Kamis, 28 Januari 2021

Menikmati Rest Area Banjaratma yang instagrammable


Tahun 2020 adalah tahun duka bagi keluarga si ayah. 4 anggota keluarga berpulang dari sepupu, istri sepupu, paklik dan bulik. Otomatis jadi sering pulang kampung untuk takziah. Meski di awal pandemi sampai lebaran haji tidak bisa pulang kampung , namun bulan Agustus, November dan Desember kami pulang.

Rest Area Banjaratma Brebes ini merupakan salah satu persinggahan saat kami pulang kampung. Terletak di km 260 B tol Pejagan Pemalang  kita bisa singgah ke rest area ini dalam perjalanan pulang ke Jakarta. Meski dioperasikan mulai Maret 2019 dan diresmikan  bulan Mei 2019 tapi kami baru sempat mampir ke sini bulan Agustus 2020 untuk pertama kalinya.

Area pabrik gula sendiri cukup luas yaitu sekitar 10 hektar dengan bangunan utama 1.4 hektar. Bentuknya masih dipertahankan seperti aslinya. Hanya ditambah sedikit bangunan modern. Di dalamnya ada taman burung, area buat para pedagang UMKM berjualan, toilet, beberapa outlet makanan modern dan mesin giling.







Selain bangunan batu bata bekas pabrik gula, di dalam area ini ada beberapa pedagang yang menjual oleh-oleh khas Brebes yaitu telur asin Brebes yang terkenal. Harganya juga cukup terjangkau. Selain itu beragam oleh-oleh dari tape ketan sampai keripik juga dijual di sini.




Bukan hanya area dalam yang instagrammable di luar area ini juga asyik buat foto-foto. Ada lokomotif dan masjid yang unik terbuat dari batu bata. Selain itu spot-spot bangunan cantik kuno juga banyak.




Belum sempat sholat di masjidnya, tapi masjid ini sungguh unik karena dindingnya batu bata dengan lubang-lubang jadi tidak terasa panas alias sejuk. Masjid ini sendiri tanpa kubah.

Reruntuhan bangunan kuno juga spot asyik buat foto. Jadi teman-teman bisa foto-foto ala ala model di sini. 


Foto diatas dan di bawah ini  diambil di Bulan Desember 2020. Kebetulan cuaca mendung jadi agak gelap.



Selain spot asyik buat foto, rest area ini juga menyediakan toilet, SPBU dan tempat parkir yang luas. Pengin spot foto instgrammable? Mampir yuk ke rest area Banjaratma


Notes : kami pakai masker dan prokes. Di foto ini kelihatan nggak pakai masker karena untuk foto saja. Kebetulan masker si kecil warnanya merah senada dengan warna baju, jadi gak kelihatan di leher. Dan warna maskerku biru senada dengan warna jilbab, jadi gak kelihatan.

23 komentar:

  1. halo mbak, pertama ikut berduka ya untuk keluarga pak suami.. semoga beliau tegar ya dan mbak selalu kasih suntikan semangat buat pak suami.. btw ini tuh dulu pabrik gula yang terkenal itu ya.. udah beberapa teman aku mampir kesini juga.. semoga suatu hari nanti aku bisa mampir ke sini juga ya.. setuju banget kalo ini tuh instagramable banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbak Nurul. Iya ini rest area bekas pabrik gula yang terkenal itu. Banyak spot kece buat yang suka foto. Semoga suatu saat nanti bisa mampir ke sini ya.

      Hapus
  2. sebenarnya sudah cukup lama aku dan suami ingin melakukan roadtrip sepanjang pulau Jawa bersama anakku, tujuannya agar bisa ada pengalaman.

    btw turut berduka cita untuk keluarga suami ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya makasih Mbak Aie. Kapan - kapan ajak road trip mbak si kecil. Bisa buat pengalaman menyenangkan dan tak terlupakan.

      Hapus
  3. Ini sih keren dan nyaman banget rest areanya. Klo aku yang kesitu, bisa-bisa jadi molor waktu istirahatnya karena kebanyak foto-foto di setiap sudutnya. Wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah iya nih Mbak Wien kan suka foto dan fotogenic. Bisa lama nih di sini foto-foto.

      Hapus
  4. Jadi kangen travelling ke jawa, rest areanya itu loh pewe banget. Di tempatku mungkin ada juga tapi, akunya yang jarang ke luar kota apalagi selama pandemi. Jadi nggak tau gimana perkembangan di luar kota.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sekarang di Jawa Tengah banyak rest area bagus Mbak Mia

      Hapus
  5. Turut berbela rasa untuk kepergian anggota keluarga suami, Mbak. Di masa pandemi ini, setiap mendengar berita kepergian (walaupun itu orang yang saya tidak kenal, selalu ada rasa yang berbeda dari sebelumnya).

    Btw, rest area di masa kini memang cantik2 ya.
    Desainnya dan fasilitasnya bener2 diperhatikan sehingga bener2 jadi rest area. Mampir ke rest area benar2 menjadi sela waktu untuk istirahat dari monotonnya perjalanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbak Lisdha.

      Iya sekarang rest area sekarang bagus-bagus dan nyaman. Jadi beristirahat pun menyenangkan.

      Hapus
  6. Keren ya meski tampak sederhana tp mesjidnya bagus dan nyaman dipakak lama. Hemat energi juga kalo udah dingin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya masjidnya sederhana. Tanpa kubah dan kotak gitu aja. Tapi adem dan nyaman

      Hapus
  7. Innalillahi wa inna ilaihi roji'un utk kepergian anggota keluarga suami Mbak Nunung ya. Bagi kami, tahun 2020 juga meruapakan tahun duka karena Ibu Mertua dan Ibu saya meninggal di tahun 2020. (sampai sekarang rasa kehilangan itu masih kuat).

    Oia, ttg rest Area Banjaratma Brebes ini saya juga baru ngerti dari tulisan Mbak Nunung. Jika rest area ini diresmikan tahun 2019, harusnya saat kami ke Jakarta akhir 2019 bisa sekalian ngetrip tipis-tipis di sini, padahal sempat mampir salah satu rest area utk beli telur asin.

    *catet dulu, semoga kalau ke Jakarta lagi bisa spending time di Rest Area Banjaratma Brebes ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbak Riri atas ucapan bela sungkawanya. Ikut berduka cita ya atas meninggalnya ibu dan ibu mertua. Tahun 2014 saya juga kehilangan bapak dan bapak mertua. Jadi tau gimana rasanya.

      Semoga kalau pas ke Jakarta bisa mampir ke sini ya mbak. Bisa foto-foto cantik.

      Hapus
  8. Turut berduka atas kepulangan keluarga suami ya, Mbak. Dalam kondisi seperti sekarang ini, bisa pulang ke kampung halaman itu sudah bersyukur sekali, yang penting bisa menjalankan protokol kesehatan, ya ...

    Saya penasaran kapan-kapan ingin juga singgah di rest area banjaratma. Tempatnya asyik untuk foto-foto hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbak Nurul. Emang pas pandemi bisa pulang kampung itu bersyukur sekali meski event nya even yang tidak diinginkan.

      Kapan -kapan bisa mampir sini buat foto-foto ya mbak


      Hapus
  9. Turut berduka cita untuk keluarga suami ya, Mba. Dan akhirnya berkesempatan pulang kampung juga. Btw rest areanya pingin penasaran. Seniat itu bikinnya supaya menarik dan orang bisa melepas lelah dengan bahagia karena tempatnya oke. Udah lama banget aku ngga roadtrip deh Mba. Kangen juga. Tapi pandemi bikin gerak jadi terbatas ya :(.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak Molly ucapan bwla sungkawanya. Semoga pandemi segera berlalu dan bisa roadtrip lagi ya

      Hapus
  10. Waa cakep banget mbak, rest area buat tempat istirahat sebentar bisa jadi berwisata nih haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini istirahat sekalian berwisata nih mbak Tuty.

      Hapus
  11. Wah, baru tau aku mbk rest area ini. Padahal tahun 2019 aku sering bolak balik Subang-Ponorogo, baru taunya sekarang huhuhu. Rest area ya menarik sekali, capek nyetir, capek duduk bisa refreshing dulu disini

    BalasHapus
  12. Aku uda pengen banget ke sini dari sejak mudik tahun lalu.
    Tapi selalu kelewat. Mana di tol gak bisa balik kan yaa..
    Hiks~
    Sebagus ini yaa....Rest Area Banjaratma.

    BalasHapus
  13. Asik rest area bisa foto-foto biasanya aku cuma mampir ke toilet atau beli cemilan. Wkwk. Kalau instagramble gini kan jadi gak mau ngeluarin foto2 nya. Sayangnya jauh dari saya yang di jakarta. Huhu

    BalasHapus

QuBisa Aplikasi Siap Kerja, Aku Bisa Kamu Bisa

Beberapa  waktu  lalu ramai  di televisi berita tentang korban   yang tertipu iming-iming menjadi   PNS  dengan mengeluarkan uang  ratusan j...