Warna-Warni Gethuk Magelang

Salah satu yang paling ditunggu-tunggu perantau seperti kami adalah saat mudik ke kampung halaman. Bertemu banyak saudara, kerabat,  tetangga  dengan senyum tulus ala pedesaan. Hal yang sudah jarang kutemui saat kita tinggal di kota besar. Ada banyak kenangan yang tersimpan di kampung halaman, termasuk senyum tulus masyarakatnya yang selalu kurindukan.



Hal yang kulakukan setiap mudik biasanya menyusuri jalan yang kulalui saat aku masih kecil. Jalan-jalan menuju sekolah dasarku, menyusuri jalan ke pasar tradisional, jalan-jalan ke teman masa kecil dan mencicipi makanan masa kecil. Membeli ketan lupis dan bubur menjadi agenda setiap pulang kampung. Rasa kangen akan sarapan  masa kecil terobati setiap membeli ketan lupis di tetangga.

Selain menikmati makanan ala desaku , aku juga selalu kangen dengan Gethuk Magelang. Banyak sekali merk gethuk yang ada di kota Magelang ini. Tidak salah jika Magelang mempunyai sebutan Kota Gethuk. Biasanya untuk oleh-oleh gethuk-gethuk tersebut dikemas dalam kemasan. Gethuk dalam kemasan yang terkenal adalah Gethuk Trio, Gethuk Eco dan Gethuk Marem. Gethuk dalam kemasan tahan sampai beberapa hari dan diberi tanggal expired date di kotaknya. Harganya sekitar 30.000 sampai 35.000 rupiah perkotaknya.

Selain gethuk kemasan, aku kangen dengan gethuk gondok. Gethuk gondok dibuat dari singkong yang direbus lalu ditumbuk sampai halus. Gethuk yang dibuat di Magelang terasa lain dibandingkan dengan gethuk dari tempat lain. Baik rasanya maupun teksturnya, lembut, halus dan enak. Selanjutnya gethuk-gethuk ini diberi warna hijau, merah dan coklat. Ada juga yang berwarna putih. Gethuk Gondok paling terkenal adalah gethuk di  depan Toko kain Panorama Pasar Rejowinangun Magelang. Namanya Gethuk Gondok Sri Rahayu. Pelanggannya banyak.

Sejak Pasar Rejowinangun direnovasi, penjual gethuk depan Toko Panorama berpindah tempat. Oleh karena  itu kemarin sempat bingung juga mencari penjual gethuk langganan ini.  Karena tidak ketemu akhirnya kemarin kami membeli gethuk gondok di tempat lain. Gethuk gondok yang kami beli kemarin adalah Gethuk Pojok Bu Endang. Setelah membeli gethuk Bu Endang baru ketahuan kalau gethuk gondok langganan yang biasa di depan toko Panorama pindah ke dalam pasar.

Buat yang penasaran dengan bentuk Gethuk Gondok, penampakannya seperti di bawah ini.

Gethuk gondok





Satu set Gethuk Gondok terdiri dari beberapa potong gethuk warna-warni, gethuk berbentuk kuping gajah dan gethuk bulat berwarna putih. Aku paling suka gethuk bulat berwarna putih. Kalau dua krucilsku suka semuanya. Soalnya jarang menemukan gethuk seenak gethuk Magelang ini di Jakarta. Satu set gethuk gondok diatas harganya lima ribu rupiah saja. Murah meriah kan? Buat teman-teman yang penasaran dengan lezatnya Gethuk Gondok berkunjung ke Magelang yuuk.

Komentar

  1. Waaaahh, getuk trioo yg jadi favorit waktu kecil ini...
    Aromanya jg wangi ya mak

    BalasHapus
  2. Getuk Trio dari jaman aku masih kecil banget sudah ada

    BalasHapus
  3. Iya mak Nita. Waah ternyata suka gethuk Trio juga ya. Wangi ya aromanya..

    BalasHapus
  4. Waah sejak mbak Astri kecil sudah ada ya mbak? Jadi sudah berapa tahun ya ? Awet banget yaa..

    BalasHapus
  5. aku suka getuuuk.. lezat banget lihat fotonya :)

    BalasHapus
  6. Iya mbak Lia...cobain gethuk Magelang yuk.Dijamin ketagihan....

    BalasHapus
  7. Cocok nih buat sarapan pagi ini.

    BalasHapus
  8. Iya mas.Sarapan gethuk enak bangeet....

    BalasHapus
  9. aku suka banget sama getuk warna warni itu mba tapi kalo di tempat saya nama nya lapis mba hehehe

    BalasHapus
  10. Hah ? namanya lapis? Emang Mbak Ipah tinggal dimana? Ini bukan lapis mbak. Beda lagi. Di tempat saya juga ada lapis. Tapi bikinnya dari ketan. Kalau ini gethuk mbak dari singkong. Dan sepertinya gethuk warna warni ini cuma ada di Magelang. Hihihi..Makasih ya sudah mampir mbak.

    BalasHapus
  11. salah satu jajanan fav saya tapi di jakarta rada susah carinya neh mak ;)

    BalasHapus
  12. Sekarang ada kok dijual di toko toko online Mbak..Jadi kalau pas kangen gethuk ini nggak usah pulkam.Tinggal pantengin internet.Hihi..

    BalasHapus
  13. saya juga suka getuk tp yg biasa aja mba yg pake gula merah itu..belum pernah kalo yg warna warni seperti ini

    BalasHapus
  14. Cobain deh mbak yang warna-warni gini.Yummi....

    BalasHapus
  15. Wow memang warna warni gitu deh ya. Hiehiehiee. Saya yakin pewarnanya menggunakan bahan bahan yang alami, bukan zat pewaRNA SIntetis yang biasa digunakan di pabrik hiehiheiheiheieee

    BalasHapus
  16. Iya Pak Asep...ini pakai pewarna alami looh bukan pewarna pakaian. Tapi rasanya...hmm..yummi.Cobain deh.

    BalasHapus
  17. Duh getuknya lucu .... di sini adanya cuma getuk lindri yang mirip mie ditumpuk.

    BalasHapus
  18. Iya ....lucu ya Mak Anisa. Cobain yuk..main ke Magelang

    BalasHapus
  19. Wah lihat gambar getuknya yang berwarna warni...jadi teringat sushi Jepang

    BalasHapus
  20. Baru tahu gethuk gondok, menarik juga ya wajahnya. Biasanya kalau pas lewat Magelang belinya di toko yang dekat klentheng itu :)

    BalasHapus
  21. Iya namanya gethuk Gondhok. Biasanya ayng jual di Pasar Rejowinangun.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer