Selasa, 30 November 2021

Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas dan Bersertifikat

 Tips Membeli  Mobil Bekas Berkualitas dan Bersertifikat


Tips membeli mobil bekas berkualitas dan bersertifikat.  Tinggal di kota besar yang membutuhkan mobilitas tinggi, kini mobil bukan lagi menjadi barang mewah. Hampir semua keluarga menengah di banyak kota besar mempunyai mobil. Hal  ini disebabkan kebutuhan mereka akan transportasi ini. Apalagi jika jarak dari rumah ke kantor jauh. Mempunyai mobil adalah sebuah kebutuhan. Meskipun saat ini  jasa  seperti gocar menjamur, namun mempunyai mobil pribadi tetap saja menjadi pilihan karena lebih praktis dan siap pakai jika diperlukan sewaktu-waktu.

Meski demikian  tidak semua orang mampu membeli mobil baru karena keterbatasan keuangan. Sebagian lagi juga memilih membeli mobil bekas karena tidak mau kredit mobil baru. Seperti almarhum bapakku. Mobil pertama kami adalah mobil Toyota Kijang Kotak bekas yang dibeli bapak di Jogjakarta. Iya jaman dulu daerah TVRI Jogjakarta terkenal dengan bursa mobil bekasnya. Meski tinggal di Jawa Timur almarhum bapak lebih memilih membeli mobilnya di Jogja. 


Membeli mobil bekas itu gampang-gampang susah. Kalau salah beli bukannya untung malah buntung. Terkadang mobil bekas itu body nya masih mulus, namun banyak kerusakan di mesin atau bagian lainnya yang tidak kelihatan. Jadi bukannya dapat mobil bekas dengan harga murah, yang ada malah banyak mengeluarkan uang untuk perbaikan ini itu di bengkel.

Saat ganti mobil tahun 2013 , almarhum bapak juga tetep jatuh cinta dengan Toyota. Kali ini pilihannya Toyota Kijang Innova. Karena uangnya terbatas bapak juga belinya mobil Innova bekas. Sama seperti saat membeli mobil pertamanya dulu, bapak juga mengajak saudara yang mengerti mesin mobil agar tidak tertipu dengan casing mobil bagus namun mesin tidak bagus. Saudara diajak kesana kemari survey mobil mana yang masih bagus. Agak ribet sedikit tapi untuk mendapatkan mobil bekas bagus memang butuh perjuangan. Hehehe.

Kini membeli mobil bekas tidak sesulit seperti jaman dulu. Membeli mobil bekas bersertifikat pun lebih mudah sekarang. Kenapa membeli mobil bekas bersertifikasi? Karena mobil bekas bersertifikat telah mengalami beberapa pengecekan di beberapa titik. Pengecekan histori mulai dari riwayat pemakaian, riwayat servis dan perawatan berkala di bengkel resmi.


Tips membeli mobil bekas :

1. Dokumen lengkap

Pastikan semua dokumen lengkap termasuk BPKB dan STNK. Adanya BPKB dan STNK ini penting jangan sampai tidak ada salah satunya. Bisa jadi BPKB sedang diagunkan dan hanya ada STNK nya saja. Tentu saja sangat beresiko dan mobil kita bisa ditarik sewaktu-waktu oleh pihak bank jika tidak dibayar oleh penjual mobil. Untuk STNK pastikan pajaknya hidup jadi kita tidak harus membayar pajak sekaligus dendanya.

2. Periksa eksterior mobil

Membeli mobil bekas bukan berarti mobil yang kita beli asal-asalan. Pastikan body mobil dan cat masih bagus.

3. Periksa interior dan kelengkapan

Bukan hanya eksterior mobil saja yang kita periksa. Kita juga harus memastikan kalau kondisi interior mobil bagus. Pastikan jok tidak terkelupas, laci dashboard masih berfungsi baik dan yang paling penting kondisi AC. Pastikan AC masih dingin dan dalam kondisi baik sebab jika terjadi kerusakan AC mobil butuh biaya yang besar untuk memperbaikinya.

4. Periksa jarak tempuh mobil

Dalam membeli mobil bekas kita bisa memilih jarak tempuh  yang kecil, artinya mobil tersebut jarang dipakai. Dengan tahun mobil yang sama pilihlah mobil dengan jarak tempuh yang lebih kecil karena lebih jarang terpakai.

5. Mengetahui riwayat service

Pastikan membeli mobil dengan riwayat service yang kita ketahui. Lebih bagusnya lagi jika mobil di-service di bengkel resmi mobil.

6. Pastikan ada garansi

Terkadang membeli mobil bekas kalau salah seperti membeli kucing dalam karung. Tidak mengerti kondisi aslinya. Jadi pastikan jika ada kerusakan ada garansinya untuk berapa minggu ke depan.

7. Membeli mobil bekas yang bersertifikasi

Daripada pusing memikirkan membeli mobil bekas, ada baiknya kita membeli mobil bekas yang bersertifikasi dan bergaransi. Mengapa demikian? Mobil bekas bersertifikat telah mengalami beberapa pengecekan di beberapa titik. Pengecekan histori mulai dari riwayat pemakaian, riwayat servis dan perawatan berkala di bengkel resmi.



Sekilas Tentang Auto2000

Auto2000 Digiroom merupakan transformasi baru dari website Auto2000.co.id yang kini menjadi e-commerce website untuk penjualan mobil, suku cadang, dan aksesoris resmi Toyota di Indonesia. Auto2000 berusaha mendorong batasan transaksi pembelian mobil Toyota di platform digital. Kini, pelanggan dapat melakukan pembelian kendaraan baru, purna jual, suku cadang, aksesoris, serta Trade In dan pembelian mobil bekas (bekerjasama dengan Astra Auto Trust) semudah menggerakkan jempol di layar smartphone. Menggunakan konsep “seamless end-to-end customer experience”, Auto2000 memastikan pelanggan merasakan pengalaman pelayanan di platform digital yang sama baiknya dengan yang diterima di cabang Auto2000.

Tips Membeli  Mobil Bekas Berkualitas dan Bersertifikat




Nah buat teman -teman pecinta mobil bekas Toyota kini tidak perlu bingung lagi membeli mobil bekas Toyota. Tidak perlu lagi bawa-bawa saudara atau montir yang mengerti mesin untuk cek kondisi mobil bekas. Beli saja mobil bekas Toyota di Auto2000. Mobil bekas yang ada di sana bersertifikasi. Jadi terjamin kondisi mobilnya. Yang pasti terawat dan sudah dicek oleh teknisi berpengalaman dari Auto 2000. Selain itu keuntungan membeli mobil bekas di Auto2000 bergaransi. 

Di Auto2000   mobil bekas telah bersertifikat, jadi  kita tidak perlu pusing mencari mobil yang bagus dan terawat. Sudah terjamin dan teruji oleh para teknisi berpengalaman dari Toyota. Di website Auto2000 ada filter  yang bisa kita pilih dari model kendaraan, tahun produksi, kisaran harga, warna, jenis bahan bakar, transmisi, jumlah tempat duduk dan jarak tempuh. Misalnya budget kita hanya 100 juta maka kita bisa filter di pencarian mobil dengan kisaran harga maksimal 100 juta. Nanti akan muncul berbagai pilihan mobil yang ada. 

Jadi gimana teman-teman sudah ada pilihan mobil bekas yang dipilih? Jangan sampai salah pilih mobil  ya guys...


45 komentar:

  1. Di auto2000 kualitas terjamin ya walaupun mobil bekas

    BalasHapus
  2. Wah auto2000 jual mobil bekas juga..keren nih. Pastinya kondisi lebih terpercaya

    BalasHapus
  3. Waah..jadi pengen ngganti mobilku yg tahun 2008

    BalasHapus
  4. Dokumen lengkap kendaraan itu yang selalu saya tanyakan dulu kalau ad ayang mau jual atau gadai kendaraan. Soalnya takutnya itu kendaraan bodong atau hasil dari tindakan kriminal. Hehehe ..
    Baru deh melihat kondisi badan dan mesin
    Meski beli bekas, tapi kita tetap harus waspada dan teliti ya

    BalasHapus
  5. Suami saya termasuk orang yang teliti banget kalo beli mobil bekas. Biasanya yg dilihat km sudsh berapa terus ada bekas nabrak ngga. Body nya dilihat sampe teliti bgt.

    BalasHapus
  6. sekarang mobil memang sudah jadi kebutuhan ya, Mbak. Misalnya dengan bertambah anggota keluarga, tidak mungkin ke mana-mana naik motor. Terus kalau ada kebutuhan mendesak yang membutuhkan mobil, tidak susah lagi.
    Dan Toyota memang mobil keren sejak dulu. Saya ingat dulu sering diajak tetanggan naik Toyota kijang hehehe.

    BalasHapus
  7. Nah, ini. Kalau bekas tapi bersertifikat dari perusahaan ternama begini enggak bakal bikin ragu deh buat beli

    BalasHapus
  8. klo beli mobil yang preloved gini emang agak tricky, soalnya klo untuk dipamerkan lebih banyak permak tampilan dibanding performa mesin, klo kita emang gak ahli dalam memahami mobil, baiknya ajak temen yang paham, atau lebih gampang lagi pake website jual beli yang emang hanya jual mobil dengan kondisi prima seperti auto2000

    BalasHapus
  9. Membeli mobil bekas yang terpercaya dan nggak bikin was-was amannya lebih memilih di web resmi auto2000. Kualitas mobilnya tidak diragukan lagi.

    BalasHapus
  10. aku belum pernah pengalaman beli mobil bekas, tapi kalau lihat ayahku beberapa kali beli mobil, itu selalu teliti dalam mengecek kondisi mesin. selain itu ya bisa kita serahkan aja ke yang lebih ahli buat mengecek

    BalasHapus
  11. Saya, orang tua, adik, sebagai pecinta toyota kalau beli mobil selalu di auto2000... Ternyata menjual mobil bekas juga ya, wah...

    BalasHapus
  12. ahhh kebetulan banget nih lagi cari2 refersensi mobil bekas, klo di Toyota Auto 2000 udh pasti oke dan double check ya jadi ga perlu worry

    BalasHapus
  13. Iya nih bener beli mobil bekas ginimemang perlu hati2 dan banyak yg dicek ya kak. Makanya kalo ada website jual beli menurutku lebih aman karena pasti sama pihak ke3nya dicek dulu demi kepuasan pelanggan kan

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah ya Mba, sudah bisa kebeli mobil. Saya sendiri belum dapat rezeki mobil, ke mana-mana masih pakai motor. Beli mobil bekas harus teliti. Minimal bawa orang yang ngerti mesin mobil. Kualitas brand Toyota sudah nggak perlu diragukan lagi deh. Hampir sebagian besar mobil di jalanan mereknya Toyota, hehehehe...

    BalasHapus
  15. Suamiku juga gini ka. Kalo beli mobil mending beli bekas aja dibanding beli baru tapi kredit. Lebih tenang. Pilih mobil yang sesuai budget. Kalo beli di auto 2000 ini jadi lebih aman dan nyaman juga ya apalagi bersertifikat

    BalasHapus
  16. Cek secara mendetail ini perlu banget memang. Apalagi untuk kendaraan yang akan kita gunakan, jadi gak bisa sembarangan juga.

    Eh, tapi ternyata walau bekas, tapi bersertifikat ya kalo beli di Auto 2000 ini, jadi gak perlu merasa khawatir lagi nih sebagai pembeli

    BalasHapus
  17. Bener nih, selain surat menyurat dan kondisi eksterior pus interior, riwayat servis ini juga penting jadi kita tahu bagaimana perawatan sebelumnya.

    BalasHapus
  18. Jangan salah, mobil second bisa jadi desainnya sudah bukan model terbaru, tapi tenaga sama harganya, boeh diadu.
    Dan memilih brand Toyota ini memudahkan untuk segala pelayanan dan fasilitas yang diperoleh.

    BalasHapus
  19. bismillah, nyicil mobil gapapa walau bekas. tunggu aku Auto2000

    BalasHapus
  20. Membeli mobil bekas ini memang bisa mendatangkan keuntungan tersendiri, apalagi kalau memilih yang masih bagus tapi harga sudah jauh turun. Namun yang pasti memperhatikan surat-surat dan kelengkapan fungsi yang ada. Karena nggak mau rugi dong pastinya meskipun belinya second.

    BalasHapus
  21. Kalau beli barang bekas emang kudu teliti banget ya mbak apalagi soal mobil, jangan sampai pas kebeli ternyata banyak masalah. Kalau mau yang pasti² aja deh semacam beli di auto2000

    BalasHapus
  22. Garansi yang dimaksud di sini, garansi yang gimana ya mbak? Garansi yang dari dealer nya atau dari bengkel pas servis terakhir?

    BalasHapus
  23. kalau mencari dan membeli mobil bekas memang harus benar - benar hati - hati ya mba dan banyak yang harus kita cek juga

    BalasHapus
  24. Nah, ini ni... Kadang kalo mau beli mobil bekas pasti bingung cari montir buat ikutan survey ahahaha. Kalo di Auto2000 nggak perlu bawa montir, karena insya Allah sudah terjamin ya.. Tinggal kita aja yang ngecek sendiri

    BalasHapus
  25. nah kalau beli mobil bekas emang ga bisa asalan yaa.. karena kan ini jejak sebelumnya, mulai dr body, mesin, interior dan surat2 semua harus jelas.
    mantep nih tipsnya mbak

    BalasHapus
  26. Aku baru tahu loh, mbaak, ada mobil bekas bersertifikat. Keren banget ini sih, dijamin aman dan nggak ribet.
    Aku dulu pas mau beli mobil second, harus bawa montir lah, bawa saudara yang ngerti mobil lah, nanya sana sini juga.
    Apalagi dulu beli di Jakarta. Harus double cek apakah pernah kena banjir dan sebagainya.
    Kalau di Auto2000 dijamin udah jelas oke ya kondisi mesin dan mobilnya meski second

    BalasHapus
  27. Kalau beli di Auto2000 pastinya auto yakin dan percaya juga mengingat track record nya udah nggak disangsikan lagi ya

    BalasHapus
  28. Betul, membeli mobil bekas susah-susah gampang. Untung sudah ada Auto2000 ya, jadi buat pecinta mobil Toyota baik baru maupun bekas, bisa lebih mudah melakukan pembelian di sana.

    BalasHapus
  29. Aku nih Mba yang sedang diskusi dengan Suami karena ingin beli mobil lagi buat upgrade mobil sebelumnya. Tapi kali ini kepikiran beli yang second, mengingat pengalaman-pengalaman kemarin. Jodoh banget bisa nemu tulisan ini nih, siapa tahu nanti nemu jodoh mobil kedua juga, Amiiiin

    BalasHapus
  30. Iya penting untuk memperhatikan jarak tempuh mobil ya. Jangan sampai mobilnya punya jarak tempuh yang panjang sekali dalam masa waktu yang tidak terlalu lama.
    Auto 2000 ternyata bisa juga buat cari2 mobil bekas ya. Terpercaya lagi ya situsnya.

    BalasHapus
  31. Wah keren ya layanan Auto2000 Digiroom ini. One stop shopping tentang Toyota. Kalaupun merasa lebih mantep ke dealer/toko aksesoris, setidaknya bisa cari referensi dulu di sini. Menilai mobil bekas memang butuh keahlian tersendiri. Kalau sudah disertifikasi dari toyota-nya sih jadi lebih yakin meski kita ga punya keahlian tersebut ya..

    BalasHapus
  32. Kalo udah tau ada Auto 2000 tentu nggak bingung lagi kemana mau beli mobil (meskipun bekas). Apalagi pecinta Toyota nih tentu pengen beli mobil yang mestipun bekas namun kualitasnya oke.

    BalasHapus
  33. Dengan konsep “seamless end-to-end customer experience”, Auto2000 memastikan pelanggan merasakan pengalaman pelayanan di platform digital yang sama baiknya dengan yang diterima di cabang Auto2000.

    BalasHapus
  34. Membeli mobil bekas memang harus teliti ya, kalau perlu ngajak orang yang ngerti soal mesin juga. Jadi repot survei ke showroom mobil bekas.

    Tapi kini nggak perlu serepot itu kalau milih-milih mobil bekasnya di auto2000 digiroom. Sudah di cek sama tenaga profesional, bersertifikat pula

    BalasHapus
  35. Tahun 2021 ini targetku adalah bisa beli mobil, meskipun second. Tapi ternyata Allah belum ijinkan. Dan ada satu mobil dari Toyota yang aku pengiiiiin banget, Type Raize. Duh, benar-benar ngiler dan jadi afirmasi untuk tahun 2022 besok. Doakan ya, Mak. Hehhe. Kalaupun belum bisa kebeli yang baru, mudah-mudahan aja bisa dapat Toyota Raize yang masih bagus dan harga terjangkau. Aamiin paling serius! :)

    BalasHapus
  36. Mobil bekas memang bisa jadi solusi bagi yg memerlukan kendaraan roda 4. Soalnya nilai susut mobil tuh lumayan. Untung ada Auto2000 ya. Trusted.

    BalasHapus
  37. Beli mobil bekas tuh emang banyak yang harus dipahami, susah-susah gampang gitu. Biasanya yang jadi hal pertama itu sudah berapa kilometernya selanjutnya pemakaian seperti apa, pernah terendam banjir gak? Tapi aku sih setuju ya kalau beli mobil bekas tuh emang harus ditempat yang terpecaya agar aman dan kitanya juga tenang.

    BalasHapus
  38. Beli mobil bekas bukan merasa boncos karena banyak yang perlu diperbaiki.

    Dengan adanya auto2000 maka jaminan beli mobil bekas berkualitas

    BalasHapus
  39. Bener banget, kalau budget belum cukup, mobil bekas pun tak apa. btw, asyik, nih. ada Auto 2000 udah enggak was2 lagi beli mobil bekas ya, mbak.

    BalasHapus
  40. Baru tahu ada sertifikat untuk mobil bekas jadi kita lebih tenang ya belinya karena mobilnya kondisinya masih bagus dan terjamin..Toyota memang pilihan banyak orang ya...harga jual mobil bekasnya pun masih tinggi..

    BalasHapus
  41. Nah mengetahui riwayat service itu penting banget ya mba saat beli mobil bekas berkualitas. Sekarang mau beli mobil bekas berkualitas juga tenang dan terpercaya di Auto2000 ya.

    BalasHapus
  42. Bener2 nih harus di dealer resmi klo beli Mobil apalagi Mobil second hrs pikir 2x soalnya bekas dipake orang... Sama nih mba auto 2000 jadi acuan akupun kmarin beli Mobil disana

    BalasHapus
  43. Untungnya di sana terjamin ya mak di auto2000. Jadi yang awam masalah permobilan bisa sangat terbantu agar dapat mobil berkualitas

    BalasHapus
  44. Wah iyaya, kalau sudah jatuh cinta itu bakalan balik-balik lagi beli merk mobil yang sama. Karena memang Toyota ini bisa diandalkan dari segi produk dan after salesnya juga. Percaya banget sama Auto2000.

    BalasHapus
  45. pas banbet nih kemarin aku baru jual mobil dan kepikiran mau beli mobil pengganti.. hehe. nanti infoin suami buat cek cek auto2000 deh!

    BalasHapus