Rabu, 26 Agustus 2015

Berwisata Keliling Nusantara Gratis Bersama Airpaz

Ini adalah cerita saat liburan lebaran kemarin. Meninggalkan hiruk pikuk kota Jakarta untuk beberapa waktu. Hari masih pagi saat kami meninggalkan rumah nenek kami di Magelang menuju Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Lokasi ini terletak di lereng gunung Ungaran dengan ketinggian sekitar  1700 dpl.

Perjalanan ke sana memakan waktu kurang lebih dua jam. Saat kami datang parkiran masih sepi dan hanya ada  beberapa mobil di sana. Perjalanan selama dua jam terbayar dengan keindahan pemandangan di sekitar Umbul Sidomukti. Hawa sejuk pegunungan berpadu dengan hijaunya pepohonan dan gunung yang tampak di kejauhan. Subhanallah sungguh indah.




 photo umbul mukti pemandangan_zps1ey12djl.jpg
Pemandangan indah Umbul Sidomukti

Setelah membeli tiket seharga delapan ribu rupiah untuk masing-masing orang kami segera memasuki kawasan Umbul Sidomukti. Umbul berarti pemandian atau kolam renang. Kolam renang ini bertingkat-tingkat jika kita lihat dari atas. Hawa dingin tampaknya tidak dirasakan kedua krucils. Terbukti saat melihat pemandian ini keduanya langsung minta berenang. Berenang di atas ketinggian dengan hawa yang dingin? Woow...aku saja nggak berani  'nyemplung' ke air. Brr....brrrrr...dingin banget.



umbul mukti 1 photo umbul mukti 1_zpsgcrnyzam.jpg
Pemandian umbul Sidomukti


 photo mandi krucils_zpsim4whics.jpg
Krucils berenang


umbul mukti 2 photo umbul mukti 2_zpsjhv9tji7.jpg
Krucils berenang

Sambil menunggu anak-anak berenang kami menunggu di kafe di pinggir kolam renang. Kafe ini terdiri dari dua lantai. Bagian bawah untuk pengunjung yang ingin makan sambil menunggu keluarganya berenang. Bagian atas biasanya digunakan untuk acara-acara seperti ulang tahun ataupun pernikahan.


 photo kafe di atas_zps0gwrfb1q.jpg
kafe bagian atas

Selain pemandian di tempat wisata ini juga ada permainan flyng fox, berkuda, trekking serta outbond. Biaya untuk naik kuda adalah 50 ribu rupiah untuk berkeliling selama sekitar setengah jam dan 100 ribu rupiah selama satu jam. Dua krucils ikut berkeliling naik kuda selama setengah jam. Sayang saat akan menikmati wahana Flyng Fox waktu menunjukkan pukul 12 siang dan petugasnya istirahat. Jadi gagal deh menikmati Flyng Fox di atas ketinggian. Padahal Flyng Fox ini begitu memacu adrenalin. Dengan panjang lintasan 110 meter dan jarak terendah dari lembah adalah 70 meter , ini adalah Flyng Fox menyebrangi lembah terseru yang pernah kami lihat.



 photo umbul mukti flyng fox_zpsaahpuhq1.jpg
Bermacam permainan tertulis di pintu masuk

Hawa dingin dan  sejuk menerpa seluruh badan. Rasanya masih betah berlama-lama di pemandian sambil menikmati hijaunya pegunungan. Namun kami belum ke Pondok Kopi. Akhirnya perjalanan dilanjutkan ke Pondok Kopi. Pondok Kopi  masih berada satu kawasan dengan pemandian. Hanya berjarak kurang lebih  700 meter  saja. Untuk memasuki kawasan ini cukup membayar dua ribu rupiah per orang. Subhanallah pemandangan di atas tidak kalah indah. Di sana kita bisa melihat pemandangan pegunungan yang mempesona sekaligus menikmati kopi, makanan ringan dan berbagai macam makanan di atas  ketinggian.



 photo pondok kopi_zps54o2cpfj.jpg
Pondok kopi




 photo aku di pondok kopi_zpskwxyjckb.jpg
Pemandangan dari Pondok kopi


faris photo faris umbul mukti_zps4iyzkajn.jpg
Indahnya pemandangan dari atas


Perut kosong segera minta diisi. Sajian kopi, teh hangat, pisang goreng, ayam goreng dan nasi goreng langsung habis dalam sekejab. Ya iyalah..hawanya dingin   gitu looh. Jadi pengin makan terus. Kapan lagi ya bisa menyesap kopi pelan-pelan sambil menikmati panorama gunung di kejauhan.  Rugi deh kalau nggak ke sana. Hihihi...

[ Menikmati makanan di ketinggian[/caption]
 photo makan umbul mukti_zpsoynw1lbl.jpg
Menikmati makanan di ketinggian
Buat yang ingin ke Sidomukti, lokasi ini bisa diakses dari Bandara Semarang. Dari Bandara A.Yani Semarang menuju Bandungan bisa ditempuh dengan mobil kurang lebih satu jam.  Dari Jakarta kita bisa menggunakan maskapai langsung yaitu Lion, Sriwijaya, Batik Air, Citilink  Nam Air, Sriwijaya dan Garuda Indonesia dengan lama penerbangan 1 jam 5 menit atau 1 jam 10 menit tergantung maskapainya. Mudah kan?

Bicara traveling memang nggak ada habisnya. Ya iyalah...traveling is my passion gitu looh. By the way bicara  tentang destinasi wisata dari duluuu banget aku tuh pengin ke Padang Sumatra Barat. Terutama ke Bukit tinggi. Sepertinya seru banget kalau bisa pergi ke Bukit Tinggi. Maklum aku suka banget dengan pegunungan dan udaranya yang sejuk. Jadi menginjakkan kaki di Bukit Tinggi menjadi salah satu mimpi yang ingin diwujudkan. Melihat rumah adat Minangkabau dari dekat, melihat jam Gadang yang termashur itu. Gambar Jam Gadang ada di Buku pelajaran SD ku berpuluh tahun lalu. Dan menjadi sebuah keinginan terpendam untuk mengunjunginya.

Jadi di Bukit Tinggi cuman ada Jam Gadang sama rumah adat Minang kabau doang? Ya nggak lah. Bukit Tinggi tuh punya banyak tempat wisata. Lihat saja Ngarai Sianok dan Benteng Fort De Kock. Sepertinya indah sekali ya pemandangan di Ngarai Sianok. Bisa melihat hijaunya lembah terhampar di depan mata. Aaaa...rasanya nggak sabar pengin ke sana. Semoga bukan sekedar mimpi ya.
 photo ngarai-sianok-indonesia-tourism_zpsbcnznoda.jpg
Ngarai Sianok (sumber :Indonesia tourism)
 photo bukit-tinggi-rumah-gadang_zps73bjqxhy.jpg
Rumah Minangkabau




Terus kalau mau ke Bukit Tinggi naik apa dong dari Jakarta? Ya naik pesawat lah. Kita bisa naik Jakarta - Padang dengan beberapa maskapai. Maskapai yang melayani penerbangan langsung Jakarta_Padang diantaranya adalah Lion, Sriwijaya,Batik Air, Garuda dan Citilink dengan lama penerbangan 1 jam 45 menit. Mudah kan? Yuk kita keliling Nusantara dengan tiket gratis dari Airpaz.com.



39 komentar:

  1. Suasananya cihuy bgd mbk nung ya...

    BalasHapus
  2. Iya mbaak tempatnya baguuus banget. Jadi pengin ke sana lagi kapan-kapan. Ikutan lombanya yuuk.

    BalasHapus
  3. Kupikir airpaz itu maskapai penerbangan baru.. #barukenal
    Btw, ternyata seru liburane mbak nung..

    BalasHapus
  4. Jaman aku kesana dulu belum sebagus ini lho..harus kesana lg kayanya

    BalasHapus
  5. Hehehe bukan maskapai dik Farid Airpaz itu. Tapi semacam travel agent yang menyediakan tiket beberapa maskapai penerbangan .Hihi ..seru ya liburanku. Makasih ya dah mampir.

    BalasHapus
  6. Waah mbak Muna sudah pernah ke Umbul Sidomukti ya? Aku nya deh yang ketinggalan jaman baru nyampai sana kemarin. Ke sana lagi yuk mbak. Bagus kok sekarang

    BalasHapus
  7. saya selalu suka wisata yg memperlihatkan keindahan alam..:)

    BalasHapus
  8. Iya mbak Kania...saya juga suka alam mbak...Apalagi pegunungan. Suka pake bangeet.

    BalasHapus
  9. airnya jernih banget ya mb
    pingin ikutan nyemplung akuu

    BalasHapus
  10. Iya Mak Nita.Airnya jernih banget.Tapi aku gak berani nyemplung.Dingin...hehe...ikutan lombanya yuuuk..

    BalasHapus
  11. asiiik banget.. jadi pengen nyebuurr maakk

    BalasHapus
  12. Yuuuuuk ikut nyebur yuk Mak Winda..

    BalasHapus
  13. Pakai airpaz tiketnya lebih murah apa?

    BalasHapus
  14. Kalau Jakarta Padang sih pakai Lion masih lebih murah daripada maskapai lain mas. Bisa lihat di web nya Airpaz ya untuk lebih lengkapnya. Terima kasih

    BalasHapus
  15. dua kali ke semarang tapi gak sempat mengeksplore banyak, ternyata ada daerah sidomukti yang indah begitu, itu saya banget tuh di atas bukit, sukses ya mbak

    BalasHapus
  16. Iya niih aku juga baru tau tempat ini kok. Padahal indah bangeet yaa...Ikutan yuk lombanya. Siapa tau bisa menjelajah keliling Indonesia dengan tiket gratis dari Airpaz

    BalasHapus
  17. Duh aku juga mau deh jalan-jalan keliling nusantara, tp nombokinnya banyak nih, banyak buntutnya :D

    BalasHapus
  18. Yuuk mbak keliling nusantara.Sekali-kali honeymoon berdua aja.Buntutnya ditinggal..hihihi

    BalasHapus
  19. asyik banget pemandangannya ya mbak dari atas bukit gitu

    BalasHapus
  20. Iya pemandangan di bawah jadi kelihataan baguuus mbak dari atas.Main ke sini yuuk.

    BalasHapus
  21. apik tenan mbak. Apalagi makan di ketinggian...terasa adem

    BalasHapus
  22. Yuuk Mbak Arin...ikut main ke sini yuk..adeeem..

    BalasHapus
  23. Ini tempatnya keren banget mak, aduh kapan ya bisa mengunjungi tempat2 indah ini.

    BalasHapus
  24. Yuk Mak Liswanti jalan-jalan ke Jawa Tengah. Banyak tempat indah untuk dikunjungi

    BalasHapus
  25. mbaa rumahku deket bandungan tapi belm pernah ke sidomukti huhuhu pengen ahh wiken inii makasih ceritanya moga menang yaaa

    BalasHapus
  26. Waah ternyata rumahnya dekat Bandungan ya mbak Dedew.Ayoo....kesana.Keren banget lho tempatnya.Makasih banyak mbak doanya :)

    BalasHapus
  27. Terimakasih atas partisipasinya dalam Lomba Menulis hadiah tiket pesawat gratis dari Airpaz.com

    Semoga menang. :)

    Airpaz Team

    BalasHapus
  28. Seru yah ....traveling nyah....semoga menang tiket pesawat gratis dari airpaz nyaaa... :)

    BalasHapus
  29. Terima kasih Airpaz....:)

    BalasHapus
  30. Terima kasih Mbak Riaa....:)

    BalasHapus
  31. Mbaaak, aku pengin nyemplung ke sana meskipun dingin. Itu tempat liburan seru banget buat ngajak anak-anak ya <3

    BalasHapus
  32. Hihi...iya mbak Eva...tempatnya seru sih buat ngajak anak-anak.Main yuk ke sana biar bisa nyemplung..

    BalasHapus
  33. Dulu ane pernah kesini 2 kali mbak :D sayang waktu itu belum suka foto foto dan ngeblog .. Hehe
    ini rencana juga mau kesana lagi, nunggu waktu + temen yang senggang..
    btw, ayo main ke Kendal mbak :D

    BalasHapus
  34. Kalau suka piknik dan ngeblog enak ya. Bisa foto-foto terus dimasukin blog ceritanya. Waah ada obyek wisata apa ya di Kendal?

    BalasHapus
  35. kayanya seru banget ya bisa berkunjug ke tempat itu. airnya juga jernih lagi

    BalasHapus
  36. Iya Mas Zamroni...seru deh pokoknya main ke Umbul Sidomukti ini.

    BalasHapus
  37. aduhhh bisa menikmati pemandian keceh seperti itu cuman modal 8ribu???? mauuuuuuuuuuuuu

    BalasHapus
  38. Iya Mbaaak...murah meriah dengan pemandangan okee

    BalasHapus

  39. arsitektur rumah adat Minangkabau khas banget ditambah suanana peggunungan yang top bgt, perfect banget kak

    BalasHapus

Pilihan Transportasi Umum Dari Jakarta Ke Bandung

Sudah mau weekend aja nih.  Siapa yang kalau weekend tiba gembira? Pasti semua dong. Ngomongin weekend itu selalu identik dengan liburan...