya memakai face shield itu tetap memakai masker juga ya. MEmang sekarang harus ketat soal prokes ini. Dan perlu juga minum suplemen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Niar, aku kalau pakai face shield juga dalamnya pakai masker.

      Hapus
  7. Wedang uwuh nih favorit banget ya apalagi musim penghujan seperti ini sepertinya wajib deh nyetok banyak dirumah

    BalasHapus
  8. Wedang uwuh ini bermanfaat untuk membantu jaga daya tahan tubuh ya Mbak, praktis lagi minumnya tinggal seduh air panas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Dedew praktis minumnya. Tinggal seduh air panas.

      Hapus
  9. wedang uwuh herbadrink ini andalan banget! aku sering banget nyetok herbadrink di rumah dan diminum anget-anget kalo lagi ujan.

    BalasHapus
  10. Di masa-masa pandemi gini emang perlu tambahan asupan buat tubuh biar fit. Salah satunya wedang uwuh. Tapi kalau bikin sendiri itu ribetnya yaaa, untung aja sekarang ada wedang uwuh dari herbadrink. Jadi makin praktis dan gampang dinikmati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bikin sendiri ribet mbak. Saya gak telaten. Ini ada yang langsung seduh Herbadrink Wedang Uwuh.

      Hapus
  11. Alhamdulillah sy juga udah bersilaturahmi nih sm keluarga setelah ampir setahun ga ketemu. Selama niatnya baik, patui 3m insyallah aman ya. Bekal herbadrink buat di jalan praktis tinggal seduh bye bye masuk angin heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bye bye masuk angin dengan Herbadrink ya Mbak Rina.Yang penting patuhi prokes juga

      Hapus
  12. salah satu cara buat menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh bisa dengan mengonsumsi wedang jahe yang praktis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Andiyani. Kalau Herbadrink ini semua praktis. Dari wedang jahe, kunyit asam sampai wedang uwuh

      Hapus
  13. Namanya juga ikhtiar ya mba
    Aku relatif orang yh tetap mobil n keluar rumah krn tugas termasuk pernah jg keluar kota.
    Tp prinsipnya selama di luar rumah dan tidak sendiri mmg harus disiplin prokes.
    Aku gak put off masker saat bicara atau rapat meskipun berjarak. Masker ttp aku usahakan aku pakai.
    Minuman herbaljg membantu bgt ikhtiar jaga kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Ophie. Apalagi Mbak Ophie masih harus kerja dan mobile ya. Tetap harus keluar dengan prokes ya Mbak. Minum rempah-rempahan juga bisa meningkatkan imun tubuh

      Hapus
  14. Memang sekarang penting banget menjaga imunitas tubuh. Saya yang di rumah aja merasa wajib minum suplemen apalagi yang sering bepergian dan silaturahmi. Minum wedang uwuh Herbadrink bisa jadi salah satu ikhtiar ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak memang menjaga imunitas tubuh diperlukan sekali saat pandemi seperti ini. Minum wedang uwuh bisa sebagai salah satu ikhtiar ya mbak

      Hapus
  15. pengalaman terbang saat pandemi, yakni saat berangkat pindah dari Medan ke Makassar. Terus, selama di Makassar ini sudah beberapa kali pergi keluar kota. Namun, perlengkapan protokol kesehatan selalu komplet. Semoga pandemi ini cepat berangsur pergi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah mbak Lisdha juga sudah bepergian jauh juga ya saat pandemi. Semoga pandemi cepet berlalu ya mbaak.

      Hapus
  16. iya bener mba, saat pandemi ini kadang ada hal yang tak bisa ditinggalkan sehingga kita tetap harus berangkat ya. Penting banget menjaga komitmen untuk taat menjalani prokes ya biar aman dan tenang. Meminu minuman tradisional yang bisa membantu imun sangat bagus ya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Ira menurutku boleh saja tetap bersilaturahmi asal prokes tetap dijalankan

      Hapus
  17. benar sekali mbak, saat pandemi sepeeti ini banyak kebiasaan baru yg harus kita lakukan, termasuk saat bersilaturahmi semuanya demi menjaga agar tdk tertular virus yg mematikan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini adalah kebiasan baru bersilaturahmi saat pandemi Mbak.

      Hapus
  18. Saya belum pernah nih melakukan perjalanan jarak jauh selama masa pandemi. Tapi kalaupun suatu saat nanti bakal dilakukan, perlu menerapkan tips di atas nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Andy. Semoga nanti tipsnya berguna yaa...

      Hapus
  19. Ini masku lagi super sibuk, pengen main ke rumahku, katanya.
    Hihii...aku kasih tips ini buat mas kali yaa...biar tetap nyaman saat bepergian.
    Plus jangan lupa jaga stamina dengan minuman wedang uwuh yang hangat dari Herbadrink.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Lendy mungkin 10 tips bepergian ini bisa dipakai masnya kalau mau silaturahim tapi tetep aman.

      Hapus
  20. Hampir satu tahun nih tidak bepergian yang jauh-jauh mba. Mikir pake banget deh, soalnya prosedurnya ribet banget.

    Di rumah aku juga rajin minum wedang rempah gini mba, wedang uwuh tuh favoritku dari rangkaian wedang rempah Herbadrink. Suka banget dengan rasanya yang sama persis dengan wedang uwuh seduhan dari warung wedang yang ada di kotaku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Uniek. Emang kalau nggak kepaksa banget emang lebih enak di rumah yaa. Iya ini rasa Herbadrink wedang uwuh enak. Pedes pedes manis seger.

      Hapus
  21. Yang terpenting ikuti protokol kesehatan ya mba... Wedang uwuh udah jarang banget Aku temui nih sekarang udah Ada yg siap minum siap mba... Selalu sehat2 ya

    BalasHapus
  22. Waaah herba drink wedang uwuh aku baru tau. Selama ini herbadrink yg slalu aku beli yg temulawak , jahe Ama beras kencur mba. :). Itu aja enak

    Ntr kalo belanja bulanan lagi, aku mau cobain yg uwuh ini.

    Biasanya aku slalu pesen kalo LG mudik ke solo, minum di wedangan2 yg banyak tersebar di sana :D

    BalasHapus
  23. Menjaga silaturahmi emang harus tetap jalan ya...tentu saja dengan menerapkan prokes yang ketat...dan menjaga kesehatan biar imun tetep kuat...

    BalasHapus
  24. Tosss wedang uwuhnya, ini mah ramah dibawa kemana - mana dan menjaga kesehatan kita ya mba. Udah anget di badan dan tidur nyenyak kalau diminum sebelum tidur.

    BalasHapus
  25. Tispnya bermanfaat Mbak, lagi rencana mau naik kereta dan pesawat ini menuju Lampung. Makasih Mbak Nunung

    BalasHapus

Mari Manfaatkan Transaksi Digital untuk Meningkatkan Ekonomi Nasional

Sejak diberlakukannya sekolah daring untuk anak-anak  dan kerja dari rumah buat si ayah otomatis waktu nereka lebih banyak dihabiskan di rum...