Senin, 20 April 2015

Menyusuri Keindahan Pulau Bidadari Bersama Vlogger

Kamis 16 April 2015 adalah hari yang ditunggu-tunggu Vlogger. Bagaimana tidak , hari itu kami Vlogger akan mengunjungi Pulau Bidadari , salah satu pulau di kepulauan seribu yang terkenal akan keindahannya. Pantai Marina Ancol bisa ditempuh dengan menggunakan busway jurusan Kampung Melayu-Ancol.  Setelah berjibaku di perjalanan selama 2.5 jam dari rumah alhamdulilah sampai juga di dermaga 15 tempat kami berkumpul.



Sebelum berangkat  kami melakukan registrasi ulang bersama tim dari viva. Selanjutnya sambil menunggu jadwal keberangkatan kapal  kami menikmati sajian kopi dan teh  di Marina Longue  PT. Seabreez Indonesia yang nyaman dan adem.



kantor Breeze


Ngopi dulu



Tim Viva
Setelah semua persiapan selesai dan waktu menunjukkan pukul 10 kurang sedikit kami segera menuju dermaga 17 tempat kapal berangkat. Dermaga 17 adalah dermaga keberangkatan ke Pulau Bidadari. Perjalanan ditemani oleh admin viva log yang solid dan kru dari ANTV.  Berkumpul bersama nggak lengkap tanpa dokumentasi. Jadi narsis dulu  berfoto bersama di depan Dermaga 17.


Foto bersama ( foto : viva)


Perjalanan dilanjutkan dengan kapal boat yang nyaman.  Lama perjalanan kurang lebih 20 menit dari Marina ke Pulau Bidadari. Kapal dilengkapi dengan pamflet yang ada di saku kursi  seperti di pesawat. Bedanya pamflet yang ada di kapal ini adalah pamflet tentang Pulau Bidadari beserta dengan menu yang bisa dipesan di resort.


Di dalam kapal




Rombongan Vlogger dan kru ANTV disambut dengan dua staff yang ramah di dermaga. Selanjutnya kami menikmati wellcome drink yang disediakan dan menikmati tarian selamat datang di Pulau Bidadari. Acara selanjutnya adalah briefing sebentar dari staff Seabreez yang gokil banget. Selanjutnya kami dipandu keliling pulau.

Mengunjungi Benteng Martello, beberapa cottage termasuk cottage yang mengapung di atas laut, labirin Pulau Bidadari dan pohon jodoh adalah agenda berkeliling kami. Kami juga berkeliling ke Saung kreatif tempat membuat barang-barang dari daur ulang. Duo guide yang ramah dan komunikatif membuat perjalanan terasa menyenangkan dan berasa sebentar.

Badan lelah dan perut lapar langsung terobati saat menikmati berbagai sajian makan siang yang disediakan oleh resort. Kaki pun bisa beristirahat sebentar sebelum melakukan sholat dhuhur.


Makan siang


Selanjutnya acara dilanjutkan dengan bincang-bincang dengan Bapak Agus Rochiyardi Presiden Director PT. Seabreez Indonesia. Beliau menjelaskan tentang tren wisata dunia, dan tren wisata masa kini. Saat ini persaingan wisata bukan lagi antar negara namun di Indonesia sekarang ini persaingan wisata antar daerah . Masing-masing daerah berusaha mempromosikan potensi wisatanya dan mendorong wisatawan untuk berkunjung kesana.

Potensi wisata sebuah daerah bisa diperkenalkan melalui social media, berlanjut dari mulut ke mulut dan akhirnya menjadi destinasi wisata terkenal. Vlogger sebagai blogger mempunyai peran penting dalam mempromosikan destinasi wisata sebuah daerah. Dengan adanya kunjungan Vlogger ke Pulau Bidadari ini berharap Pulau Bidadari menjadi lebih dikenal masyarakat dan menjadi salah satu tujuan wisata. Selanjutnya Bapak Agus Rochiyardi menjelaskan tentang sejarah dan perkembangan Pulau Bidadari dari masa ke masa termasuk harapannya kepada pemerintah untuk ikut serta membangun Pulau Bidadari. Salah satunya adalah  pasokan listrik sampai ke sana. Selama ini penerangan dilakukan dengan memanfaatkan genset.


Perwakilan Seabreeze






bincang-bincang Vlogger

 Pesona Pulau Bidadari
Pulau Bidadari yang terdapat di kepulauan seribu ini  bisa menjadi salah satu alternatif tempat wisata saat liburan. Selain letaknya yang dekat dengan kota Jakarta dan hanya ditempuh sekitar 20 menit dengan boat, pulau ini menyimpan berjuta pesona. Beberapa keistimewaan Pulau Bidadari ini diantaranya adalah:

1. Letaknya dekat dengan Jakarta

Pulau Bidadari adalah salah satu destinasi liburan yang bebas dari macet.  Biasanya penduduk Jakarta melepas penat di Bandung atau puncak yang jalannya super macet. Jika ingin liburan ke Pulau Bidadari cukup ditempuh kurang lebih 20 menit dari Dermaga 17 Marina Ancol menggunakan kapal boat.


Kapal di dermaga 17


2. Benteng Martello sebagai benda cagar budaya
Di Pulau Bidadari ini terdapat Benteng Martello yang merupakan benda cagar budaya yang dibangun pada abad ke-17. Benteng ini  adalah benteng pertahanan yang dibangun pada masa VOC sebagai benteng pertahanan apabila ada musuh yang menyerang Batavia. Benteng ini dibuat dari batu bata merah berbentuk lingkaran supaya senjata bisa bermanuver 360 derajat. Karena bentuknya yang unik, benteng ini sering digunakan untuk foto prewedding bagi pasangan yang akan menikah.


Benteng Martello





benteng marvello photo benteng marvelo_zpsfas3olqg.jpg
Benteng Martello



3. Cottage yang nyaman
Pulau Bidadari mempunyai beberapa cottage yang terdiri dari 10 standart room, 6 unit suite cottage, 8 unit family floating , 12 unit family cottage  dan 23 unit deluxe cottage. Kemarin kami sempat berkeliling ke semua cottage yang ada di sana dan bisa merasakan nyamannya tinggal di sana. Cottage -cottage yang terbuat dari kayu ini terasa eksotis. Sesaat meninggalkan kehidupan modern dan menyatu dengan pantai dan alam.


suite cottage


Floating cottage



Pemandangan dari atas cottage


 4. Pantai Yang Indah
Pulau Bidadari sebagai salah satu resort liburan mempunyai pantai yang indah dengan pasir bersih dan deburan ombak yang tidak terlalu besar. Kita bisa seharian bermain di pantai atau sekedar bersantai  menikmati indahnya pemandangan. Beberapa pantai pernah kami datangi, namun tetap saja keindahan pantai di Pulau Bidadari membuat decak kagum. Pohon yang rindang, pantai yang sepi, pasir yang bersih dan ombak yang tidak terlalu besar membuat betah berlama-lama menikmati pantai. Apalagi jika kita duduk-duduk sambil ditemani semilir angin laut. Berasa nggak mau pulang.



pantai indah photo pantaiindah_zpsgp6wd9yo.jpg
Pantainya Bersih



 photo pantai sepi_zpstrfib1kf.jpg
Pemandangan Yang Indah




5. Habitat Biawak, Rusa dan elang Bondol
Elang Bondol salah satu ikon kebanggaan Jakarta dan merupakan jenis burung yang hampir punah dan dilindungi membangun sarangnya di pohon di dekat Benteng Martello. Selain itu pulau ini juga dihuni oleh biawak. Jangan kaget jika saat berjalan-jalan mengitari pulau kita bertemu dengan biawak yang sedang berjalan-jalan menyusuri pantai. Di pulau ini ada kurang lebih 100 biawak yang dibiarkan bebas hidup dan berjalan-jalan di sekitar pulau. Saya adalah salah satu pengunjung  yang beruntung bisa melihat biawak yang berjalan di pantai. Kesempatan itu tidak saya sia-siakan begitu saja. Dengan jarak dekat saya bisa mengabadikan si biawak.


biawak photo biawak_zpsizk2qyg5.jpg
Biawak





Rusa totol


Selain habitat Elang Bondol dan biawak, kita juga bisa menemukan beberapa rusa totol  di pulau ini.  Pulau ini merupakan salah satu  tempat penangkaran rusa totol. Rusa yang sama seperti rusa di istana Negara.  Saat kami ke sana tampak beberapa rusa sedang diberi makan.

6. Wisata Edukatif

Selain tempat yang asyik untuk liburan wisatawan, Pulau Bidadari ini juga mempunyai wisata  sehari  untuk para siswa sekolah dari tingkat Sekolah dasar sampai tingkat SMA. Dengan minimal 20 orang siswa  dalam satu rombongan, siswa bisa mengikuti program ini. Wisata ini adalah wisata edukatif karena sambil berwisata siswa juga mengenal sejarah, habitat laut seperti ekosistem mangrove , berkeliling ke Pulau Bidadari  dan mengelingi 5 pulau lainnya diantaranya adalah Pulau Onrust, Pulau Kahyangan dan Pulau Kelor.  Siswa juga diajak untuk belajar di Saung Kreasi. Disini siswa bisa melihat cara pembuatan kerajinan tangan dari kerang , proses daur ulang kertas menjadi beberapa souvenir menarik serta  proses pembuatan kompos.


Daur ulang



[embed]https://www.youtube.com/watch?v=tkKbwSzkNqI[/embed]



7. Pohon Jodoh Dan Pohon Rejeki
Salah satu keistimewaan Pulau Bidadari ini adalah  60 persen pulau terdiri dari tanaman langka seperti pohon perdamaian, pohon kepuh, pohon kayu hitam dan lain sebagainya. Selain itu ada juga hutan Mangrove yang terpelihara dengan baik. Yang paling menarik adalah adanya pohon jodoh dan pohon rejeki yang sudah berusia ratusan tahun. Pohon jodoh terletak di pinggir pantai. Konon pasangan yang berfoto di pohon ini akan langgeng hubungannya. Itulah sebabnya Pulau Bidadari ini menjadi salah satu tujuan foto prewedding. Banyak pasangan yang berharap jodohnya langgeng saat berfoto di depan Pohon Jodoh ini. Sedangkan Pohon Rejeki berada di depan salah satu cottage.





Bakau


pohon rejeki photo pohon rejeki_zpsoy3dkutg.jpg
pohon rejeki


8. Atraksi Lumba-Lumba dan olahraga Air
Jika  ingin menikmati atraksi lumba-lumba berkunjunglah ke Pulau Bidadari . Selain melihat pertunjukan pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan lumba-lumba pada saat pertunjukan. Pertunjukan dilaksanakan pada jam-jam tertentu. Sayang kemarin pada saat kesana sedang tidak ada pertunjukan lumba-lumba. Namun kami masih bisa mengabadikan si dolphin ini dari balik pagar.

Selain pertunjukan lumba-lumba, ada juga wisata air berupa banana boat. Sepuluh orang Vlogger yang beruntung kemarin sempat menikmati olahraga air ini. Ikut gembira  melihat keseruan teman-teman menaiki banana boat yang melaju kencang.




 photo dolphin_zpsjh59yxyu.jpg
Dolphin




Tak terasa waktu berkunjung sudah habis. One Day Trip ini menjadi perjalanan yang menyenangkan dan tak terlupakan. Buat yang  penasaran  dengan keindahan Pulau Bidadari bisa melihat video di bawah ini. Anak-anak dan si ayah juga penasaran ingin kesana setelah lihat foto-foto dan videonya.

[embed]https://www.youtube.com/watch?v=dpHRYm3iCgI&feature=player_embedded[/embed]

Waktu menunjukkan pukul 6 waktunya kita kembali ke Pantai Marina Ancol menggunakan boat.  Perjalanan pulang melewati Pulau Onrust dan Pulau Kelor. Sampai jumpa lagi Pulau Bidadari. Pesonamu membuatku ingin kembali.

Horeee



[embed]https://www.youtube.com/watch?v=BpuR85pWQkE[/embed]



















12 komentar:

  1. Packaging pariwisatanya keren ya mbak? lengkap gitu

    BalasHapus
  2. Nemu aja ih biawaknya ... keren euy videonya buanyakkkk

    BalasHapus
  3. seru ya sayang kurang lama hehehe

    BalasHapus
  4. Iya mbaak Lidya seruu banget.Ke sana lagi aja yuk.Nginep biar lama.Hihi...

    BalasHapus
  5. Hihi...iya mbak Astri pas jalan-jalan acara bebas gak sengaja nemu biawak.Nha untuk video sudah syuting banyak di sana.Eh sampai rumah keputer kebolak balik semua syutingannya.Jadi ini bikin lagi di rumah.Pakai foto-foto aja.Pas pulang kebetulan duduk dekat jendela.Jadi bisa sekalian shoot.Hihi..

    BalasHapus
  6. Iya mas Yudi.Packaging wisatanya lengkap.Bidadari resort mempunyai beberapa paket wisata.Ada one day trip.Ada juga yang nginep..

    BalasHapus
  7. ngiri euy pengen ikut tp krucil ga ada yang jagain...smg saya bisa liburan sekeluarga ke sana nih

    BalasHapus
  8. Ada biawaknya ya mbak? Ada pawangnya gak? aman kan?..

    BalasHapus
  9. Aamiin....semoga mbak Rina sekeluarga bisa liburan ke sana ya mbaak.Bagus lhoo....

    BalasHapus
  10. Amaaan mbak Arin.Gak ada pawangnya sih.Tapi biawak ini kan beda sama komodo meskipun besar.

    BalasHapus
  11. tempatnya bagus, cocok dah ama namanya hhe ...

    BalasHapus
  12. bikin ngiri aja kakak ini..hhh

    BalasHapus

Bahagia Bersama AirAsia Menjelajahi Negeri Laskar Pelangi

Bocah tiga tahun yang sedang asyik naik sepeda itu tiba-tiba melihat ke atas saat suara pesawat terdengar melintas. Sesaat kemu...