Senin, 14 September 2020

31 Tempat Wisata di Kabupaten Semarang Siap Menyambut Wisatawan di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Haii sobat fadevmother ketemu lagi ya sama aku yang udah lama banget nggak ngomongin jalan-jalan. Iya sih soalnya blog ini sekarang bukan blog khusus jalan-jalan lagi, tapi sudah berubah jadi blog lifestyle alias gado-gado. Biar kita kembali ke fitrah...ciee kita nulis  blog jalan-jalan lagi yuk. 


Kali ini temanya adalah berwisata di era adaptasi kebiasaan baru. Siapa di sini yang udah kangen jalan-jalan hayoo? ngacung yuuuuk. Sama sepertiku pasti teman-teman atau sebagian masyarakat kita udah kangen jalan-jalan. Apalagi selama hampir 6 bulan di rumah ini, kita menahan diri untuk tidak jalan-jalan. pasti penasaran dong teman-teman semua, emang jalan-jalan di era kebiasaan new normal gini aman? Pasti aman lah, apalagi kalau tempat wisatanya sudah menerapkan protokol kesehatan yang lengkap. 

Nah buat yang ingin berwisata ke kabupaten Semarang kini beberapa tempat di Kabupaten Semarang sudah menerapkan protokol kesehatan loh. Dan 31 tempat wisata sudah lolos ujicoba operasional era adaptasi kebiasaan baru. 

31 Tempat Wisata Yang Lolos Uji Operasional di Era Adaptasi Kebiasaan Baru : 

  1. Wisata Cemoro Sewu Kalirejo
  2. Desa Wisata Kalongan
  3. Curug Lawe Benowo Kalisidi (CLBK)
  4. Bantir Hills
  5. Sumowono Bamboo Garden
  6. Saloka Theme Park
  7. Tlogo Resort Goa Rong View
  8. Taman Kelinci
  9. Kampoeng Banyumili
  10. Dusun Semilir
  11. Kampoeng Kopi Banaran
  12. Hortimart Agro Center
  13. Eling Bening
  14. Cimory on the Valley
  15. Watu Gajah Park
  16. Kopeng Treetop Adventure
  17. Taman Wisata Kopeng
  18. Agrowisata Gunungsari Kopeng
  19. Pendakian Telomoyo BC Arsal
  20. Pendakian Telomoyo BC Watu Tumpeng
  21. Museum Kereta Api Ambarawa
  22. Kampung Rawa Ambarawa
  23. Umbul Sidomukti
  24. Celosia Happy n Fun Gedongsongo
  25. Taman Wisata New Bandungan Indah
  26. Sunrise Hill Gedongsongo
  27. Wisata Alam Perantunan
  28. Bukit Cinta Rawa Pening
  29. Gumuk Reco Sepakung
  30. Candi Gedong Songo
  31. Agrowisata Air Danuwo


Seperti kita ketahui untuk mengembalikan geliat ekonomi di sektor pariwisata Kementrian Pariwisata dan Ekonomi kreatif melaksanakan program BISA di beberapa tempat wisata termasuk tempat wisata di Kabupaten Semarang. Gerakan BISA merupakan gerakan bersih-bersih tempat pariwisata.
Gerakan BISA upaya persiapan menuju new normal di bidang pariwisata agar masyarakat dapat berwisata bersih dan aman terhindar dari Covid-19. 

Jadi buat teman-teman nggak usah khawatir ya jika ingin berwisata di Kabupaten Semarang.  Selain protokol kesehatan yang ketat Kabupaten Semarang dimulai dari Goa Kreo untuk pertama kalinya di bulan Juli telah melakukan program BISA dari kemenparekraf. 

Masih  penasaran apakah kita aman berwisata di Kabupaten Semarang ? Yuk kita bahas beberapa tempat.

1. Museum Kereta Api Ambarawa

Di masa new normal ini, jam operasional Museum Ambarawa juga sudah disesuaikan mengikuti protokol adaptasi kebiasaan baru, yaitu pukul 09:00-15:00 WIB di mana sebelumnya beroperasi pukul 08.00 WIB-17.00 WIB. Jumlah pengunjung juga dibatasi yaitu hanya  50 persen dari kapasitas normal.. 

Selain pengecekan suhu buat pengunjung yang datang , juga disediakan 8 tempat cuci tangan yang baru untuk pengunjung. Jadi dipastikan bersih dan aman. Selain itu, area masuk ke Museum KA Ambarawa saat ini telah menggunakan sistem Electronic gate/e-gate dengan scan barcode/QR code yang tertera pada tiket masuk saat pengunjung mau masuk ke museum. 

Selain petugas yang dibekali dengan protokol kesehatan, untuk mengurangi penumpukan wisatawan, kereta wisata juga hanya berpenumpang 20 orang, padahal normalnya 40 orang. 


Sumber : Pesona Kabupaten Smarang



Sumber : Pesona Kabupaten Semarang

2.  Umbul Sido Mukti

Buat sobat traveler tentu sudah tidak asing dengan Umbul Sido Mukti. Umbul Sido Multi adalah tempat wisata alam yang terletak di lereng Gunung Ungaran, Semarang. Destinasi wisata di kawasan Bandungan ini memiliki hawa yang dingin dan udara yang segar. 

Kompleks area wisata alam ini memiliki luas sekitar 32 hektar dan berada pada ketinggian 1.200 mdpl. Beberapa tahun yang lalu aku dan keluarga pernah mengunjunginya. Umbul berarti pemandian atau . Umbul Sidomukti ini mempunyai kolam renang alam.Kolam renang ini bertingkat-tingkat jika kita lihat dari atas. Selain itu masih satu area dengan Umbul Sidomukti kita bisa ke Pondok Kopi. Di sana kita bisa melihat pemandangan pegunungan yang mempesona sekaligus menikmati kopi, makanan ringan dan berbagai macam makanan di atas  ketinggian.


dok.pri (2015)



dok.pri (2015)


Di era kebiasaan baru ini Umbul sidomukti memberlakukan protokol kesehatan buat pengunjung yang datang seperti pengecekan suhu tubuh, pengunjung wajib memakai masker, pembatasan jumlah pengunjung, pengunjung tidak boleh bergerombol, tempat cuci tangan dan hand sanitizer di beberapa tempat, pembayaran non tunai dan pelarangan penggunaan kolam renang kecuali untuk foto saja. Selain itu di beberapa wahana permainan juga dilakukan penyemprotan desinfektan terhadap alat-alat safety yang digunakan.










3. Eling Bening



Eling Bening terletak di Tambakboyo Ambarawa. Masih masuk daerah Kabupaten Semarang.Dari terminal Bawen ambil lurus saja ke arah Ambarawa. Setelah lampu merah traffic, tak jauh dari sana, ada Jalan Kartini di sebelah kiri jalan. Sampai ke Jalan Kartini, di sebelah kiri jalan tidak terlalu jauh, lokasi Eling Bening berada di sana.


Buat yang hobi posting di instagram, Eling Bening ini adalah tempat yang wajib dikunjungi. Banyak spot cantik di sana yang keren buat foto-fotoan.Udara yang sejuk, pemandangan yang indah, playground, kolam renang dan cafe adalah daya tarik dari Eling Bening. Dari Eling Bening tampak Rawa Pening di kejauhan.  Yang menarik,  di sini disediakan beberapa kursi buat duduk-duduk dan menikmati pemandangan indah. Kursinya pun warna-warni. Instgramable deh pokoknya. 

dok.pri

Di era adaptasi kebiasaan baru Eling Bening telah siap menyambut pengunjung. Tentu saja dngan protokol kesehatan yang ketat. Di pintu masuk suhu tubuh di cek oleh petugas. Pengunjung juga diwajibkan memakai masker. Seluruh tempat termasuk meja restoran  dilap dengan desinfektan. Selain itu sebelum masuk restoran pengunjung dicek kembali suhunya dan diberikan hand sanitizer.






Untuk menjaga keamanan, di restoran tempat duduknya diberikan jarak. Demikian pula untuk pembayaran secara tunai telah melalui protokol kesehatan yang berlaku. Untuk kolam renang belum bisa dipakai ya teman-teman. Nah kapan nih teman-teman mau berkunjung dan menikmati keindahan Eling Bening?  


4. Kampoeng kopi Banaran


Kampoeng kopi Banaran yang terletak di jalan Raya Semarang Solo km 35 ini adalah salah satu tempat wisata di kabupaten Semarang yang telah menerapkan protokol kesehatan. Bagi pengunjung dan pegawai harus di cek suhu. Karyawan yang berinteraksi dengan pengunjung juga memakai sarung tangan, face shield dan masker. Seluruh area juga disemprot dengan desinfektan sehingga aman buat pengunjung. Bahkan untuk meminimalisir kontak karyawan dengan pengunjung pembayaran menggunakan scan QR code.




5. Taman Bunga Celosia

Sejak dibuka kembali di Bulan Juli 2020 di era adaptasi kebiasaan baru, Taman Bunga Celosia menerapkan protokol kesehatan yang lengkap. Pengukuran suhu di pintu masuk, penyemprotan desinfectan otomatis, pengunjung cuci tangan harus cuci tangan dan jaga jarak sebelum masuk. Selain itu pengunjung yang datang harus memakai masker. Jika tidak maka petugas siap mengingatkan. Selain tempat makan yang dilap desinfektan, tempat-tempat wisatanya pun disemprot desinfektan secara berkala. Jadi aman buat pengunjung yang akan berwisata. Jadi kapan teman-teman menikmati keindahan bunga ke Taman Bunga Celosia?





Keberhasilan keamanan pariwisata di era adaptasi kebiasaan baru ini tentu saja bukan hanya tanggung jawab pelaksana tempat wisata. Jika pengelola tempat wisata sudah melakukan protokol  kesehatan yang ketat, namun kita sendiri sebagai pelaku wisata abai, tentu saja hal tersebut berbahaya.

Berikut tips agar kita tetap aman dan nyaman berwisata di era kebiasaan baru.


Buat yang ingin info lebih lanjut tentang beberapa tempat wisata di Semarang bisa kepoin media sosialnya.




Daftar Pustaka :
https://jateng.tribunnews.com
http:// www.kabsemarang.tourism.com
IG : @kampoeng_kopi_banaran
IG : @umbul.sidomukti
IG : @eling_bening
Youtube : Dinas pariwisata Kabupaten Semarang



73 komentar:

  1. Melipir ke luar kota Semarang banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi ya di Kabupaten Semarang. Beberapa tempat sudah aku kunjungi

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku cari lagi dari list mbak NUnung ah kalau mudik ke Semarang mau berkunjung ke situ nanti

      Hapus
  2. Bali kembali nih di perketat lokasi wisata, kanrena meningkatnya pasien, semoga segera berlalu nih wabah agar bisa berwisata lagi. Keren keren destinasi wisata di Semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga pandemi segera berlalu ya biar bisa bebas berwisata lagi

      Hapus
  3. Pengen iiih jelajah Kabupaten Semarang. Terakhir sebelum pandemi baru ke Museum KA Ambarawa dan Kampung Rawa. Protokol kesehatannya bagus ya...Semoga tetap aman ya berwisatanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya protokol kesehatan di tempat wisata di Kabupaten semarang bagus -bagus mbak. Jadi kita merasa aman berwisata

      Hapus
  4. Huaaa cantiknya kota semarang. Dewi jadi ingin balik lagi ke sana. Langsung catat deh tempat wisata rekomendasinya😍 Tentu kita pakai protokol kesehatan untuk berkunjung di era kebiasaan baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siaaaap..monggo dicatat Mbak Dewi. Semoga bermanfaat ya infonya

      Hapus
  5. Lokasi lokasi wisata yang ada di semarang sekarang sudah mulai di buka untuk umum namun tetap di utamakan protkol kesehatan agar bisa memasuki suatu kawasan wisata di semarang, saya mau ke wisata alam perantunan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga belum pernah nih ke wisata Perantunan. Semoga someday bisa ke sana

      Hapus
  6. Kangennnnn jalan-jalan ke Semarang. Tapi jujur, saya belum siap membawa keluarga jalan-jalan ke luar kota. Padahal penasaran dengan tempat-tempat wisata di Kab Semarang ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuk mbak main ke Semarang. Kalau protokol kesehatannya oke sih sebenarnya nggak masalah ya jalan-jalan. Tapi tergantung kesiapan pribadi masing-masing sih. Nggak bisa dipaksa. Hihihi..

      Hapus
  7. protokol kesehatan ditempat wisata adalah yang terpenting saat adaptasi kebiasaan baru. supaya pengunjung tenang dan bisa nyaman berlibur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas. Itu kuncinya yaitu kenyamanan dan ketenangan wisatawan saat berlibur

      Hapus
  8. Wow.. wisata Semarang banyak benar ya, Mbak Nunung. Dan sebenarnya, saya kepingin sekali kembali ke sana. Soalnya pas ke Semarang, saya baru sempat ke Lawang Sewu, Simpang Lima, dan Kuliner Pecinan hehehe. Semoga pandemi segera berakhir, agar saya bisa berwisata ke Semarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Bambang. Kalau Lawang Sewu dan Simpang Lima itu masuknya kota Semarang. Yang ini Kabupaten Semarang, jadi wisatanya lebih banyak karena cakupan wilayahnya lebih luas

      Hapus
  9. Aku udah ngincer Semarang, mau menjelajah di sana, terutama kota tuanya. Tapi masih belum berani pergi2 kalo sekarang sih :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga nanti kalau sudah berakhir pandemi dan sudah berani bisa jalan-jalan ke Semarang ya MBak Eno

      Hapus
  10. Wow banyak banget ternyata ya destinasi menarik di Semarang. Makin penasaran untuk traveling ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuk Mbak Lina main ke Semarang. Banyak yang bisa dieksplore nih

      Hapus
  11. Aaak jd kangen Semarang, aku blm keturutan ke Museum Ambawara ituu. Nah banyak juga ya wisata yang tetap buka tapi asalkan dengan patuhi dan ketat ikuti protokol kesehatan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak banyak tempat wisata yang sudah buka dengan protokol kesehatan yang ketat. Tahun lalu aku ke Museum Ambarawa . Bisa dibaca di blog ku mbak

      Hapus
  12. Whoaa..banyak sekali tempat wisata di Semarang ya. Saya baru pernah pergi ke Museum Kereta Api Ambarawa. Lain kali ingin juga main ke tempat lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuk mbak Nurul Fitri banyak sekali tempat wisata yang bisa dieksplore di Semarang loh

      Hapus
  13. Banyak betul tempat wisata yang ada di Semarang. Aku kalau ke sana jarang jalan-jalan eh sekarang malah pandemi. Kudu bersiap dengan protokol kesehatan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan-kapan kayaknya harus disempetin berwisata mbak.

      Hapus
  14. Aku belum pernah ke Semarang. Padahaldah sering titip keripik lumpia cik meme
    Saya berdoa after Covid bisa terlaksana

    BalasHapus
  15. Sebanyak iniiii? wah pasca pandemi Semarang kudu masuk wish list jalan-jalan nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Arin. banyak banget kan? Aku juga belum kesana semua

      Hapus
  16. Dari 31 lokasi wisatanya aku belum pernah berkunjung satupun huhu baru main-main ke kota Seamrang aja. Next kalau pandemi usai aku pengen explore Semarang lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuk mbak...tempat wisata Kabupaten Semarang cakep-cakep kan?

      Hapus
  17. Aahhh, banyak banget tempat wisata di Semarang yaa, aku baru setengahnya drai list itu..
    Coba nanti kalo balik lagi semarang, pengen di jajaal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mBAK Ncie balik lagi ke Semarang dan jalan-jalan yuuk

      Hapus
  18. Duh, ternyata di Semarang tuh banyak banget tempat keren yang bisa dikunjungi yaaah. Aku belum pernah nih dan pengen banget main2 ke Semarang.
    Pengen makan lumpia khas Semarang nih hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak tempat keren di kabupaten Semarang. Aku juga baru beberapa mbak ke sana

      Hapus
  19. Banyak juga ya obyek wisata di kabupaten semarang.
    Saya tertarik ke umbulmukti, kayaknya asyik pagi-pagi berendam di situ sambil menikmati pemandangan pegunungan.

    Kalau protokol kesehatan diterapkan secara ketat di obyek wisata, pengunjung juga jadi lebih tenang dan nyaman ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyiik bangeeet. Adem dan sejuk berendam di Umbul Mukti. Tapi kalau di era adaptasi baru ini belum boleh buat berenang dulu yaa...

      Hapus
  20. Aku kangen ih jalan-jalan di Semarang, apalagi aku senang explor dan paling demen main ke kota lama semarang, Bandungan dan Rawa Pening Ambarawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabupaten semarang emang ngangenin. Apalagi kalau pernah ke Bandungan. Pengin lagi dan lagi

      Hapus
  21. Aku mantune wong Semarang, tapi yag disebut di atas belum pernah kukunjungi semua. Wkwkwkw. Sebabnya setiap pulang, kami seringnya mager. jadi palingan ke destinasi yg di pusat kota aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha mager ya Mbak Wid. Yuuklah explore Kabupaten Semarang. Seruuu..

      Hapus
  22. Whua mantep ini ada 31 tempat wisata uda sesuai protokol ya, aku kok ya naksir ke eling bening itu ya asik kayanya. Sama penasaran sama ClBK itu kaya gimana hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baguus loh Mbak eling Bening. Yuuk laah sempetin ke sana kalau pas jalan-jalan ke Jawa mbak

      Hapus
  23. Ahhh....
    Semarang, banyak destinasi menariknya ya ternyata...
    Jadi makin pgn ke semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa..banyak banget kan mbak? Aku aja belum khatam semua.

      Hapus
  24. Wah. Gak nanggung2 ya mba langsung 31 yg dibuka. Kasus pandemi disana trendnya menurun ya mba?

    Disini udah mulai menurun penambahan positifnya. Tinggal 2 kawasan yg merah. Udah banyak ijo. Kangennya pengen wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya trend nya menurun.Makanya dibuka lagi dengan protokol kesehatan yang ketat ya mbak

      Hapus
  25. Banyak juga ya, ada 31 objek wisata yang lolos. Eling bening itu termasuk baru ya? Wah, pengen ke ambarawa sama umbul sidomukti nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eling Bening termasuk baru mbak. Baru beberapa tahun ini lah. Asyik kok tempatnya

      Hapus
  26. 31 Objek Wisata? wow..banyak banget..berasa pengen kunjungi satu per satu nih. Butuh waktu berapa hari yaa kirakira? hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak bisa mbak kayaknya kalau langsungan,hahahaha. JAdi ke Semarang ke beberapa tempat wisata. Kapan lagi datang lagi terusin gitu. Biar menikmati jalan-jalannya..

      Hapus
  27. Seneng sekali kita bisa Aman y travellingan ke tempat wisata semarang krn menggunakan protokol kesehatan nya lengkap bngt maunya sih pandemi cepet berakhir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak kalau berwisata tapi tempat wisatanya aman kayak gini jadi tenang kita. Semoga pandemi segera berakhir ya

      Hapus
  28. Zaman sekarang pasti gak nyaman kalau berwisata. Namun kalau protokol kesehatanya ketat banget jd gak terlalu was2 ya?
    Mungkin aku pribadi akan memilih datang pas bukan hari libur supaya bisa ke sana saat lg sepi.
    Semoga pariwisata bisa bertahan sedikit lg sampai wabah ini tuntas aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tempat wisatanya menerapkan protokol kesehatan jadi nggak was-was mbak

      Hapus
  29. Iya Dinas pariwisata kab. Semarang giat banget keliling mengecek protokol kesehatan tempat wisata ini, pengunjung jadi lebih tenang dan nyaman ya berwisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Mbak Dedew . Salut ya buat dinas Kabupaten Semarang

      Hapus
  30. Wah, banyak ya obyek wisata di kabupaten semarang... Mudah-mudahan kapan-kapan bisa main ke sana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak banyak sekali. Semoga bisa main ke Kabupaten Semarang ya Mbak

      Hapus
  31. Banyak sekali tempat wisata yang sudah buka ya di Semarang. Harus ketat ni penjagaannya. Aku setuju kalo ada pembatasan jumlah pengunjung untuk memudahkan jaga jarak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya beberapa tempat memang ada pembatasan jumlah pengunjung, jadi aman mbak

      Hapus
  32. Wah jadi pengen deh Jalan ke museum kereta api ambarawa mbak, waktu kuliah di Semarang pernah ke ambarawa tapi batal. Jadi ingat deh pengen napak tilas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuk lah mbak napak tilas ajak anak-anak. Pasti seneeeeng

      Hapus
  33. Huaaa jadi pengen jalan-jalan ke Semarang lagi....Tempatnya emang kece sih...bagus-bagus pemandngannya dan hawanya juga sejuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuk mbak jalan-jalan ke Kabupaten Semarang. Ngangenin looh

      Hapus
  34. Alhamdulillah, geliat wisata sudah mulai bangkit ya. Kita bisa kembali berkunjung ke berbagai tempat wisata di Kabupaten Semarang yang telah menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Uniek. GEliat wisata sudah mulai, dan saya ikut senang karena artinya mereka-mereka yang hidup dan kerja di sektor ini mulai bangkit lagi.

      Hapus
  35. Di Semarang sekarang banyak wisata agronya ya baru tahu.
    Buat cari amannya mending ke lokasi wisata pagi banget, pas baru buka jadi suasananya masih sepi & lebih enak buat eksplorasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas..kalau pengin sepi pas pagi-pagi aja ya abis buka

      Hapus
  36. Aduh udah lama bangetttt pengen ke Semarang tapi masih keadaan pandemi gini dan aku dari zona merah mak. Kayanya bakal nunda sampe agak mereda baru ke sana. InsyaAllaaaaah ada kesempatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ya mbak Hanifa, kalau sudah aman ada kesempatan jalan-jalan ke Semarang

      Hapus
  37. Banyak banget ya yang udah dibuka. Makin bingung nih harus kemana dulu. Dibikin list aja kali ya biar gak ada yang kelewat 🤓

    BalasHapus

Ini Dia Berbagai Produk Asuransi Allianz dan Kelebihannya

Bismillah...bulan baru. Semoga bulan baru ini , Oktober kita punya  semangat baru ya guys. Eh masih ingat dengan lomba Blog Allianz dengan t...