Minggu, 17 April 2022

Mengasah Kecerdasan Lewat Pekan Olahraga Otak

Pekan Olahraga Otak, apa yang terlintas dalam benak ketika mendengarnya? Otak juga butuh olahraga. Layaknya pisau yang harus terus diasah, otak perlu dilatih agar tetap tajam dan berkilau. Salah satu cara mengasah otak adalah dengan rutin berlatih verbal logic, bahasa  Inggris dan matematika.

Verbal logic merupakan serangkaian test yang menggunakan kata-kata, bahasa dan angka untuk mengukur kecerdasan seseorang. 

Verbal logic biasa diterapkan dalam ujian psikotest rekruitmen karyawan, test CPNS atau ujian masuk perguruan tinggi. Test untuk mengukur tingkat intelegensi ini bisa berupa soal-soal matematika yang membutuhkan logika, permainan kata-kata dan bahasa maupun pemahaman sinonim dan antonim. Beruntung hidup di zaman digital, berlatih verbal logic bisa menggunakan aplikasi ZenCore melalui event Pekan Olahraga Otak. Keunggulan aplikasi ZenCore adalah mudah diakses dan dipahami karena mengaplikasikan metode adaptive learning, yaitu mengedepankan efektivitas dan efisiensi, serta mengimplementasi kemajuan teknologi seperti algoritma komputer dan kecerdasan buatan.

Pekan Olahraga Otak ZenCore mengasah kemampuan pengguna dalam berlatih menjawab soal-soal yang biasa diujikan di rangkaian psikotes seleksi penerimaan mahasiswa atau pegawai. Di aplikasi ini jagoan adu otak tersedia soal-soal latihan verbal logic, matematika dan bahasa Inggris, komplit kan untuk pemanasan otak? Rata-rata materi ujian untuk saringan dan seleksi meliputi tiga komponen tersebut. Ganti cara belajar berlatih soal dari buku, ZenCore sangat mengasyikkan untuk meningkatkan kemampuan otak.


Memperingati 40 tahun bimbel Offline Primagama yang telah resmi bergabung dengan Zenius sejak Maret 2022, diluncurkanlah Pekan Olahraga Otak X Fiesta Primagama sebagai special campaign. Special campaign ini bertujuan memberikan first experience bagi para user yang belum pernah mencoba ZenCore serta memfasilitasi user yang sudah pernah dan rutin melatih otaknya dengan ZenCore.


ZenCore



Selanjutnya Zenius secara kontinyu mengajak para penggunanya untuk terus melatih otak dengan ZenCore melalui Pekan Olahraga Otak yang digelar setiap dua minggu sekali dengan berbagai hadiah menarik. Berlatih kecerdasan otak sekaligus dapat hadiah, Zenius memang luar biasa.

 

Cara Mengikuti Pekan Olahraga Otak ZenCore

Tertarik meraih berbagai hadiah kompetisi Pekan Olahraga Otak? Berikut cara bergabung sebagai peserta:

1.  Unduh Aplikasi ZenCore untuk iOS bagi pemilik Iphone atau unduh Aplikasi ZenCore untuk Android bagi pemilik gadget android

2.  Login dengan akun kita (bisa daftar menggunakan email atau media sosial)

3.  Klik ZenCore dan pilih region sesuai domisili

Muncul banner Pekan Olahraga Otak ZenCore.

4.  Klik banner Pekan Olahraga Otak

Akan tampil board berisi soal-soal latihan yang terbagi dalam tiga pilihan kategori yaitu: Matematika, Verbal Logic dan Bahasa Inggris

5.  Pilih salah satu kategori materi ujian

6. Silahkan mulai menguji kemampuan diri dengan berbagai materi ujian jagoan adu otak.

Jangan gugup saat mulai menjawab soal-soal latihan. Meski saat menjawab soal seolah dibayangi “hantu waktu” karena di bagian atas board ada petunjuk waktu yang mengingatkan bahwa waktu menjawab bahwa ujian akan selesai dalam sekian detik. Jawab pertanyaan dengan mengklik pilihan jawaban yang dianggap benar.

Setiap kali menjawab benar board akan memberikan ucapan selamat seperti “betul” atau “gas terus” “’sikat lagi” atau “mantap” sedangkan jika salah board biasanya mengomentari dengan kalimat “awas ketipu” atau “hati-hati ya” atau “yuk bisa yuk”

 

Di akhir sesi setiap levelnya, board akan menampilkan penilaian berupa: jumlah jawaban yang benar dan salah, jumlah soal tak terjawab, rata-rata waktu menjawab tiap soal, tingkat akurasi, pembahasan materi soal dan skor total. Total skor inilah yang menentukan peringkat peserta dalam board Pekan Olahraga Otak sehingga bisa masuk kategori sebagai pemenang.

 


jagoan adu otak



 

Pentingnya Mengikuti Pekan Olahraga Otak ZenCore

Sebagai ibu dari ketiga anak yang duduk di bangku sekolah, aku harus siap menerima pertanyaan-pertanyaan mereka berkaitan dengan pelajaran di sekolah. Bener deh ungkapan bahwa ibu adalah sosok multitalenta. Tak hanya mengurus rumah, harus mampu menjadi guru privat untuk anak-anaknya. ZenCore jagoan adu otak ini membantuku memahami materi pelajaran sekolah. Apalagi anak sulungku harus mulai mempersiapkan diri ke jenjang pendidikan lebih tinggi melalui saringan kompetisi. Sejak mengenal ZenCore, aku tertarik untuk mencoba menjawab tantangan demi tantangan soal dalam event Pekan Olahraga Otak. Alasannya:

1.  Melatih ketajaman dan kecerdasan

Ibarat gunting dan pisau yang lama tidak digunakan, otak juga bisa tumpul.  Dengan terus berlatih menjawab soal-soal ujian otak akan terus diasah sehingga tidak mudah pikun atau lambat dalam memutuskan permasalahan.

2.  Mengisi waktu senggang dengan hal bermanfaat

Daripada bengong atau tidur doang selama puasa Ramadan mending melatih kemampuan menganalisa dan menjawab soal ujian. Aku juga mengajak anak untuk ikut serta menjawab pertanyaan sehingga ia pun secara tak langsung turut belajar.Tepat sekali aku mengajak anak untuk ganti cara belajar, yang semula melulu dari buku kini pakai ZenCore. Lebih mengasyikkan dan tidak membosankan.

3.  Berkompetisi mendapatkan hadiah

Pekan Olahraga Otak ZenCore membuka kesempatan bagi penggunanya untuk meraih hadiah senilai jutaan rupiah. Siapa sih yang nggak mau iPad 9 (64 GB), Samsung Smart Watch 4 (40 mm), Xiaomi Haylou Solar LS05 atau Headphone JBL T450 sebagai hadiah kompetisi? Kompetisi Pekan Olahraga Otak X Fiesta Primagama akan berlangsung pada tanggal 28 Maret-24 April 2022.

Apalagi kesempatan mendapatkan hadiah lebih dari satu kategori terbuka lebar. Andai user juara 1 Leaderboard Universal dan juga juara 1 per region, maka ia berhak mendapatkan 2 hadiah. Pemenang akan diumumkan melalui instagram @zeniuseducation dan @primagama_id di pekan berikutnya.


ganti cara belajar


 

Contoh Soal Latihan di Pekan Olahraga Otak

Sesulit apa menjawab soal latihan di Pekan Olahraga Otak ZenCore? Sulit atau mudah tergantung pada masing-masing pribadi. Seperti ini pengalaman saya:

 1.  Matematika

Bagi yang tidak terlalu pandai berhitung dan tidak menguasai aljabar matematika mungkin menjadi momok ketika menghadapi ujian. Namun tenang guys, sebagai pemanasan otak, ternyata soal-soal kategori Matematika di awal sesi tidak terlalu sulit. Beberapa di antaranya adalah perkalian atau penjumlahan sederhana. Seperti ini contohnya:

8 x 0 =

(-14) + ..  = 8 maka untuk melengkapi titik-titik diisi dengan jawaban yang tepat. Setiap jawaban tepat menambah skor bagi pengguna.

Tingkat kesulitan menjawab pertanyaan latihan meningkat secara bertahap.

 

2.   Verbal Logic

Siapa bilang bermain logika kata-kata itu mudah? Bagi saya menguji kemampuan verbal logic di ZenCore terasa banget sulitnya. Meski sebagian soalnya bisa dijawab dengan mudah, misalnya tentang definisi benda sesuai deskripsi dalam bentuk kata-kata maupun gambar, namun aku benar-benar tak menguasai soal-soal logika yang berkaitan dengan istilah konjungsi, disjungsi, implikasi dalam bahasa Indonesia. Dicoba berulang kali prosentase menjawab benar sangat kecil. Mungkin aku perlu belajar lebih mendalam mengenai materi ini, namun jika kurikulum sekolah sekarang membahas konjungsi, disjungsi dan implikasi mungkin tak akan terlalu sulit menjawab pertanyaannya.

 

3.   Bahasa Inggris

    Bahasa Inggris adalah salah satu pelajaran favoritku. Namun ternyata mengerjakan materi bahasa Inggris Pekan Olahraga Otak harus ekstra teliti sebab soal-soalnya banyak yang tricky. Apalagi jika bertemu soal berkaitan dengan grammar, sebagian besar materinya lupa-lupa ingat, maklum biasanya hanya praktek conversation dan kurang mengaplikasikan grammar. Jadi aku sering kehabisan waktu saat mengerjakan latihan soal bahasa Inggris.  

pemanasan otak




   Saranku nih jika ingin menjuarai kompetisi Pekan Olahraga Otak kuncinya harus rajin berlatih. Pengguna akan sangat terbantu memperbaiki kualitas jawaban pada putaran latihan berikutnya sebab ZenCore menyediakan fitur pembahasan materi soal setiap kategori usai pengguna menyelesaikan 8 soal dalam setiap putaran. Soal latihan yang diberikan setiap hari dan setiap putaran tidak sama, namun ada kemiripan model dan jenisnya sehingga memudahkan pengguna ZenCore belajar dan menemukan solusi dari setiap pertanyaan yang diujikan. Buruan deh unduh ZenCore dan bergabung dalam Pekan Olahraga Otak.

 

59 komentar:

  1. wah ada papan peringkatnya juga ya jadi memotivasi anak-anak untuk terus memberikan jawaban yang benar dan nilai yang bagus

    BalasHapus
  2. Wohooo boljug nih ikutan pekan olahraga otak
    sekalian buat tes konsentrasi juga ye kan.
    lebih asik lagi yaa, karena Primagama udah join Zenius nih
    keren!

    BalasHapus
  3. Seru juga nih kayaknya ikutan Pekan Olahraga Otak dari Zencore sekalian melatih dan mengasah otak nih, udah lama banget gak ngerjain soal matematika entahlah masih sanggup atau nggak nih hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Teh. Aku pun udah jarang ngerjain soal. Kayanya emang perlu latihan lewat aplikasi ZenCore. Lumayan kan kalau ikutan Pekan Olahraga Otak dan dapat hadiah

      Hapus
  4. ooo primagama sekarang gabung dengan Zenius ya. Makin top lah, primagama yang sudah terkenal sebagai lembaga bimbingan belajar top, menggunakan teknologi yang dikembangkan zenius, jadi kemasan pembelajaran yang bagus pastinya.

    Pekan olahraga otak, bagus juga nih programnya. buat mengasah kemampuan otak

    BalasHapus
  5. Oke banget ini Pekan Olahraga Otak, jadi bikin otak bekerja ya heheh. Duh jadi penasaran ingin nyobain, apakah otak saya masih bisa diandalkan hehe

    BalasHapus
  6. Wah, baru tahu nih ada yang namanya Pekan Olahraga Otak. Ini yang Raffi anaknya ECha ikutan itu, ya? Keren-keren deh anak-anak ini. Pada pinter-pinter. Semoga nanti pada jadi anak yang sukses.

    BalasHapus
  7. Wah, menarik sekali ini mbak Pekan Olahraga Otak. Tiga soal dari matematika, soal logic sampai bahasa inggris. Pastinya belajar banyak hal dan makin pintar ya

    BalasHapus
  8. Pekan Olahraga Otak dengan Zencore kini sedang hitz ya mbak. Ga hanya anak2 yang ikutan, tetapi dewasa juga bisa mencobanya. Bahasa Inggirs, matematika dan sebagainya tentu menarik diikuti tuh untuk tes otak dan kemampuan kita udah sampai mana. Keren ini.

    BalasHapus
  9. Hihi .. punya nyali gak ya ikutan olahraga otak ini!
    Aku malahan kemaren sedang senang SUDOKU - dan itu aja score-nya malu maluin - kalah ama anakku yang SMA

    BalasHapus
  10. Pekan Olahraga Otak dari Zencore apa aku masih bisa ya ikuti?zaman dulu kalau asah otak pakai TTS ya.Sampai lecek tuh buku,terisi penuh.Aku coba deh siapa tahu bisa ya.Recomended banget nih untuk parents yang memiliki anak SD-SMP ya

    BalasHapus
  11. iPad 9 (64 GB), Samsung Smart Watch 4 (40 mm), Xiaomi Haylou Solar LS05 atau Headphone JBL T450 haduuuh amu banget itu hadiahnya bikin mupeng, tapi klo aku yang ikut kompetisi udah ngeper duluan, aku minta anakku aja kali ya yang ikut hahaha...kompetisinya untuk semua usia kah?

    BalasHapus
  12. Otak jadi terasah nih nanti ya, ZenCore jagoan adu otak juga membantu memahami materi pelajaran sekolah. Menarik sekali ini. Apalagi ada tantangan mengikuti Pekan Olahraga Otak!

    BalasHapus
  13. Pekan olahraga otak dari ZenCore ini seru ya mbak
    Bisa jadi kegiatan yang bagus untuk mengasah otak kita

    BalasHapus
  14. Seru juga ya pekan olahraga otak dari Zencore ini anak-anak jadi tertantang untuk menyelesaikan soal, aku mau ajak anakku ah dia suka banget bahasa Inggris, masih bisa ikut kan ya..

    BalasHapus
  15. Wah seru banget nih kompetisinya, kyk berasa main game seru2an aja tapi dapat hadiah yang cukup berlimpah ya mbak.
    Ternyata ada 3 subject yang dijadikan bahan pertandingan ya, kirain Matematika aja hehe TFS infonya.

    BalasHapus
  16. Menarik banget ini ya, untuk mengasah kemampuan anak. Wah... aku jadi pengen cobain juga ah ke anakku, siapa tau dia senang ikutan olimpiadenya nih.

    BalasHapus
  17. asyik banget ya seru-seruan pekan olahraga otak, otak biar gak pikun kudu perlu diasah dilatih, dengan terus belajar, dengan membaca game dll

    BalasHapus
  18. Baru tahu akan ada Pekan Olahraga Otak ini jadinya penasaran deh dengan ZenCore. Anak-anak jadi tertantang ya untuk kegiatan yang mengasah otak. Keren deh

    BalasHapus
  19. Jadi pengen ikutan Pekan Olahraga Otak ZenCore juga nih. Lumayan biar otaknya bisa buat mikir, gak tumpul gitu. Siapa tahu beruntung dan dapat hadiah ya

    BalasHapus
  20. serunya pakai zencore ini ya anakku dah nyoba lucu juga bisa push rank sama battle sama temen kontaknya. raffi nyobain dikit2 tapi emang seru pertanyaannya gampang tapi seru

    BalasHapus
  21. Bersama Zencore mari kita tingkatkan produktifitas otak dan memaksimalkannya.
    Karena nikmat banget bisa terus mengingat banyak hal.

    BalasHapus
  22. Ga cuma anak sekolah yang bisa ikutan pake Zencore yaa... mamak2 juga perlu berlatih lagi nih agar ketajaman berpikirnya terasah. Tapi deg-degan juga nih kalau pas pelajaran matematika heheee...

    BalasHapus
  23. Asyik nih di zenius ada pekan olahraga otak. Bikin otak tetap terasah dan tokcer, ya

    BalasHapus
  24. bisa dijadiin untuk melatih pelajaran-pelajaran sebelum ujian akhir semester ya.. seru sekali pekan olahraga otak

    BalasHapus
  25. Boleh juga ini ya mengasah otak dengan mengikuti pekan olahraga otak zencore.jadi pengen ikutan juga nih sebab dah lama banget otak gak dipake mikir pelajaran sekolah hihi kayak mana nilai pengetahuanku yaa? Thanks rekomendasinya.

    BalasHapus
  26. Saya setuju mba otak juga perlu olah raga. Makanya di kegiatan seminar seminar offline gitu suka jadiin olah raga otak di sela sela kegiatan mereka. Karena emang bikin fresh dan nggak cepet lupa. Oh ya aku baru tahu primagama udah gabung ama Zenius. Aku sangka udah nggak ada lagi. Soalnya itu bimbel waktu aku masih smp dulu. Keren msih terus bertahan di tengah gempur pesain dimana mana

    BalasHapus
  27. Kudu dicoba nih Pekan Olahraga Otak dari Zencore,mengasah kemampuan otak untuk berpikir ya.Hmm...kira-kira aku masih mampu gak ya kak

    BalasHapus
  28. LOH seru banget ini ada pekan olahraga otak bareng sama ZenCore. bisa dapet hadiah pula yaa, jd makin pengen ngejar ini sih. berasa main game jadinya yaa >.<

    BalasHapus
  29. Kegiatan wajib nih buat ibu-ibu buat mengasah otak, biar saat ditanya anak bisa menjawabnya. Apalagi kalau bisa ikuta kompetisi Pekan Olahraga Otak waahh, memang kuncinya harus rajin berlatih ya

    BalasHapus
  30. Wah seru ada lomba Pekan Olahraga Otak di ZenCore. Wajib ikutan nih biar sekalian mengasah skill dan menambah pengetahuan. Zenius emang pilihan tepat buat semua kalangan.

    BalasHapus
  31. Aki jadi penasaran dengan bagian soal2 Verbal Logic pingin nyobain jadinya, Makkk. Sambil kembali mengasah otak. Xixixixi

    BalasHapus
  32. Seru banget nih ikutan Pekan Olahraga Otak dari Zencore bisa sekalian mengasah lagi yang udah pada lupa nih, udah lama banget gak ngerjain soal matematika soalnya entahlah masih bisa apa gak nih hahaha

    BalasHapus
  33. Wih kayaknya seru nih ikut olahraga otak, berpeluang dapat hadiah juga. Aku mau coba ah, udah lama nggak asah otak nih, takut tumpul

    BalasHapus
  34. Primagama jadi ingat zaman saya masih sekolah. Termasuk terbaik di zamannya, ya. Ternyata sekarang gabung sama Zenius. Saya pengen coba deh ikutan olahraga otak. Kali aja masih sanggup hehehe

    BalasHapus
  35. Ini ada papan peringkatnya juga ya. Keren nih bisa untuk memotivasi anak-anak sekolah juga. Kompetensi ala game ceritanya ini. Bagus ini untuk melatih anak mengerjakan soal

    BalasHapus
  36. Aku dah nyobain inj mayan juga bisa belajar ketepatan dan kecepatan buat raffi di zencore. Push rank

    BalasHapus
  37. Baruu tahu ada aplikasi.ZanCore untuk kegiatan emak-emak mengasah kemampuan otak. Betul seperti pisau kalau tidak diasah akan tumpul makanya dosen yang sudah profesor meski sudah sepuh tapi masih cerdas krn diasah selalu.

    BalasHapus
  38. Wah keren nih Pekan Olahraga Otak Zencore ini. Bisa melatih otak siapa pun untuk terampil ya. Tidak bikin bosan juga karena penyajiannya yang menarik. Mana ada tampilan leaderboard juga. Bikin siapa pun tertantang untuk ikutan nih. Kepengen deh anak bujangku ikutan 😄

    BalasHapus
  39. Aku udah nyoain nih mbak, yang bahasa inggris skor aku paling jelek. wuahaha. Tapi seru banget loh, harus mikir cepet, ambil keputusan cepet, semua serba cepet. Pas dapat skor sempurna, senengnya minta ampun

    BalasHapus
  40. Wah, ini beda ya..Ada pekan olahraga otak, salah satu cara untuk melatih otak melalui beberapa soal latihan. Tantangan banget ini ya

    BalasHapus
  41. AKu udah rutin mainin ZenCore selama 2 minggu terakhir. Mikir sih mikir karena makin naik levelnya makin susahhh. Tapi penasaran banget. Pengin tahu sampai sekuat mana otak Mamak jelang 40 tahun ini.

    BalasHapus
  42. Main ZenCore seru banget ya, Mbak. Lumayan nih, menunggu waktu berbuka sambil ngerjain soal-soal di ZenCore, siapa tahu beruntung dapat hadiahnya...

    BalasHapus
  43. ZenCore ini paket komplit. Tudak hanya untuk anak-anak, orang tua juga bisa sekaligus mengasah otak. Ada 8 soal tiap level, dengan waktu yang sudha disediakan. Pokoknya memacu adrenaline juga. Biar secepatnya menjawab pertanyaan yang benar dan dapat poin banyak.

    BalasHapus
  44. wuiih, mantap hadiahnya! tapi terlambat, wkwk. padahal lumayan penasaran juga utk ngtes otak. masih kyk masa sekolah nggak

    BalasHapus
  45. Betul dong saat waktu yang, di bulan Ramadan ini lebih baik gunakan dengan hal positif misalnya dengan belajar di Zencore buat mengasah otak kita juga ya... Manfaatnya pasti banyak selain mencegah gejala kepikunan hehehe

    BalasHapus
  46. wow mantap nih aplikasi ada tayangan video masing masing tema, mudah di mengerti. belajar juga jadi seru.

    BalasHapus
  47. Asik juga yaaa... nunggu azan Magrib sambil nge-game di ZenCore. Cobain ah. Pengen tahu segimana kemampuan otakku sekarang.

    BalasHapus
  48. Nyobain jawab soal2 di ZenCore ini nano-nano rasanya, bikin nervous alias gugup dan hasilnya malah kurang memuaskan. Memang benar ya mbak kita harus tenang ketika harus menjawab soal seperti itu. Keren banget Zenius ini bisa mengembangkan sistemnya dengan menciptakan ZenCore yang ditujukan untuk semua usia dengan berbagai bidang yang dikuasainya.

    BalasHapus
  49. Setuju, Mbak. Otak itu ibarat pisau ya, makin diasah makin tajam. Sebaliknya, jarang dipakai makin tumpul.
    Fitur ZenCore bisa banget bikin otak kita makin moncer, meski sudah gak sekolah lagi.

    BalasHapus
  50. ZenCore ini bisa digunakan siapa saja termasuk diriku yang kategori umum.

    Kalau lihat papan score aku langsung minder. Mereka jagoan adu otak semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah jadi penasaran nih, mau juga cek asah otak. Secara sudah lama nggak sekolah.

      Hapus
  51. Olahraga otak katanya bisa menghambat kepikunan juga ya, hihi jadi penasaran nih pengen coba aplikasi zencore biar otak makin tajam

    BalasHapus
  52. Teknik belajar yang asik dengan cara olahraga otak ini.
    Bahkan kita pun bisa turut serta, biar kesegaran otak tetap terjaga

    BalasHapus
  53. aku cobain main ZenCore, seru! bikin nagis, beneran bikin otak mikir deh, dan ini kan bagus ya buat melatih kinerja dan kecerdasan otak

    BalasHapus
  54. Serruuu!! pengen ikutan karena hadiahnya menggiurkan euy! Pengen wkwkwk. yuk ahh sambil asah otak siapa tahu bisa keluar jadi pemenang jagoan adu otak ya kann

    BalasHapus
  55. penting untuk senantiasa mengasah kecerdasan otak, supaya tidak cepat pikun yaa

    BalasHapus
  56. Setuju, otak emang harus dilatih biar nggak tumpul. Emang kerasa sih kalo nggak diasah jadinya berasa buntu banget. Apalagi kalau tentang pelajaran emang harus memaksa otak untuk terus mengingat biar nggak lupa atau otaknya tumpul 😰

    Seru ya kayaknya mengikuti pekan olahraga otak yang diadakan Zencore ini. Apalagi hadiahnya bikin mupeng sih.

    BalasHapus
  57. Aku suka jawabin soal matematika sihh, dari jaman sekolah juga sukanya mtk. Ini ada aplikasi yang keren, patut dicoba untuk semua kalangan ya :D

    BalasHapus