Selasa, 22 Desember 2020

Ketahui Jenis dan Harga Pipa Air Saat Renovasi Rumah

Menempati rumah idaman adalah impian setiap pasangan. Banyak pasangan yang menabung untuk merenovasi rumah impian mereka. Sayangnya terkadang tidak semua renovasi berjalan lancar dan sukses. Beberapa pasangan yang renovasi over budget atau renovasi tidak sesuai bayangan karena masih ada kekurangan di sana sini.

Untuk itu saat renovasi perlu memperhatikan hal-hal berikut di bawah ini :

1. Ketahui harga bahan bangunan seperti keramik, pasir, semen, cat dan sesuaikan dengan budget renovasi yang ada.

2. Pemilihan pipa yang tepat. Ketahui jenis-jenis pipa berikut fungsi dan harga pipa air.

3. Instalasi listrik yang tepat.

4. Jangan lupa urus ijin mendirikan bangunan saat renovasi ke pihak terkait.

5. Ijin ke tetangga kanan kiri selama pelaksanaan renovasi karena akan mengganggu tetangga selama renovasi.

Beberapa tahun yang lalu kami merenovasi total rumah kami. Rumah yang ada dihancurin dan kami bangun dari awal. Karena ini adalah rumah impian, semua desain rumah si ayah sendiri yang gambar pakai sketch up. Meski pada saat proses pengerjaan kami memakai jasa pemborong tapi pada prosesnya kami sendiri yang memilih berbagai macam printilan renovasi.


Setiap weekend adalah waktu kami untuk hunting motif keramik, peralatan di toilet dari kran sampai merk closet duduk, memilih jenis dan warna cat, memilih saklar dan berbagai lampu bahkan sampai pemilihan pipa. Yup...kami ingin hasil maksimal. Oleh karena itu meski dibuat borongan ada sentuhan tangan kami termasuk kebebasan memilih semua bahan untuk renovasi. Berkat renovasi tiga setengah tahun lalu kami jadi tahu berbagai harga keramik dengan berbagai motif termasuk harga pipa air.

Gara-gara renovasi kami jadi tahu ternyata pipa air itu ada berbagai macam. Bukan hanya satu jenis saja. Sebenarnya ada berbagai jenis pipa dari PVC, pipa air tembaga, pipa PEX, pipa air galvanis, pipa air HDPE dan sebagainya. Tapi kali ini kita akan bahas pipa yang kita gunakan di rumah atau pipa yang biasa digunakan di rumah tangga.

1. Pipa PVC

Pipa PVC (Polyvinyl Chloride) adalah pipa yang biasa digunakan sebagai saluran pembuangan air kotor atau saluran air bersih pada rumah, gedung, atau tempat kontruksi. Dipasaran pipa PVC dibagi menjadi 2 warna, warna putih dan warna abu-abu. Pipa PVC mempunyai keunggulan yaitu lebih kuat dalam menyalurkan air dalam tekanan yang tinggi, bebas timbal dan tahan terhadap korosi. Biasanya panjang pipa PVC ini adalah 4 meter.

Biasanya pipa PVC ada dua jenis yaitu AW dan D. Pada pipa PVC Rucika Kelas AW ditandai dengan strip biru sepanjang badan pipa digunakan untuk mengalirkan air bertekanan hingga 10 Kg/cm2, selain strip biru ciri- ciri fisik pipa kelas ini adalah dinding yang tebal. Pipa kelas AW dapat digunakan untuk mengalirkan air dari pompa atau untuk air bersih yang diberi tekanan agar dapat terdistribusi dengan baik keseluruh unit plambing di sebuah bangunan.


Lalu bagaimana untuk kelas D? pipa PVC kelas ini digunakan untuk mengalirkan air buangan yang tidak bertekanan contohnya untuk pembuangan air dari wastafel, kitchen sink atau dapur, dari Water Closet dan banyak aplikasi lain yang tidak membutuhkan tekanan untuk mengalirkan air didalam pipa. Pipa PVC Rucika kelas D ditandai dengan strip merah disepanjang badan pipa dan dinding pipanya lebih tipis dibandingkan dengan kelas AW.

Setelah tahu jenisnya pasti ingin tahu juga dong harganya. Di bawah ini adalah harga pipa terbaru ya. Barangkali ada temen-temen yang butuh buat renovasi. Tentunya harganya berbeda dengan harga 3.5 tahun lalu saat kita renovasi.


2. Pipa Rucika Kelen Green

Sudah bertahun-tahun hampir 10 tahun kami menggunakan water heater. Pada saat renovasi water heater lama masih bisa digunakan. Jadi kita tidak membeli water heater baru. Buat teman-teman yang ingin memasang water heater teman-teman harus menggunakan pipa yang tepat. Tidak semua pipa tahan air panas. Pipa Rucika Kelen Green adalah salah satu pipa yang tahan air panas.

Pipa PPR RUCIKA KELEN GREEN adalah instalasi perpipaan dengan sistem lengkap yang di fungsikan untuk saluran air panas & air dingin bertekanan. Materialnya dari bahan Polypropylene Random (PP-R) type 3 atau PP-R 80. Pipa ini diluncurkan tahun 2019 oleh Rucika. Buat teman-teman yang ingin tahu harganya bisa dilihat di bawah ini.


Semoga artikel di atas bermanfaat buat teman-teman yang ingin renovasi ya. Agar budget renovasi sesuai anggaran. Jadi tau harga dan jenis pipa. Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa lihat-lihat di website www.rucika.co.id . Tapi kalau pengin lebih mudah sih teman-teman bisa menggunakan jasa pemborong pada saat renovasi.

26 komentar:

  1. Aku dirumah juga pakai rucika sih kak, soalnya pilihannya paling banyak dan dapet rekomendasi dari kepala tukang yang ngerjain rumah. kualitasnya bagus dan tahan lama katanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah mas pakai Rucika juga ya. Sudah terbukti kualitasnya yaa..

      Hapus
  2. Wah baru tahu nih mbak saya tentang masalah pipa ini soalnya biasanya yang ngurusin masalah ini suami. Wah pipa rucika ini bagus ya mbak kualitasnya. Nanti mau rekomendasikan sama suami, kalau mau ganti pipa pilih yang rucika.

    BalasHapus
  3. Minggu ini lagi rencana renovasi kamar mandi atas. Jadi terbantu dengan informasi ini. Terima kasih banyak atas sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama -sama mbak. Senang bisa membantu. Semoga renovasinya lancar yaa

      Hapus
  4. Malu banget, aku ga tau apa-apa tentang pipa di rumah karena semua papa dan abang yang ngurusin. Baru tau juga ternyata pipa banyak macamnya wkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya mbak pipa ternyata banyak macamnya mbak. Kalau nggak renov juga ga tau saya.

      Hapus
  5. Wah suamiku pasti tau nih soal pipa air kaya gini. Kalau aku cuma liatin aja biasanya pas beliau pasang-pasang pipa. Hihi.
    Kami juga pengen renovasi rumah, tapi kayanya masih lama. Besok-besok kalau perlu info soal pipa air, ke sini lagi, deh.
    Makasih sharingnya, Mbak :)

    BalasHapus
  6. Memilih pipa untuk saluran air di rumah jangan asal-asalan ya, harus yang berkualitas, supaya enak ke depannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Mbak Lia. Harus merk terpercaya biar oke

      Hapus
  7. Banyak jenis dan merek pipa PVC ya, kayaknya pernah nih liat iklannya Rucika. Nah, ini perlu tahu nih, ada jenis-jenis yang berbeda untuk air dingin dan air panas. Trims sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Hani kalau buat air panas jenisnya khusus beda sama buat air dingin

      Hapus
  8. Ealah, jadi rucika ini jenis pipa? Aku kira nama merk 😂

    Tapi bener loh, kalau pipanya gak tepat atau meleset dari kebutuhan, bisa² terjadi kebocoran dan harus bongkar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rucika nama merk mbak. Cuma Rucika juga jenis pipanya macam-macam.

      Hapus
  9. Rucika memang kayaknya sudah jadi andalan sejuta tukang ya..tukang aku juga nyaranin pake ini.. meskipun ada selisih harga

    BalasHapus
  10. Wah ini pengetahuan baru buat saya. Selama ini saya cuma tahu kalau pipa yang cuma pipa PVC kalau gak yang dari logam. Ternyata jenis pipa juga bisa berbeda untuk suhu air yang dialirkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya beda suhu beda jenis pipa yang dipakai mbak

      Hapus
  11. Pipa tuh banyak macam dan jenisnya ya mbaaa. Kebetulan banget suami aku lg mau beli pipa buat bikin green house nih. Makasi infonya ya mbaaa

    BalasHapus
  12. Pipa Rucika aku sering dengar sejak dulu,Mbak. Kualitas memang gak pernah bohong ya.
    Baru tahu juga bahwa setiap pipa ternyata punya penggunaan yg berbeda dan harus disesuaikan dengan suhu air yang mengalirinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya penggunaaan pipa disesuaikan dengan kenutuhannya mbak. Termasuk buat air dingin atau panas

      Hapus
  13. Sekarang pipa pvc bisa loh digunain untuk menyalurkan hobi bercocok tanam dengan sistem hidroponik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah iya Mas Hafif. Sekarang pandemi gini banyak yang bikin hidroponik. Tengkyu tambahan infonya .as

      Hapus

Pengalaman Vaksin Sinovac Pertama dan Efek Sampingnya

Selamat Hari Raya Idul Adha ya teman-teman. Meski Idul Adha kali ini berbeda dengan biasanya. Yup.... kita melaksanakan sholat Idul Adha di ...