Jumat, 29 Juli 2022

Kenali Berbagai Penyebab Bos Kecil Rewel di Malam Hari

Menjadi orang tua baru memberikan banyak pengalaman berharga sekaligus berbagai macam rasa. Selain bahagia dan bersemangat, tidak jarang si Kecil juga menimbulkan kepanikan apalagi ketika bos kecil rewel di malam hari. Banyak mitos beredar saat bayi menangis lewat waktu petang, yang mungkin saja benar tapi bisa jadi salah mengingat ada cukup banyak hal logis yang bisa menyebabkan bayi merasa bad mood dan akhirnya menangis. Nah, di bawah ini adalah sejumlah penyebab si Kecil rewel di malam hari dan juga cara menenangkannya. Jangan panik dulu ya, Moms. Pada sebagian besar kondisi, tangisan bayi ini masuk dalam kategori wajar, kok.

Penyebab Bos Kecil Rewel di Malam Hari



Malam hari seharusnya menjadi waktu yang tepat untuk beristirahat dengan tenang, baik bagi buah hati maupun orang tua. Namun, ada kalanya pekatnya malam justru menjadi momen saat si Kecil rewel dan menangis kencang yang tidak jarang bikin orang tua panik. Kepanikan ini seringkali membuat Moms jadi tidak bisa berpikir jernih dan berprasangka yang aneh-aneh. Padahal, bisa jadi bos kecil kesayangan rewel karena sebab-sebab berikut:


1. Lelah [1,2,3]

Siapa bilang hanya orang dewasa saja yang bisa merasa lelah? Bayi kecilpun bisa lho, merasakan hal yang sama. Ketika dia lebih lelah dari hari-hari biasa, biasanya bayi justru kesulitan tidur di malam hari sehingga cenderung gampang rewel. Saat si Kecil menangis malam hari, coba ingat-ingat apa saja yang dia lakukan seharian. Jika memang dalam sehari bayi memiliki kegiatan yang berbeda dari biasanya, misalnya bepergian atau bertemu dengan banyak orang, kemungkinan besar dia sedang capek yang berakhir pada situasi mood yang tidak bagus. Alhasil, dia susah tidur dan menangis.

2. Lingkungan yang bising [1,2]

Bayi biasanya memiliki jam tidur yang sama setiap harinya, apalagi malam hari. Ketika jam  tidur menjelang, dan suasana di sekitarnya sedang bising karena ada tamu misalnya, tentu saja dia akan merasa terganggu sehingga rewel dan menangis. Meskipun tidak semua bayi anti dengan suasana bising, ketika sudah mengantuk dia membutuhkan lingkungan yang tenang sehingga wajar jika buah hati jadi kesal dan rewel di tengah hiruk pikuk tersebut.

3. Lapar [1,2,3]

Sama seperti orang dewasa yang uring-uringan ketika lapar, bayipun dapat merasa demikian. Apalagi di malam hari ketika dia seharusnya sudah tidur dengan pulas di ranjangnya yang nyaman, rasa lapar yang datang tentu bikin bayi terganggu yang berakhir pada rewel dan tangisan melengking. Bayi yang sedang lapar dapat dikenali dengan mudah melalui gerak-geriknya seperti mengisap jempol atau ingin menggigit jari ibunya yang diletakkan di pipi.

4. Popok yang minta diganti [1,2,3]

Bayi memiliki kulit yang sangat lembut dan sensitif sehingga mudah merasa tidak nyaman, misalnya saat popoknya sudah penuh. Selain merasa risih, popok yang penuh juga akan terasa lembab serta dingin yang membuat si Kecil rewel pertanda minta popoknya diganti. Jangan mengabaikan tangisannya karena sebab ini mengingat kontak teerlalu lama dengan popok kotor dapat mengakibatkan ruam.

5. Ruam popok [3]

Jika semua pemicu di atas sudah dicek namun bayi tetap saja rewel, bukan tidak mungkin itu pertanda bahwa dia merasakan sakit. Salah satu penyebab sakit atau nyeri pada bayi adalah iritasi kulit alias ruam popok yang ditandai dengan kulit kemerahan hingga lecet sehingga pasti terasa perih ketika bergesekan dengan popok atau berkontak dengan popok yang basah.

Mengatasi Bos Kecil yang Rewel [1,2,3]



Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, kini Moms tidak perlu merasa kalut lagi saat bos kecil rewel di malam hari. Dengan mengetahui penyebabnya, menemukan cara mengatasinya juga menjadi lebih mudah.

Jika si Kecil rewel karena lelah dan tempat yang bising, cara yang bisa dilakukan untuk menenangkannya adalah membawa buah hati ke tempat yang lebih tenang, dengan penerangan remang. Lingkungan seperti ini kondusif untuk membuat bayi rileks dan dapat beristirahat. 




Menggendong dan bersenandung dapat membuatnya lebih santai sehingga mudah tertidur. Beda lagi jika buah hati rewel karena lapar, pastikan Moms segera menyusuinya baik dengan direct breastfeeding atau memberikan ASIP. Namun, hati-hati. Kadang bayi terlalu bersemangat untuk menikmati susunya sehingga rawan mengalami tersedak.

Dan yang terakhir, kalau si bos kecil tiba-tiba menjadi rewel akibat masalah popok, yang bisa dilakukan adalah menjaga kebersihan dirinya dengan lebih baik. Gantilah popok secara berkala meskipun saat malam supaya kulit buah hati selalu kering. Apalagi jika ternyata dia mengalami ruam, popok basah akan membuat iritasinya perih. 

Kabar baiknya adalah Moms bisa meringankan gejala ruam popoknya dengan mengoleskan salep ruam seperti Bepanthen. Bepanthen adalah salep ruam popok yang baik dan efektif untuk meredakan gejala ruam seperti kemerahan, kulit kering dan juga lecet. Dengan kandungan dekspanthenol dan lanolin, Bepanthen aman digunakan secara teratur setiap hari hingga ruam tidak nampak lagi



1. Soothing Crying Baby, January 10, 2019. Diakses pada 06 Juli 2022 dari

https://www.nhs.uk/conditions/baby/caring-for-a-newborn/soothing-a-crying-

baby/#:~:text=If%20your%20baby's%20crying%20constantly,your%20health%20visitor%20o

r%20GP [January 10, 2019]

2. Hansa D. Bhargava, MD, Diaper Rash Treatments, July 29, 2020. Diakses pada 06 Juli 2022

dari https://www.webmd.com/parenting/diaper-rash-treatment

3. Stephen Jerome Parker, MD, Diaper Rash Treatments, July 29, 2020. Diakses pada 06 Juli

2022 dari https://www.webmd.com/parenting/diaper-rash-treatment





14 komentar:

  1. Benar sekali, Mbak. Dulu itu kalau bayi nangis malam-malam, katanya lagi diganggu makhlus halus hehehe. Tapi percaya tidak percaya, karena katanya bayi itu memang masih suci. Tapi pastinya, seiring waktu, mitos itu agak tergeserkan dengan ilmu pengatahuan. Jadi saat bayi rewel di malam hari, cek dulu apa penyebabnya. Termasuk siapa tahu bayi mengalami ruam.

    BalasHapus
  2. Penyebab² di atas itu pernah daku dilihat waktu ponakan daku masih bayi. Jadinya memang sebagai orangtua kudu gercep dan paham mengenalinya ya

    BalasHapus
  3. Nah pas banget ini saya sedang mengalaminya sepekan lalu
    Cuma baru kenal dengan Bepanthen jadi belum kenalan dengan bayiku
    Next kalau ada masalah ruam lagi langsung purchase ini

    BalasHapus
  4. Beberapa waktu lalu, saat bibiku baru saja lahiran dan harus menginap lebih lama di rumah sakit. Bayinya dititipkan di rumahku. Alasan bayi itu rewel emang nggak jauh-jauh dari alasan yang tersebut di atas. Lapar, pokoknya minta diganti dan lain-lain. Dan sebenarnya penanganannya ya semudah itu juga cuma kadang orang dewasa kurang peka saja. Iya nggak sih? Hehehe

    BalasHapus
  5. Biasanya kalau anak anak ini yang paling sering adalah masalah ruam popok ya kak. beneran harus cepat tanggap kalau anak sudah penuh pipisnya dipopok supaya tidurnya tetep nyaman

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah sudah mengalami fase itu semuaa, sekarang sudah usia 10 dan 12th.Dulu kalau kebangun malam2 langsung kasih Asi sambil.tiduran bablas tidur lagi.

    Jadi terkenang anak2 masa bayi balita ga pernah rewel meskipun sakit tiduran di kasur, kuqt di Asi aja sampai emaknya maem dkk sambil tiduran. Tidak minta gendong juga Masya Allah tabarakallah anak2 emang beda ya maak pembawaannya

    BalasHapus
  7. Kalau pengalamanku, bayi rewel malam hari itu klo ga laper, ya gerah atau popoknya penuh
    Pertama cek popok, klo aman, cek suhu kamar, jalan ninjanya yaaa susuin deh

    BalasHapus
  8. Bos kecil ku pernah rewel gatal di selangkangan nya ternyata ruam akibat popok. Pernah juga iritasi. Alhamdulillah ada bepanthen

    BalasHapus
  9. wah kalau si bos kecil rewel biasanya kita udah panik. apalagi pas jam kita harus istirahat ya, cuma emang langkah-langkah untuk kita tahu kendala si bos kecil ini memang berbeda. menarik juga tuh mbak produk yang direkomendasiin.

    BalasHapus
  10. Hihi...bos kecil yaa..
    Soalnya apa-apa butuhnya kudu cepet dituruti. Memang kalau punya anak ini kudu banyak menahan diri, seperti menahan aktivitas yang gak penting agar lebih sering dirumahaja sampai mengenali tangisan bayi ketika ia merasa tidak nyaman dan ternyata penyebab utamanya adalah ruam

    Sungguh sedih yaa.. Kalau sudah ruam tuh kulit lembutnya jadi memerah dan yang lebih parah kalau sampai mengelupas gitu.. Alhamdulillah ada Bepanthen yang mampu atasi ruam popok dengan gercep.

    BalasHapus
  11. Ah iya, repot banget kalau bos kecil rewel di malam hari ya mbak
    Apalagi kalau itu karena ruam popok
    Makanya butuh banget krim untuk atasi ruam popok seperti ini

    BalasHapus
  12. kalau masih baby emang ada banyaak banget alasan rewel malam2 yaa.. bunda biasanya bisa tau dari terbiasa atau ya mengandalkan instinc ahhaha yang penting sedia aja berbagai keperluan untuk menangani rewelnya

    BalasHapus
  13. Krim yang selalu kutemukan di kotak bayi mbak iparku mbk. Memang seampuh itu buat ngatasi ruam akibat popok. Jadi paham setelah baca artikel mbak

    BalasHapus
  14. Iya bener banget, pengalaman waktu anakku dulu kalau kurang bersih kayak popok penuh, dia pasti rewel..

    BalasHapus