Menumbuhkan Rasa Empati Anak Melalui Bebelac Family Date

Hari Jumat tanggal 16 Agustus 2019 kemarin saya bersama beberapa emak bloger di komunitas Kumpulan Emak-Emak Bloger berkesempatan menghadiri Bebelac Family Date yang dilaksanakan di Kantorkuu Coworking Space  Kuningan. Acara ini diselenggarakan oleh Bebelac. 

Sebagai produsen susu, Bebelac ingin mendukung ibu dengan memberikan nutrisi dan stimulasi tepat si kecil agar ia tumbuh jadi anak hebat dengan kemampuan berpikir dan kebesaran hati. Melalui acara Bebelac Family Date ini Bebelac bersama Rumah Dandelion berbagi tips mengenai cara menstimulasi cara berpikir dan kebesaran hati si kecil.

Acara dimulai jam 9 pagi. Berhubung aku rumahnya jauh, berangkat pagi-pagi sekalian takut terlambat. Namun ternyata sampai sana kepagian. Jam 8 sudah sampai di tempat. Kirain belum ada tim Bebelac, ternyata timnya sudah lengkap. Jadi aku registrasi dulu deh. Urutan no 3 datang kepagian. Hihihi..

Registrasi dulu 



Jam 9 an sambil menunggu beberapa mama yang belum datang, acara dimulai. Kami coffee break dulu sambil foto-fotoan buat peserta yang belum sempat foto. Setelah itu acara dimulai dengan MC yang energik dan komunikatif. Agar anak-anak semangat beraktifitas, anak-anak minum susu dulu rame-rame di panggung sebelum acara dimulai.

Selanjutnya mama-mama mendengarkan materi dan anak-anak bermain ditemani tante-tante dari Rumah Dandelion. Ada banyak aktifitas si kecil saat mama-mama mendengarkan materi. Dari menempel kertas berbentuk mobil-mobilan, mewarnai kelinci sampai bermain pasir. Anak-anak suka banget. Firdan tampak menikmati aktifitasnya bersama Rumah Dandelion.

Anak-anak dengan Rumah Dandelion saat mama mendengarkan materi


Materi yang disampaikan oleh Ibu Deska Hapsari Nugrahaini. Ibu Deska menjelaskan tentang pentingnya empati dan kebesaran hati buat anak-anak. Di sekitar kita terkadang kita jumpai orang yang cerdas dan pintar namun tidak peka dan tidak tanggap terhadap lingkungan sekitar. Atau nebelin, menjengkelkan dan tidak cerdas secara emosional. Hal ini tentu saja sangat disayangkan. Harusnya orang yang cerdas berpikir juga harus mempunyai kebesaran hati.

Ibu Deska Hapsari Nugrahaini


Menurut ibu Deska nutrisi berperan penting untuk mendukung daya pikir dan kebesaran hati si kecil.  Nutrisi berperan penting untuk mendukung daya pikir dan kebesaran hati si kecil. Selain nutrisi seimbang diperlukan juga nutrisi spesifik. Selanjutnya beliau menerangkan bahwa makanan si kecil harus mengandung nutrisi yang seimbang. Dalam satu piring harus ada karbohidrat, protein, sayur dan buah. Nutrisi spesifik yaitu AA dan DHA yang ada di dalam susu.

Selanjutnya Mbak Binky psikolog dari Rumah Dandelion menjelaskan tentang hubungan antara IQ dan EQ. Apakah kecerdasan emosional bisa  mempengaruhi kecerdasan berpikir anak? Menurut Mbak Binky anak yang cerdas secara emosional mampu melakukan proses  berpikir dan penyelesaian masalah yang lebih baik.

Menurut beliau setiap anak terlahir dengan akal dan hati. Jika kita memberikan ruang bagi si kecil untuk membangun rasa pedulinya, ia akan tumbuh jadi anak hebat dimana kemampuan berpikirnya akan berkembang bersama kebesaran hatinya. Anak yang cerdas secara emosi akan berpikir jika ada orang yang jatuh misalnya. Dia akan berpikir jika dia berada di posisi anak yang jatuh. Dengan begitu dia akan berpikir apa yang harus dilakukannya jika melihat anak yang jatuh. Apakah harus menolongnya atau dibiarkan saja.


Mbak Binky

Selanjutnya Rumah Dandelion dengan salah satu pendongengnya membacakan cerita untuk anak-anak. Waaah anak-anak antusias sekali mendengarkan tante yang bercerita di depan. Ceritanya tentang seorang chef yang kerepotan membuat donut. Anak-anak membantu merapikan perabotan dapur yang berantakan sampai menyapu dan mengepel tumpahan coklat dan membantu menghias donut. Melalui cerita tersebut diharapkan anak anak tumbuh empati dan muncul keinginan untuk menolong sesama.

Cerita salah satu stimulasi menumbuhkan empati


Itu adalah salah satu stimulasi untuk membangkitkan rasa empati. Akhirnya anak-anak disuruh praktek beneran. Salah satu tante pura-pura kerepotan membawa sendok dan terjatuh. Tanpa diminta anak anak pun ikut membereskan.  Pun lantai yang kotor dan perabotan yang berantakan. Anak anak ikut membantu membersihkan dan merapikan.



Bantu bantu sapu

Bantuin bere-beres

Selanjutnya anak-anak membantu menghias donut. Wiiiy anak-anak suka banget dan tampak sangat menikmatinya. Selanjutnya donut yang sudah jadi dimasukkan ke kotak dan diserahkan ke ibu.

Jujur kemarin aku dan Firdan sangat menikmati acara Bebelac Family Date. Banyak kegiatan positif yang kami dapatkan. Firdan pun jadi terasa rasa tempatnya melalui stimulasi selama acara di sana.

Terima kasih buat komunitas Emak-Emak Bloger yang memberi kesempatan untuk berpartisipasi di acara keren kemarin.




Komentar

  1. Menunggu banget ini bebelac family date datang ke medan. Soalnya aku gemar bawa anak begini sambil edukasi baik untuk ibu maupun anak.

    BalasHapus
  2. Event kayak gini bagus ya mbak. Mengedukasi para orang tua juga. Semoga event ini mampir di Jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Jogja jadi kota berikutnya ya Mbak Hairul

      Hapus
  3. Seru banget ya bun acaranya. Sekalian mengajarkan orang tua nya untuk mencontohkan di rumah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya acaranya seruu banget . Mengajarkan anak berempati melalui permainan

      Hapus
  4. waaah senangnyaaa anak2 langsung pada tanggap mau bantuin yaaa.. ini stimulasi yg baik untuk melatih kecerdasan anak. eh minggu lalu ada bebeland di surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooh sudah ada di Surabaya ya . Asyiik kan acaranya

      Hapus
  5. Wah kalau kayak gini ini emang anak bakalan betah banget. apalagi bisa menghias donut juga ya. Andaikan aku bisa datang ke acara ini suatu saat nanti :)

    BalasHapus
  6. Setuju, anak harus diajarkan untuk berempati kepada seseorang

    BalasHapus
  7. Acaranya seru ya..

    Tak hanya kecerdasan anak yg perlu diasah, tetapi juga rasa empatinya

    Agar anak tumbuh menjadi individu yg memiliki kepekaan sosial ya

    BalasHapus
  8. Seru banget acara ini mbak, waduh kapan ya bisa datang acara Bebeland dan BebeFun seperti ini di Medan mbak.

    BalasHapus
  9. Selalu suka seseruan ala Bebeland dari Bebelac begini, Bunda hepi anak juga pasti. Banyak ilmu lagi!! Keren!

    BalasHapus
  10. Wah seru ketemu Mbak binky langsung, ortu jadi banyak dapat insight ttg ngajarin anak berempati yaaa, anak2 juga playdatenya asyik gak cuma main tanpa arti tapi secara gak langsung belajar ttg empati ya mbak. Tengkyu sharingnya :D

    BalasHapus
  11. Gemes banget lihat ekspresi anak-anak yang mendengarkan cerita. Terlihat menyimak dengan seksama.
    Bebelac ini sering banget bikin acara seru ya mbak, mupeng deh.

    BalasHapus
  12. Tempo harie aku juga ikut event ini mba tapi beda hari hehe dan salut banget, pinter banget mereka mengarrange kegiatan sedemikian rupa. Edukstif banget. Menstimulasi emosi, IQ, ajaj

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah ikutan juga ya Mbak. Iya pinter banget yang bikin acara ya..

      Hapus
  13. Manjur banget ya mbak, menumbuhkan empati anak terhadap sesama melalui cerita. Wah kapan ya ada keseruan event bebelac kayak gini di Salatiga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya di kota kota besar dulu ya Mbak. Semoga ada ya di semarang nantinya. Kan dekat dari Salatiga

      Hapus
  14. Kecerdasan emotional jauh lebih penting untuk dikembangkan dan dan distimulasi ya, anak boleh cerdas akal dan pikirannya tapi dia juga harus punya rasa empati ke sesama, jadi peer aku juga nih utk kasih stimulasi tepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cerdas tapi tidak berempati sayang banget ya Mbak. Anak cerdas dan berempati baru oke

      Hapus
  15. Seru banget aktivitas anaknya. Mereka jadi bisa praktek langsung ya.

    BalasHapus
  16. Ini udah ada belum yah event family date di Bandung? rasanya aku belum lihat pengen banget datang kalau ada di Bandung xixixi ga cuman anaknya yang happy karena ibunya juga dapat edukasi ya mab

    BalasHapus
  17. Bagus banget nih acaranya, edukasi buat ortu supya lebih baik saat mendampingi anak-anak tumbuh. Smeoga ada acara serupa juga di Jogja :)

    BalasHapus
  18. Kecerdasan emosional memang penting ya terutama untuk menumbuhkan empati anak. Soalnya zaman sekarang, banyak orang yang gak punya empati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia...jaman sekarang banyak yang gak berempati

      Hapus
  19. Tempo hari aku juga datang nih ke acara Family Bebelac Date yang diadakan oleh bebelac ini. Suka banget deh ama konsep acaranya. Interaktif dan menyenangkan ya mbak... Banyak pelajaran juga yang bisa diambil dan diterapkan oleh kita sebagai orangtua untuk menstimulasi anak-anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kece banget mbak penyelenggaranya yaa...anak anak jadi happy.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer