Senin, 01 Agustus 2016

Pesona Keindahan Waduk Jati Luhur

Beberapa waktu yang lalu kami dan keluarga besar diajak jalan-jalan om dan tanteku  ke Waduk Jatiluhur. Kebetulan kami belum pernah main ke Jatiluhur. Jadi ajakan om kami sambut dengan suka cita. Waduk Jatiluhur terletak di kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa barat. Perjalanan ditempuh kira-kira 2 jam dari Jakarta.

Waduk  Jatiluhur adalah waduk  terbesar di Indonesia. Waduk  itu dinamakan Bendungan H.Ir.Juanda  oleh pemerintah . Luas Waduk Jatiluhur  8.300 ha dengan panorama sekeliling yang begitu indah. Waduk atau bendungan  ini mulai dibangun sejak tahun 1957 oleh kontraktor asal Perancis, dengan potensi air yang tersedia sebesar 12,9 miliar m3 / tahun dan merupakan waduk serbaguna pertama di Indonesia.

Jatiluhur Convention and Resort Hotel

Kami tiba sore hari di kawasan Grama Tirta Jatiluhur. Biaya masuk kawasan ini adalah sepuluh ribu rupiah dan  lima belas ribu rupiah untuk mobil. Karena sudah sore kami istirahat di hotel setelah melakukan perjalanan yang lumayan macet dari jakarta. Oya kami menginap di Jatiluhur Convention and Resort Hotel di kawasan Bendungan Jatiluhur. Enak sih tinggal nginep karena om dan tante sudah pesan Suite Room  buat kami. Makasih banyak yaa om...

Pagi harinya kami berolah raga jalan pagi ke Bendungan. Jaraknya lumayan dekat dari hotel. Tinggal turun dan jalan sedikit kita sudah sampai ke waduk. Subhanallah ...pemandangan di sekeliling waduk indah sekali. Tampak danau yang dikelilingi gunung, bukit  dan lembah hijau yang begitu mempesona. Tak henti mulut ini mengucap Subhanallah.

Bendungan Ir..H.Djuanda

Hijau banget

jembatan

Lembah hijau yang mempesona

Di dalam Waduk Jatiluhur, terpasang 6 unit turbin dengan daya terpasang 187 MW dengan produksi tenaga listrik rata-rata 1.000 juta kwh setiap tahun, dikelola oleh Perum Jasa Tirta II. Selain berfungsi sebagai PLTA dan tempat wisata, Waduk Jatiluhur juga memiliki fungsi penyediaan air irigasi untuk 242.000 ha sawah (dua kali tanam setahun), air baku air minum, budi daya perikanan dan pengendali banjir .

PLTA Jatiluhur

Jalan-jalan pagi di Waduk Jatiluhur ini cukup mengasyikkan. Udaranya masih segar dan pemandangan alam di sekitarnya yang indah membuat acara jalan-jalan tidak terlalu capek. Karena kami datang berombongan kami boleh memasuki dan melihat area turbin bendungan dari dekat. Waah takjub sekali bisa melihat dari dekat.

turbin

melihat turbin dari dekat

Puas berkeliling jalan kaki, acara selanjutnya adalah berkeliling Bendungan Jatiluhur menggunakan boat. Sebelumnya kami berganti baju terlebih dahulu karena kaos yang dipakai untuk jalan-jalan pagi sudah basah oleh keringat. Waah sepertinya seru banget ya berkeliling bendungan dengan luas ribuan hektar ini menggunakan boat. Biaya naik boat ini 10 ribu rupiah per orang.

Seru banget bisa menikmati pemandangan waduk yang indah dikelilingi bukit-bukit dan gunung menggunakan boat. Saat kita berkeliling tampak beberapa keramba ikan milik penduduk. Waduk Jatiluhur memang dimanfaatkan untuk budidaya ikan dengan sistem keramba.

Keramba ikan

Ada juga restoran terapung jika kita ingin bersantap siang di sini. Pengunjung bisa memancing ikan sendiri dan diolah oleh pegawai restoran untuk disantap.  Namun karena waktu yang terbatas kami tidak makan siang di sini. Kami hanya berkeliling waduk saja. Hampir satu jam kami mengelilingi waduk yang luas ini.

Restoran apung

Indonesia memang indah. Kaya dengan pesona alamnya. Gunung, lembah, pantai bahkan waduk berupa danau pun begitu indah. Indahnya alam Indonesiaku. Main yuk ke Waduk Jatiluhur.. Sambil bermain dan refreshing kita bisa sambil belajar tentang banyak hal sembari mengagumi keindahan alam ciptaanNya.

39 komentar:

1. Wah menarik sekali bisa liburan ke sana. Mungkin suasana penginapannya bisa dieksplorasi lbh jauh, termasuk harganya.

Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung Mas Didik. Nanti khusus hotelnya saya bahas khusus di satu postingan yaa...

Hapus
    2. Gimana mbak? saya juga nunggu update-an yang bahas hotelnnya ya...

2. dulu lagi masih sekolah sudah pernah kemari

Balasan
    1. Waah...Mamah Tira malah sudah pernah berkunjung ke sini ya sejak lama. Saya malah baru beberapa waktu yang lalu...

3. Balasan
    1. Iya Mbak Rahmi. Serasa di luar negeri yaa...cakeeeep banget.

4. Udah lama gak naik pesawat :D pengen ngeliat waduk lagi. Dulu waktu kecil juga aku sering main di waduk di karanganyar.

Balasan
    1. Ikutan lombanya lagi yuk Mbak Leyla Hana. Ssst..siapa tau dapat tiket pesawat. Waah rumah Mbak Leyla dekat sama Waduk Karanganyar ya?

Hapus
  5. wuih.., liputan dan foto-fotonya sukses mengundang deh...
    Semoga sukses dengan lombanya ya. Bumil yang satu ini aktif banget (eh enggak salah khan?, Maaf kalau salah soal lagi hamil ini. )

Balasan
    1. Terima kasih Mbak Rebelina ...Ikutan lombanya yuuk....Hihi..yup bener Mbak. LAgi dikasih amanah hamil lagi anak ketiga nih.

Hapus
  6. waah, serunya traveling bareng anak-anak, saya pernah ke waduk JAtiluhur tapi dulu waktu belum punya anak

Balasan
    1. Yuuk main ke Jatiluhur lagi Mbak Rani.Bawa anak-anak.Pasti seruuu...

Hapus
  7. Lebqran kmrn kami jg jalan2 ke wadul mba..waduk dharma di daerah kuningan jawa barat.
    Pas pulang mudil kan lewat bandung krn mampir ke rmh kakak.pas macet di purbaleunyi ayahnya terbersit ide mau keluar tol dan mampir di waduk jati luruh...
    Tp batal...klobga prepare...tp mmg kami niat mau ke sana kapan2...
    Kece yaa pemandangannya

Balasan
    1. Waaah lebaran jalan-jalan ke Waduk Kuningan ya.Saya malah belum pernah..Kapan-kapan ke Jatiluhur mbak Ophie.Tapi prepare dulu.Ada waterparknya juga kok.Jadi siapin baju renang anak-anak yaa..

Hapus
  8. Dari dulu sdh sering mendengar ttg keindahan waduk jatiluhur ini. Tp belum pernah kesana😊

BalasHapus
  9. Main ke sana yuuk Mbak Rita .Asyiiik lhoo...

10. Memoriku dulu pas pacaran ke waduk jatiluhur hahaha...jadi kangen ah mau ke sana lagi

Balasan
    1. Cieeee....cie...ternyata Mbak Arin dulu pacarannya ke Waduk Jatiluhur.Ke sana lagi yuk ajak Asa dan Cinta...

Hapus
  11. Iya ..Indonesia memang indah. Saya juga ingin pergi ke Tanah Minang. Sayang sampai sekarang belum kesampaian..

BalasHapus
  12. mantap emang, pengen main juga kesana suatu saat :)

1. YUuk..main ke Jattiluhur...Semoga suatu saat bisa main ke sana yaa

2. YUuk..main ke Jattiluhur...Semoga suatu saat bisa main ke sana yaa

13. keren beuuh, cocok nih buat tempat ngumpul keluarga sambil makan makan. seger kayanya. kalau berenang Eh tapi disana bisa berenang juga ga bun?

BalasHapus
  14. keren mbak tulisannya..

tapi sebenarnya waduk ini bukan yang terbesar di indonesia...
    masih ada waduk Riam Kanan juga waduk gajah mungkur yang lebih luas dari waduk ini

BalasHapus
  15. artikelnya bagus ceritanya juga bagus, seeplah pokoknya :-)

16. udah pernah main kesini. jadi bacanya seakan nostalgia kala itu *curcol

17. wow, keren bangett... kebetulan mau kesana.. thankss ya infonyaaa.

BalasHapus
  18. Waktu masih sekolah, salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Udah lama banget saya gak ke sana :D

19. Udah lama gak kesono, terakhir sekitar 5 tahunan lalu _

padahal saya orang Purwakarta tulen. hehee
    #kotaPatung. wkwkwk

BalasHapus
  20. Hanya bisa mendengar cerita manis tentang waduk ini.
    belum pernah kesana soalnya :D

21. Bagus juga waduknya. Kapan2 bisa jadi tujuan liburan nih

22. waktu sd ingat ada tur kesana tapi aku gag ikutan :(

23. Akhirnya ketemu juga..Wah..tak salah pilih tempat liburan..keren dan cantik..Makasih kak infonya..

24. keren, cocok nih buat tempat ngumpul keluarga sambil makan makan. seger kayanya. kalau berenang Eh tapi disana bisa berenang juga ga bun?

BalasHapus
  25. Ketemu juga yang dicari..buat daftar tuk liburan berikutnya..thank's kak infonya..