Rabu, 08 Desember 2021

4 Tips Lolos Kelas Gratis BRT Network


Cara meningkatkan performa blog melalui SEO


Semingguan ini lagi semangat-semangatnya belajar di Kelas Gratis BRT Network. Yuhuu....akhirnya jadi murid juga di kelas bergengsi ini. Iya....meskipun dah lama banget gabung BRT tapi baru sempat gabung di kelas ini.

Kelas Gratis BRT Network emang gratis, tapi jangan salah, kelas ini digawangi para coach berpengalaman yaitu Mas Pewe, Mas Priyo, Mas Zen,  Mbak Monica AnÄ£gen, Mbak Maritaningtyas dan Mbak Gilang alias Gema Maulani. Di sini kita belajar optimasi blog melalui SEO baik SEO onpage maupun offpage.

Tips Lolos Kelas Gratis BRT Network


Awalnya bangga bisa masuk Kelas Gratis BRT Network. Ya iyalah dari 200 an blog yang ada di list form kita termasuk 100 orang yang beruntung bisa masuk kelas gratisnya. Eits tapi jangan bangga dulu bisa masuk kelas gratis BRT ya guys, abis ini kalian akan sport jantung. Hahaha...iyalah sport jantung. Mau tau kenapa? Karena kita bisa sewaktu-waktu dikick loh di grup ini.

Jadi disini aku tulis tips biar bisa lulus di kelas ini ya guys. Berikut tips nya :

1. Lakukan step step yang diperintahkan begitu kita masuk kelas. Misalnya list nama dan blog kita, langsung kita tulis nama dan blog kita. Ada batas waktu soalnya. Telat ngelist dan sudah DL dikick. Jadi harus rajin cek wa grup ya. 

2. Saat kelas dimulai perhatikan aturan yang sudah diberlakukan di kelas. Misal tidak boleh japri coach dan hanya boleh bertanya di grup. Melanggar aturan langsung dikick.

3. Menyimak dengan baik materi yang diberikan para coach, jangan malas untuk scroll ke atas chat di wa group. Dan lakukan tugas dengan sebaik-baiknya. Di sini selalu ada tugas 1,2 ,3 dan seterusnya. Peserta yang tidak lolos tugas 1 tidak boleh melanjutkan kelas gratisnya.

4. Tidak boleh malu dan sungkan dan bertanya di grup. Para coach adalah orang-orang sabar yang tidak pelit ilmu. Jadi kita mau tanya apa saja seputar materi yang kita belum ngerti akan dijawab dengan sabar oleh beliau-beliau. Jangan malu bertanya trus nggak mudeng dan akibatnya gak ngerjain tugas yang diberikan. Kalau sudah waktunya deadline dan tugas belum selesai. Bisa langsung dikick loh...



Testimoni Ikut Kelas Gratis Gratis BRT Network

Meski sudah ngeblog bertahun-tahun tapi SEO adalah hal baru buatku. Jadi ikut kelas ini serasa mendapat ilmu baru. Enaknya lagi langsung dipraktekin saat itu juga. Jadi mau gak mau harus bisa dan tidak sekedar teori. 

Ikut kelas ini memicu adrenalin loh. Iya soalnya kita terpacu untuk bisa, mengerjakan tugas tepat waktu dan deg-degan juga karena bisa dikick kalau nggak ngerjain tugas. Tapi disitulah tantangannya. Bawaannya jadi semangaaat aja gitu. Yaah....rasanya kayak kembali ke bangku sekolah. Jujur baru kali ini serius belajar tentang blog meski sudah aktif ngeblog sejak tahun 2004.

Sebenarnya pernah mau menyerah di tugas ke 2. Iya gara-gara gak bisa ubah ke lang id. Copy kode htlm mirip temen-temen yang berhasil tapi tetap nggak bisa diterapin di blogku. Udah pakai script A, B, C, D seperti yang dicontohin mentor dan berhasil di beberapa orang tapi gak bisa juga di aku meski udah oprek berjam-jam. Tapi tekadku terlanjur basah nyemplung di kelas ya udah berusaha sampai titik darah penghabisan. Setelah berbagai cara baru bisa di hari ke 2. Huhuhu....terharu....

Pokoknya rasanya nano-nano deh masuk kelas gratis BRT Network ini. Oya kita dibagi menjadi beberapa kelompok. Kelompokku ada 8 orang termasuk Mbak Ika Maya dan Mbak Isti. Penasaran kan apa kata mereka tentang Kelas Gratis BRT.

Mbak Isti pemilik blog istiqomahsweet ini katanya ngeblog dari tahun 2011 saat masih SMK tapi  mulai serius tahun 2021. Blog Mbak Isti ini nichenya travel. Pernah belajar blog juga di kelas blogging tapi blog untuk pemula. Jadi kelas BRT Gratis ini menurutnya sangat baik untuk pemula, menambah ilmu, relasi  dan bisa lebih berkembang sebagai seorang blogger.

Nah kalau kata Mbak Ika Maya pemilik blog Ika Maya banyak suka duka ikut kelas ini. Kata Mbak Ika dengan ikut kelas ini banyak menambah ilmu dan punya banyak temen yang saling membantu saat ada kesulitan. Jadi nggak hanya mengandalkan para gurunya untuk menyelesaikan masalah. Dukanya kata Mbak Ika, " lieur bener euy sama urusan coding! Kemarin yang pas nyelesain masalah lang id, pakai cara A atau B atau C nggak ketemu. Eh pas cara ABC-nya dicampur, baru bisa. Untungnya blogspot nggak akan mau menyimpan kode yang nggak beres. Jadi meminimalisir kasus bloh error setelah html dioprek."


 Yang dipelajari di Kelas Gratis BRT



Di kelas ini kita belajar cara optimasi blog melalui SEO baik Off page maupun On page. Jadi sebelum  kita fokus ke artikel kita juga harus tau dulu nih kondisi blog kita melalui Meta SEO Inspector. Nah disana nanti akan kelihatan kesalahan kita dimana saja sehingga harus dibenerin terlebih dahulu. Yang utama sih dari bahasa yang harusnya menggunakan Bahasa Indonesia agar dikenali, jadi pakai lang id. Urutan H1, H2, H3 dan seterusnya. Ternyata dari Meta SEO inspector ini ketahuan banyak sekali yang harus dibenahi dari blogku dan selama ini nggak tahu. Huhuhu.....Makasih ya para coach...

Selanjutnya kita belajar SEO On page dari Mas Pewe.    Secara garis besar SEO Onpage adalah teknik optimasi dari dalam blog. Karena banyak faktor yang mempengaruhi optimasi blog⁩ . Ada 18 parameter yang harus kita perhatikan yaitu :

1. Ada Keyword di Judul dan panjang meta judul  55 Karakter.

2. Judul sebaiknya di awal.

3. Ada Keyword di Permalink dan Panjang Permalink maks 75 Karakter dihitung dari h, di https.

4. Ada Keyword di Meta Deskripsi dan maks 155 Karakter.

5. Ada Keyword di 150 karakter paragraf awal.

6. Keyword tidak perlu di bold, italic, underline.

7. Ada kesimpulan (H2) di akhir artikel.

8.Jumlah kata pada artikel lebih banyak dari kompetitor.

9.  Paragaraf tidak perlu panjang. Cukup 3 atau 4 baris saja.

10. Ada H1,H2,H3 urut.

11. Keyword ada di H2 dan H3
12. Keyword di nama image pakai strip (-)

13. Alt Image/Video
Alt itu singkatan dari alternatif, jangan diisi keyword saja atau nama gambarnya. Harus beda dengan kw yang ada.

14. Internal link menuju artikel yang relevan.
15. Gunakan LSI keyword
16. Share di media sosial 
17. Inspec url di Google Search Console
18. Besar image maksimum 100 kb agar tidak terlalu lama loading.


Dari Mas Priyo kita belajar tentang cara memasang Google analytic dan Google Search Console. Sebagai blogger kita sebaiknya mengenal GA dan GSC, dua tools ini gratis bisa dipake untuk analisis performa web kita. Perbedaan GA sama GSC, GA dipake untuk mengukur performa blog terhadap user, sementara GSC mengukur performa blog terhadap search engine Google. 

Nah kalau script script an atau kode -kode html kita bisa belajar dari Mas Zen yang jago banget koding - kodingan. Buat kita yang masih belum paham atau ada yang salah Mbak Maritaningtyas, Mbak Monic dan Mbak Gilang siap membantu sampai kita bisa. Meski perempuan, mbak-mbak diatas jago loh koding-kodingan.

Nah ....asyik banget kan Kelas Gratis BRT guys? Jangan lupa ya perhatikan 4 hal yang sudah ditulis diatas agar kita bisa lulus kelas gratis ini dan yang pasti performa blog kita tambah oke. 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar