Rabu, 27 Oktober 2021

Lima Game Seru Gratis untuk Kekompakan Ibu dan Anak

Mempunyai anak usia TK di usia yang tidak lagi muda ini membuatku belajar banyak hal baru lagi. Masa-masa bermain dan beraktifitas dengan balita sudah lama sekali. Si sulung sudah 15 tahun dan tengah 14 tahun. Jeda waktu 10 tahunan membuat banyak hal baru yang harus kupelajari. Yup....membesarkan anak-anak 15 tahun lalu beda dengan sekarang. Kalau dulu banyak aktifitas fisik yang bisa dilakukan berdua, saat dimana anak belum kenal handphone dan gadget. Sekarang meski masih ada aktifitas main yang dilakukan berdua kita mau tidak mau tetap harus beradaptasi dengan gadget.

Buatku gadget sendiri tidak selamanya negatif. Ada hal-hal positif yang bisa kita ambil asal kita bijak memanfaatkannya. Biasanya kita melihat youtube anak-anak berbahasa Inggris, belajar ngaji atau sekedar film kartun. Selain itu kita juga main game di gadget. Untuk anak lima tahun tentu saja bukan main game Mobile Legend. Aku mencarikan game - game edukatif buat anak-anak. 

Biasanya game-game harus diinstal di handphone. Tentu saja hal ini memakan banyak kapasitas penyimpanan atau memori handphone. Apalagi kalau jumlah game yang diinstal banyak. Wassalam deh handphone. Hehe.

Nah...sekarang kita bisa main game tanpa instal loh. Kita bisa memainkannya langsung di handphone atau pakai komputer. Wiiiiiy....asyik banget kan. Apalagi game nya gratis. Kita tinggal buka website nya yaitu Plays.org dan tinggal kita mainkan deh. Ada ribuan game gratis di sana baik buat orang dewasa maupun buat anak-anak. Nah kalau aku sengaja pilih game yang bisa dimainkan berdua ibu dan anak. Jadi lebih seru. 

Manfaat main game berdua bersama anak:

1. Menambah bonding ibu dan anak

Dengan main game berdua , bonding antara ibu dan anak lebih kuat. Si anak merasa ibu asyik nih bisa diajak main game berdua, nggak hanya menyuruh belajar aja.

2. Anak lebih terkontrol

Kalau main game berdua  kita bisa mengontrol kapan anak harus berhenti dan kapan anak boleh main game terus. Terkadang meski anak TK kalau dibiarkan main game sendiri nggak kenal waktu karena terlalu asyik main. Nah dengan didampingi ibu mereka akan punya kontrol waktu kapan harus berhenti main game dan melakukan aktifitas lain.

3. Menambah kreatifitas ibu dan anak

Percaya gak kalau main game itu bisa menambah kreatifitas baik ibu dan anak. Ya iyalah di beberapa game kita dituntut agar bolanya gak nabrak dan tidak game over. Jadi harus kreatif bagaimana cara agar tidak game over. Atau di permainan bikin pizza kita dituntut bagaimana membuat pizza yang lezat dan banyak topping dan kelihatan menggoda. Intinya harus kreatif.

Penasaran kan game apa aja yang ada di plays.org. Ada banyak banget game seru. Tapi disini aku pilihin lima game seru yang bisa dimainkan ibu dan anak ya guys.

1. Make A Pizza : Pizza Creator For Young Children

game online seru


Game ini adalah game membuat pizza. Cocok untuk anak-anak. Ditemani ibu jadi lebih asyik. Disini kita belajar membuat pizza dengan cara menambahkan berbagai bahan yang ada, memberi topping dari sosis , keju sampai daging dan memasaknya. Seru banget karena anak-anak bisa berkreasi  pizza apa yang ingin mereka buat dan topping apa yang ingin ditambahkan.

2. Alphabet Bubble Letter Match Game

game online seru

Game ini termasuk game edukasi. Dimainkan bersama ibu dan anak karena kebanyakan anak belum ngerti kata dalam bahasa Inggris. Cara mainnya adalah meletuskan gelembung yang berisi huruf. Nantinya kita harus menjatuhkan huruf ini ke dalam peti harta karun yang berisi kata dengan kata depan huruf tersebut. Misal huruf A , kita meletuskan balon tepat diatas peti harta karun yang berisi kata Apple. Begitu juga dengan huruf lainnya. Seru soalnya anak-anak juga belajar huruf dan belajar kata dalam Bahasa Inggris.

3. TMNT Pizza Quest : Teenage Mutant Ninja Turtles RPG

game online seru

Game ini adalah game pertarungan yang menyenangkan dan menantang. Mainnya dengan karakter Kura-kura Ninja. Di sini kita bisa bermain bergiliran untuk mengalahkan musuh yang kuat. Selain itu kura-kura ninjanya  juga dilengkapi dengan berbagai senjata. Seru sekali saat kita bisa mengalahkan musuh. Si kecil langsung berteriak. "Horeeeee....menang Bu".

4. Splash and Bubbles Fintastic Fish Maker Game

game online seru

Game ini adalah game mendesain bentuk ikan. Jadi kita bisa membuat spesies ikan unik yang kita inginkan dengan cara membuat dan menggabungkan bagian tubuh dari 4 jenis ikan yang berbeda. Kita bisa menggabungkan badan ikan, moncong, sirip tubuh, sirip punggung dari 4 macam ikan. Hasilnya akan tercipta ikan unik ciptaan kita sendiri. Seruu bangeet kan?

5. Road Rally

game online seru

Road rally ini adalah salah satu game yang disukai anak-anak. Di permainan ini kita nggak boleh kehabisan bensin ya guys. Selain itu kita juga gak boleh nabrak mobil lain. Kita harus mengumpulkan koin di setiap level untuk membeli kunci kendaraan berikutnya. Nah disini ada berbagai macam kendaraan yang bisa kita coba dari mobil SUV, mobil balap sampai mobil pemotong rumput. Seru deh bisa main game ini sama anak-anak.

Nah lima  game diatas adalah lima game seru yang bisa dimainkan bersama anak-anak. Tertarik buat main game di plays.org? Ada banyak game seru dan baru yang bisa teman-teman mainkan di plays.org/games/. Jadi sudah siap ngegame nih guys? Yuk ngegame biar otak gak panas. Refreshing murah meriah.

30 komentar:

  1. Waahhh, seru Kak. Apalagi gratis dan nggak perlu download. Wajib dicoba nih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gak pwrlu download ni kak. Mayan gak penuhin memori. Cobain yuk

      Hapus
  2. Seru banget pastinya. Saya mah coba juga main bareng putra saya Fahmi ah.
    Senangnytuh main game di plays.org kita ga harus punya memori gede ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini game game seru buat ibu dan anak nih mbak . Yuk cobain sama Fahmi

      Hapus
  3. Semua gamenya seru ya, Mbak. Selain itu ada nilai edukasinya. Selain hiburan, juga meningkatkan kemampuan anak. Kalau main sama Bunda, bisa semakin dekat hubungan antara anak dan Ibu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuup betul sekali Mas Bams. Bisa meningkatkan bonding ibu dan anak nih

      Hapus
  4. di antara 5 games itu aku paling suka alphabet bubble dehhh, jadi beneran bisa sekalian belajar juga ya hahhaha, enak pula ga perlu unduh apss nya

    BalasHapus
  5. Wah seru banget ya, aku jadi mau coba deh! Praktisnya tanpa harus install game lagi di laptop yang kadang bikin lemot, ya, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya kebanyakan yg diinstal kadang bikin laptop lemot ya. Yang ini penting ada data internet aja bisa main gratis

      Hapus
  6. Dari kelimanya, satupun belum pernah saya coba. Meski saya sering main game online di sana. Enak ya main game gratis, tanpa iklan dan game ringan pula. Mantap deh website gaming yang satu ini. terima kasih atas ulasannya, jadi tau ada game-game menarik tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe soalnya ini game buat anak-anak mas. Wajar belum pernah coba. Iya emang ada banyak ribuan game di sana

      Hapus
  7. Aaak, aku juga mainan di plays.org niih kak. Suka banget sama pilihan game-nya yang bisa dimainkan waktu lagi nunggu temen atau rebahan doang. Asli emang banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah toss dong ....
      Bisa isi waktu ya sambil nunggu temen biar gak bosen

      Hapus
  8. Wah sama mbak, saya juga anaknya udah pada remaja semuaaa. Baca ini jadi nostalgia dulu ngajar anak sambil main game supaya mereka ga bosan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya dua remaja. Trus ada ketambahan satu nih bocil . Hihihi..

      Hapus
  9. Wah yg make pizza itu aku jg cobain loh mba hihi seru banget emang. Jadi berasa nostalgia game masa sekolah

    BalasHapus
  10. Saya juga suka banget nih main game di playsol.org soalnya pilihan gamenya banyak dan seru2. Udah gitu praktis juga mainnya karena gak perlu donwload aplikasi dan meski gratis tapi bebas iklan juga. So, puas bangetlah main game di plays :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilihan game nya banyak ya. Jadi bisa main kesukaan kita..

      Hapus
  11. Gemes-gemes banget games nya yaa..
    Aku mau nostalgia bermain game jadul yang kadang gak perlu pake mikir dan kompetisi.
    Hehhe..aku suka takut kalau gamesnya serem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak game jadul mbak Len. Ada tetris game jadul kita jaman muda. Hahaha

      Hapus
  12. Wah, ada tempat main baru nih untuk ponakan-ponakanku. Permainannya juga edukatif kayak alphabeth bubble itu kan bisa main sambil mengenal huruf ya. Ntar mau referensiin plays.org ini ah

    BalasHapus
  13. saya juga suka main games ini mba, seru asik dan selain itu bebas iklan. terus permainannya banyak yang permainan semasa kecil jadi kayak mengenang gitu deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi...iya banyak game jaman kecil di plays.org mbak

      Hapus
  14. game-gamenya ringan di platform ini, pilihannya juga banyak. Beberapa games malah bisa sekalian sama nostalgia tuh

    BalasHapus
  15. Aku jadi mainin Mulu nih permainan2 di play(.)org mba 😄. Dan aku seneng kalo ada temen2 yg kasih link permainan apa yg cocok untuk anak2. Jadi bisa aku mainin bareng mereka.

    Soalnya kalo gamesnya edukatif begini, aku masih izinin anak2 main di hari kerja. Tapi kalo games yg biasa mereka cuma boleh weekend :D. Tapi ya tetep mba, mainnya bareng aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...ini gamesnya edukatif Mbak Fan. Jadi aman lah ya buat anak-anak meski weekday. Tapi ya ditemani mama yaa....

      Hapus