Minggu, 06 September 2020

Kupat Tahu Magelang Makanan Khas Magelang yang Bikin Kangen

Salah satu makanan khas Magelang yang  selalu bikin kangen untuk pulang kampung adalah Kupat Tahu Magelang. Sebagai seorang yang lahir dan besar di Magelang aku sangat familiar dengan kupat tahu ini. Saat aku kecil 'Kupat Tahu Mbah Salbiyah ' adalah kupat tahu yang paling terkenal di desaku. Setiap hari pasaran Pahing nenekku selalu membelikan kupat tahu Mbah Salbiyah. 

Sepertinya bukan aku saja penggemar kupat tahu. Almarhum bapakku yang asli Magelang dan merantau ke Jawa Timur untuk bekerja pun sangat suka dengan kupat tahu. Dulu setiap pulang untuk menegokku di rumah nenek, bapak selalu mengajakku membeli kupat tahu di dekat alun-alun Magelang. Dulu sepertinya biasa saja saat makan kupat tahu bersama bapak. Kini saat aku besar dan bapak sudah nggak ada , kenangan makan kupat tahu ternyata  adalah kenangan yang sangat indah untuk diingat. 

Kupat tahu ini sangat familiar buat sebagian besar orang Magelang. Biasanya kalau tidak membeli di penjual kupat tahu, orang-orang membuatnya sendiri. Resepnya sendiri sangat mudah. Buat kita yang tidak terbiasa memasak, kita juga bisa intip resepnya di cookpad atau beberapa situs resep msakan.


Bahan-bahan Membuat Kupat Tahu Magelang 

  1. Ketupat Matang, Potong-Potong - 4 Buah
  2. Tahu Putih - 4 Buah
  3. Tauge - 2 Genggam
  4. Kol, Iris - 2 Lembar
  5. Mie Instan - 1 Bungkus
  6. Kacang Tanah - 4 Sendok Makan (Sdm)
  7. Seledri, Iris Halus - 2 Batang
  8. Minyak,  secukupnya
Bahan-bahan untuk membuat Kuah 

  1. Bawang Putih, Haluskan - 3 Siung
  2. Cabai Rawit, Haluskan - 7 Buah
  3. Asam Jawa - 1/2 Sendok Teh (Sdt)
  4. Kecap Manis - 4 Sendok Makan (Sdm)
  5. Gula Merah - 2 Sendok Makan (Sdm)
  6. Garam - 1/2 Sendok Teh (Sdt)
  7. Air 500 ml
Pelengkap

  1. Bawang Merah Goreng - Secukupnya
  2. Kerupuk - Secukupnya

Cara Membuat Kupat Tahu Magelang Enak dan Sederhana

  1. Panaskan banyak minyak. Goreng tahu putih sampai matang. Lalu angkat & tiriskan. Potong-potong menjadi dadu sedang.
  2. Goreng kacang tanah sampai matang serta kecoklatan. Selanjutnya angkat & tiriskan.
  3. Didihkan air dalam panci. Rebus 1 menit saja tauge serta kol. Sesudah itu angkat & tiriskan.
  4. Rebus mie instan sampai matang (ambil mi-nya saja tanpa bumbu). Kemudian angkat serta tiriskan.

Kuah:

  1. Dalam panci, campurkan seluruh bahan kuah menjadi satu setelah itu didihkan. Koreksilah rasanya. Angkat.

Penyajian:

  1. Tata ketupat & tahu goreng. Tambahkan mie, tauge, kol serta kacang. Siram dengan kuah. Tambahkan taburan seledri, bawang merah goreng dan kerupuk.


Salah satu warung kupat tahu yang terkenal di Magelang adalah kupat Tahu Pojok dan Kupat Tahu Pak Slamet. Keduanya berada di dekat alun-alun Magelang. Kupat Tahu Pojok sangat terkenal karena sering didatangi artis dan para pejabat yang datang ke Magelang. Bahkan keluarga Pak SBY pun pernah makan di sana. Dindingnya penuh dengan foto orang terkenal yang pernah makan di sana. 

Karena Kupat Tahu Pojok lebih sering penuh sesak dengan orang yang ingin makan kupat tahu, aku lebih suka makan di Kupat Tahu Pak Slamet. Letaknya bersebelahan dengan Kupat Tahu Pojok. Meski sama larisnya namun kami masih bisa duduk tanpa antri. Jika ada kesempatan pulang kampung biasanya aku menyempatkan diri untuk makan kupat tahu di sana bersama keluarga. 

Kupat Tahu Magelang


Apakah teman-teman punya makanan khas daerah yang bikin kangen untuk pulang kampung seperti rasa kangenku pada Kupat Tahu Magelang ? ceritain yuk di komen. 

24 komentar:

  1. Nyaamm, kupat tahu ini suegerrr kuahnya Mba
    Biasanya aku maem kupat tahu yg versi Temanggung. Jawa Tengah juga, deket Magelang.

    Duh, udah lamaaaaa daku ngga main ke Temanggung

    BalasHapus
  2. Kayanya Kupat Tahu Magelang seger juga ya. Aku bukan pecinta kupat atau lontong. Tapi kalau lagi traveling, gak papa sesekali kulineran

    BalasHapus
  3. Aku suka banget kupat tahu Magelang Mbaa, kemarin pas pulkam nyempetin jajan wwajik week jugaa, suka aku sama Magelang yang adhem :)

    BalasHapus
  4. Kan aku jadi laper lihat Kupat Tahu Magelang
    Di Kediri namanya Tahu lontong ini, bedanya di tahu dan kupatnya
    Makanan favorit saat pulang kampungku rujak cingur Mbak..setiap hari makan pun enggak bosa kwkwkw

    BalasHapus
  5. Wah jadi pengin ke Magelang dan makan langsung kupat tahu disana. Mengenyangkan dan nikmat ya makan kupat tahu. Apalagi taburan bawang gorengnya banyak, plus kerupuk. Hhhm nikmat.

    BalasHapus
  6. Barusan baca tentang kupat tahu di blog Mbak Lidya. Ada bedanya nggak ya sama kupat tahu khas Magelang?

    BalasHapus
  7. Sepintas mirip dengan kupat tahu di Bandung. Tetapi, kalau di Bandung gak pakai mie. Cukup ketupat aja

    BalasHapus
  8. Sebagai penggemar tahu, saya suka juga sama kupat tahu. Apalagi kalau bumbunya pas... Duh nikmat sekali 😁

    BalasHapus
  9. Nyam..nyam...enak banget nih ngebayangin makan kupat tahu...Ternyata bikinnya juga gampang ya...Coba praktek ah...dah lama banget gak makan Kupat tahu Magelang.

    BalasHapus
  10. Belum pernah coba nih kupat tahu magelang... Ternyata pakak mi dan kuah ya...

    BalasHapus
  11. Kalau saya kangen makanan buatan rumah ibu saya. Selalu ngangenin baik itu camilan atau lauk nasi. Udah 2 tahun nggak pulang kampung.

    BalasHapus
  12. ya ampuun mba aku suka bangeeet kupat tahu ini..memang rasanya enak yaa mba dan yuumy. Asli bikin kangeen hehehe

    BalasHapus
  13. Aku pun juga kangen makan Kupat Tahu MAgelang, dekat rumah mamahku di Jatibening ada Kupat Tahu Magelang yang enak banget. Biasanya aku selalu beli disana, makanan khas daerah gini tuh enak-enak banget.

    BalasHapus
  14. Waktu jalan ke Candi Borobudur terakhir , rasanya saya ikut mampir ke Kupat Tahu Pak Slamet deh. Emang enak kupat tahunya. Dan rasanya meriah banget isinya, bikin pengen nambah :)

    BalasHapus
  15. Wow, ada kupat tahu Magelang :D AKu taunya yang dari Bandung wkwkwkwk :) Kudu dicoba makannya nih (bikinnya belakangan haha) :D Kudu banyak cabenya nih biar maknyuzzzz.... Eh, ada mie dan seledri juga, mantap.

    BalasHapus
  16. Jujur aku belum pernah coba kupar tahu selain kupat tahu Bandung, Padalarang. Jadi penasaran jg gmn taste nya nih yg asli dari Magelang

    BalasHapus
  17. mak ini bedanya sama kupat tahu yang dari Bandung apa ya? Aduh gak bisa aku tuh liat bentukan tahun dengan bumbu kacang begini, asoy banget pasti rasanya

    BalasHapus
  18. Agak2 mirip lontong balap ygd i Sby gak sih kupat tahu ini? :D
    Ya pokoknya aku juga suka lah makanan seperti itu, apalagi kalau pedes banget nyaaamm :D
    Moga2 kapan2 bisa nyobain makanan ini :D

    BalasHapus
  19. Wah, when i have chance to visit Magelang . I wanna traveling at there

    BalasHapus
  20. AKu pernah nyobain kupat tahu Magelang juga nih mbak, tapi waktu itu ada dagingnya gitu. Namanya sama dengan kupat tahu Bandung cuma beda di rasa aja ya

    BalasHapus
  21. Kupat tahu pun ada yang dari Magelang yaa....
    Aku pikir kupat tahu makanan khas daerah Jawa Barat aja nih..
    Rasanya juarak yaa...Bapak SBY was here.
    Hihii~

    BalasHapus
  22. Pas ke Magelang aku juga diajakin tuh mba untuk makan di warung Pojok. Emang gila banget penuhnya. Akhirnya melipir deh ke Pak Slamet. :)

    BalasHapus
  23. cocok banget nih kupat tahu Magelang yg pojokan, dekat alun2 Magelang. Enaak bgt. huhuhuhu kalau bikin sendiri kenapa rasanya ga seenak kl beli ya?

    BalasHapus
  24. Ah benar mbak, kupat tahu itu enak.
    Di surabaya aku punya tempat makan langganan yg jual kupat tahu

    BalasHapus

Ini Dia Berbagai Produk Asuransi Allianz dan Kelebihannya

Bismillah...bulan baru. Semoga bulan baru ini , Oktober kita punya  semangat baru ya guys. Eh masih ingat dengan lomba Blog Allianz dengan t...