Jumat, 26 Agustus 2022

Ini Dia Brand Sepatu Lokal Yang Ada di Indonesia

Saat ini, sepatu merupakan salah satu kebutuhan outwear yang tidak bisa dilupakan. Kalau dulu penggunaan sepatu biasanya dikhususkan untuk olahraga atau pekerja lapangan saja. Namun, seiring perkembangan fashion, pemakaian sepatu tidak terbatas untuk dua hal itu saja.

Teman-teman  bisa mengenakan sepatu untuk berjalan-jalan karena benda yang satu ini membantu agar kaki kalian  tidak mudah pegal. Jenis, bentuk, dan warna sepatu juga semakin bervariasi. Ada sepatu dengan model boot, sneakers, high heels, pantofel, dan lain sebagainya. Semua itu memiliki fungsi dan kelebihan masing-masing.

Saat ingin membeli sepatu, hal-hal apa saja yang biasanya teman-teman lihat? Kebanyakan orang melihat dari kualitas sol, bentuk, warna, dan pastinya adalah harga. Untung saja semakin kesini, sepatu dari brand lokal pun tidak kalah berkualitas dengan sepatu produk luar seperti Nike Indonesia, Skechers, New Balance, Converse, Puma, dan juga Reebok.





Nah, berikut beberapa brand sepatu lokal yang bisa teman-teman temukan dengan mudah di marketplace seperti Zalora. Simak baik-baik ya, barangkali salah satunya adalah brand favorit kalian.

 

1.  Ventela

Ingin tampil keren meski budget terbatas? Cobain tengok sepatu sneakers keluaran Ventela deh. Brand yang satu ini didirikan oleh William Ventela di kota Bandung, Jawa Barat tahun 1989 silam. Beberapa jenis sepatu yang menjadi best seller diantaranya adalah Sneaker Slip on Ventela, Sneaker High Cut Ventela, dan juga Sneaker Low Cut Ventela.

Terkenal dari mulut ke mulut dan juga review baik dari penggunanya di berbagai kanal media sosial. Ventela memang tidak main-main dengan kualitas. Desain dari setiap sepatu yang dijual juga sangat menarik.

Jahitan sepatu keluaran ventela sangat rapi dan juga memiliki kesan mewah. Apalagi dilengkapi dengan teknologi Ultralite Foam untuk menambah kenyamanan penggunanya. Sepatu ini bisa teman-teman dapatkan dengan merogoh kocek mulai dari seratus ribuan saja. Tidak heran Ventela mendapat tempat dan kepercayaan bagi penggunanya terlebih sepatu-sepatu tersebut juga mudah dibersihkan serta cukup awet.

2.  Aero Street

Kalau Ventela berasal dari Bandung, Aero Street justru berasal dari Kota Klaten, Jawa Tengah. Adalah Adhitya Caesarico si pendiri sekaligus pemilik brand yang satu ini.

Pada awalnya, Adhitya hanya ingin menjual sepatu sekolah. Teknik pemasaran yang dia lakukan adalah menjualnya secara langsung dari satu toko ke toko lainnya. Namun setelah membaca kondisi pasar, dirinya memutuskan untuk menambah variasi produk dan juga model sepatu lain. Bisnisnya pun berkembang dengan mengagumkan.

Aero Street berdiri pada tahun 2015 untuk mengisi kebutuhan sepatu bagi semua orang. Tidak perlu mahal, yang penting bagus namun tetap awet dan punya kualitas. Sudah puluhan ribu sepatu yang berhasil dijual oleh Aero Street.

3.  Piero

Teman-teman mungkin sempat salah mengira kalau brand sepatu kenamaan yang satu ini berasal dari luar negeri. Generasi 90-an pastinya sudah sangat familiar dengan brand yang berdiri di tahun 1999 tersebut.

Tahukah  teman-teman kenapa namanya Piero? Alkisah brand Piero awalnya diberi nama Urip (Oerip) yang berasal dari bahasa Jawa yang berarti ‘hidup’. Dikarenakan nama tersebut kurang menjual, kata Oerip diolah padanan hurufnya menjadi Piero. Kocak tapi toh nama tersebut berhasil menembus penetrasi pasar.

Model-model dari sepatu Piero sangat variatif dan cocok untuk penggunaan sehari-hari. Inner sol-nya juga berkualitas dan menunjang kenyamanan para pemakai. Teman-teman pun tak perlu khawatir harus membayar mahal demi mendapatkan sepatu berkualitas dari Piero. Harga sepasang sepatu dibanderol mulai dari 150 ribu saja.

4.  Brodo

Kaum Adam pasti sudah tidak asing lagi dengan sepatu merek Brodo. Bahkan, sepertinya ada kebanggaan tersendiri jika bisa memakai sepatu tersebut untuk kegiatan sehari-hari.

Ternya, Brodo bukanlah sepatu merek luar meski kualitas dan juga desainnya tak perlu diragukan lagi. Sepatu ini justru diproduksi di Kawasan Cibaduyut, Bandung.

Salah satu pemiliknya yakni Yukka Harlanda memulai untuk membuat sepatu sendiri karena pengalaman sulit. Jadi, ia mengaku kalau sangat kesulitan mencari sepatu untuk kakinya yang berukuran besar. Berawal dari keluhan tersebut itulah Brodo akhirnya muncul dan mendulang sukses menjadi salah satu brand favorit pria.

Meski kebanyakan koleksinya adalah koleksi sepatu Outdoor, namun brand ini tidak lupa untuk menciptakan sepatu sneakers juga. Salah satu koleksi sneakers andalan Brodo diberi nama Fujin. Nah, ada dua varian Fujin yang bisa kamu pilih sebagai sepatu andalanmu sehari-hari, yaitu varian all black dan juga hitam dengan sol berwarna putih.

Harga sepasang sepatu Brodo memang agak mahal, namun jangan khawatir karena sebanding dengan kualitas dan keawetannya. Anda perlu membayar mulai dari 300 ribu hingga 800 ribu untuk mendapatkan sepasang sepatu keren dari Brodo.

5.  Wakai

Sepatu yang dulunya merek luar ini sekarang sudah diakuisisi dan sukses menjadi brand lokal loh. Jadi, kamu jangan lagi ragu untuk menyebut Wakai sebagai salah satu brand sepatu Indonesia ya, meski nama yang dipakai memang Jepang banget.

Desain dari sepatu Wakai sederhana namun lucu-lucu dan sangat eye-catching. Tidak heran kalau penggemarnya banyak.

 

Nah, itu dia lima brand sepatu lokal yang perlu teman-teman tahu. Kalau kalian, suka sepatu dari brand mana?

23 komentar:

  1. piero pernah denger dan tahu ini brand lokal. tapi baru tahu sejarah namanya. dua yang pertama aku baru tahu dari artikel ini. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
  2. Eh, aku baru tau kalau Wakai diakusisi jadi brand lokal sekarang. Di antara semuanya brand, aku punya Wakai sama Ventela. Nggak kalah bagusnya kok sama brand luar, kualitasnya oke banget.

    BalasHapus
  3. Brand lokal sekarang emang udah bagus dan gak kalah kok kualitasnya yaaah. Pernah dateng ke gudang Brodo dan emang keren2 sih sepatunyaaa. Macho dan maskulin gitu sih

    BalasHapus
  4. wakai dari Indonesia ya? wah ternyata sudah diakuisisi toh, pantas penjualannya sudah mulai massive dilakukan secara live di TikTok

    BalasHapus
  5. Aku pengguna Wakai tapi sampai skarang aku kira masih jadi brand luar teryata sudah diakuisisi ya mba. Kalau Brodo tuh udah terkenal ke brand sepatu pria

    BalasHapus
  6. Kupikir Wakaii masih full luar negeri hihihi. Aku suka pakai sepatu Wakaii loh, sekeluarga malah. Kalau suamiku pernah beli sepatu Brodo di outlet Kemang. Produk2 buatan Indonesia memang sudah hebat sekali dan kualitasnya tidak diragukan lagi. Bangga pokoknya :D

    BalasHapus
  7. Banyak ya produk lokal yang sukses branding sampai dikira produk luar, kayak wakaii itu.. malah kukira dulu dari Jepang beneran. Yuklah pakai produk lokal yang berkualitas dan harganya pasti lebih pas..

    BalasHapus
  8. Aku pernah punya Wakai, paksu punya Brodo..Memang brand sepatu lokal enggak kalah baik desain maupun mutunya. Nyaman digunakan, harga terjangkau pula. Dan beli Zalora aja, dijamin ori dan marketplace tepercaya.

    BalasHapus
  9. ada brand yang baru saya tahu namanya.
    Produk sepatu Indonesia keren-keren kok, asli enak dan nyaman juga. Btw, sejarah Piero lucu juga ya. Kalau gak tahu dikira dari italia

    BalasHapus
  10. Aku pernah lihat merek-merek itu di Zalora. Tapi belum pernah beli. Ada merek-merek lainnya juga di Zalora yang kebetulan udah beberapa kali aku beli untuk pakai sendiri, anak, dan suami. Meski merek lokal tapi bagus kok. Awet juga. Desainnya pun kece-kece. Brand yang masuk Zalora memang bagus-bagus. Ga sembarang juga dijual di sana.

    BalasHapus
  11. Akuu suka wakai...lucuuuu dan warnanya ngegemesin. Brodo juga cakep buat sepatu kerja suami, produk lokal tidak kalah oke pokoknya...

    BalasHapus
  12. Sepatu lokal juga enggak kalah ya kualitasnya... Saya cuma tau brodo sama wakai... Penasaran sama yang lainnya juga...

    BalasHapus
  13. Piero jadi kaya piro dalam bahasa Jawa yang artinya berapa. Jauh ya dari urip, hehehe. Yang penting menjual sih yaaa

    Mungkin nanti kucek brand lokal ini karena lagi pengen beli sepatu yang oke

    BalasHapus
  14. Banyak juga merek sepatu lokal ya mbak
    Kualitasnya juga bagus
    Aku punya Wakai dan Aero street

    BalasHapus
  15. Saya baru tahu merk Piero dan Brodo. Kalau Piero itu udah ada sejak jaman saya SD. Sedangkan kalau Brodo saya baru tahu 4 tahun an karena adik saya beli sepatu merk itu.

    BalasHapus
  16. Brand Sepatu Lokal Indonesia itu banyak ya dan bagus - bagus, ga kalah deh sama kualitas sepatu import yah.

    BalasHapus
  17. aku suka yang wakai mbak, disainnya simple dan bener lucu-lucu deh. harganya juga lumayan terjangkau.

    BalasHapus
  18. Kok ya pas aku pingin blanja sepatuuu.
    Kapan2 mau coba merk ini
    Makin bangga local

    BalasHapus
  19. Aku jadi tahu merk merk loka Indonesia karena bergaul sama anak muda (adikku) hehhe..
    Dan modelnya luar biasa... Cantik dan kekinian sekali.
    Ingin rasanya punya couple shoes dengan brand lokal begini..

    BalasHapus
  20. Ow Wakai udah jadi sepatu lokal yah
    Bangga dong pakai sepatu merek lokal. Modelnya bagus, harga terjangkau, dan yang penting awet.

    BalasHapus
  21. Aku pernah ngasih kado Brodo ke suami hehehe, soalnya bootsnya bagus bagusss! Merk lokal sekarang ga kalah sama brand luar negeri

    BalasHapus
  22. Aero, wakai tahu sy mba, aero pernah punya heehhe. Brand lokal kualitas bersaing ya, bagus

    BalasHapus
  23. piero ini sepatu anak sekolah zamanku sma dulu. hihi. senang deh kalau brand lokal sekarang bisa bersaing juga dengan brand luar

    BalasHapus