Sabtu, 04 April 2015

Teknologi Pintar Honda Dari Masa Ke Masa

Bicara tentang Honda , jadi ingat dengan sepeda motor Honda pertama kali di keluargaku. Saat aku kelas lima SD tahun 1989 ayahku membeli sepeda motor Honda Astrea Prima.  Di kampungku saja hanya beberapa orang yang punya Astrea Prima saat itu. Dengan si Prima inilah aku belajar motor pertama kalinya saat kelas 6 SD. Boncengan dengan almarhum bapak dan ketiga adikku yang masih kecil keliling kampung menjadi kenangan tersendiri sampai sekarang. Sayang kami tidak punya foto lama si Prima saat aku masih kecil.


Sekarang ini sudah susah sekali menemukan Astrea Prima. Tapi buat yang belum tahu seperti inilah bentuknya.


Astrea Prima


Bertahun kemudian saat aku kuliah di Malang si Prima berplat nomor AA (area Kedu)  ini menemaniku. Menemani ke kampus, perpustakaan, rumah teman atau traveling seperti hobiku. Meskipun bukan motor baru , namun Prima kuat menemani perjalananku sampai Telaga Sarangan bahkan Bromo.  Ini adalah foto si Prima saat menemaniku ke Bromo.

 
Foto jadul ke Bromo
Saat aku lulus kuliah dan bekerja di Pati pun si Prima ini setia menemaniku. Aku berpisah dengannya saat aku memutuskan untuk bekerja di Jakarta. Tetapi kenangan tentang Prima yang bensinnya irit membuatku tidak bisa jauh-jauh dengan sepeda motor Honda. Honda menjadi merk sepeda motor dengan irit bensin pada jamannya saat merk lain bensinnya boros. Meskipun ada beberapa motor di rumah, Prima masih dipakai oleh karyawan ibuku.  Meskipun tua Prima masih bisa mondar-mandir rumah ibuku -toko ibuku dan baru saja pensiun tahun lalu di usianya yang ke- 25 tahun.

Kenangan tentang Prima dan bensinnya yang irit membuatku tetap memilih sepeda motor merk Honda saat aku menikah dan mempunyai anak. Si Biru motor Beat ini sudah menemaniku selama lima tahun mengantar jemput anak-anak. Aku memilihnya karena motor matic. Selain irit, enteng dan modis aku juga suka Beat karena aman. Mesin akan mati saat standar turun. Aman jika gas dimainkan anak-anak saat aku harus membuka pagar dan anak-anak masih nangkring di atas motor. Begitu pula saat aku harus parkir di area umum, tidak ada rasa was-was karena area kunci dilengkapi dengan penutup.


beat biru kesayangan



Teknologi Pintar Honda Masa Kini
Saat kantor suamiku pindah ke tempat yang lebih jauh, suamiku memutuskan untuk mengganti sepeda motor Honda Kharisma miliknya dengan sepeda motor matic agar tidak capek di perjalanan. Suamiku memang lebih suka menggunakan motor untuk ke kantor daripada mobil karena bisa nyelip dan tidak terjebak macet terlalu lama. Dalam seminggu dia tiga kali naik motor dan hanya dua kali naik mobil ke kantor karena lebih praktis.

Browsing dan membaca review beberapa sepeda motor pun dilakukan. Namun tetap saja pilihannya ke motor Honda. Teknologi pintar Honda sudah membuatku dan suamiku jatuh cinta. Pilihannya saat itu jatuh pada Honda Vario Technno 125 CBS ISS. Warna Razor White menjadi pilihan kami. Dan Honda Vario CBS ISS 125 ini resmi bersanding dengan si Beat Biru 1,5 tahun yang lalu di rumah kami. Hihi..

white razor si ayah



Vario Techno 125 CBS ISS ini dilengkapi dengan teknologi yang mampu mematikan mesin saat berhenti setelah 3 detik dan kembali menyala saat gas diputar. Hal ini berfungsi menjaga performa aki dan mesin tetap optimal dan irit. Berhenti lama di beberapa lampu lintas saat merah pun tidak masalah lagi. Mesin otomatis berhenti setelah tiga detik dan nanti akan menyala kembali.  Jadi mesin awet.






Bagasi yang luas memudahkan suami untuk menyimpan barang-barangnya di bagasi tanpa mengganggu saat berkendara. Bagasi tempat helm biasanya diisi jas hujan, kaos kaki cadangan botol minum dan kotak snack.


idling stop



bagasi luas photo bagasi luas_zpsxnxk4lip.jpg
Bagasi Luas





bagasi depan



Oya motor suamiku ini berbeda dengan motor maticku. Setiap tahun Honda menambah inovasi motornya dengan teknologi terbaru.  Honda Vario 125 CBS ISS ini sudah menggunakan teknologi eSP atau Enhance Smart Power dengan mesin yang lebih irit, bertenaga dan ramah lingkungan . Singkatan dari  eSP adalah enhanced Smart Power yang mempunyai 10 teknologi utama revolusioner. Semuanya tersembunyi di mesin, transmisi, dan pendingin. Salah satunya adalah ACG Starter yang mengantikan  motor starter konvensional. Starter ini menggabungkan generator dan starter dan membuat  suara lebih halus saat  distater .


ESP di body motor


Tulisan ESP di body motor[/caption]
Combi Brake system yang ada di Honda Vario ini membuat berkendara lebih aman karena hanya dengan menekan rem belakang, maka rem depan juga akan bekerja. Tentunya lebih aman karena dapat mencegah ban belakang terkunci.

Kini setiap pagi menjadi pagi yang menyenangkan saat bersama-sama berangkat ke kantor dan ke sekolah. Mesin motor suami  yang menggabungkan generator dan starter membuat suara mesin halus saat dinyalakan dan tidak membuat kaget. Lampu LED Headligt yang selalu menyala pun membuat perjalanan suami aman sampai tujuan.



Teknologi Honda Terbaru Honda Vario 150 eSP
Honda Vario 150  eSP resmi diluncurkan di Indonesia pada tanggal 14 Januari 2015. Dengan tag line “Ride The Perfection”,  Vario 150 eSP ini adalah Honda smarttech  yang merupakan kombinasi teknologi canggih dari Honda yang didukung dengan teknologi ramah lingkungan. Honda Vario 150 eSP ini sudah dilengkapi dengan mesin eSP, starter AGV, Helm-In, lampu depan LED, PGM-FI, Combi Brake System, Idling Stop System. Dan hanya memerlukan satu liter bensin untuk menempuh 59,5 kilometer.






Untuk engine All New Honda Vario 150 eSP dibekali mesin 4 langkah SOHC berpendingin cairan dengan diameter langkah 57,3 x 57,9 mm menghasilkan volume sebesar 149,3 cc dan memiliki perbandingan kompresi 10,6:1.

Performa tinggi didapat dari daya tenaga 9,3 kw (12,462 dk) /8500 rpm dan menghasilkan torsi maksimal 12,8 Nm/5000 rpm. Tidak hanya performa yang tinggi, efisiensi bahan bakar juga didapat dengan mengaktifkan Indling Stop System (ISS) yang sudah memenuhi standar emisi EURO 3.

Secara keseluruhan  Honda Vario 150 eSP ini hampir mirip dengan motor Honda Vario 125 CBS ISS milik suamiku. Perbedaannya ada di kunci motor Answer Back System yang memudahkan posisi parkir motor dengan respon suara dari lampu sein. Canggih banget. Jadi kalau parkir di mall yang padat dengan banyak sepeda motor yang sama kita nggak usah bingung lagi.



Selain itu fitur dari Honda terbaru ini adalah bannya yang sudah menggunakan ban tubeless tanpa ban dalam. Menjadi nilai lebih karena memungkinkan ban tak langsung kehabisan angin saat tertancap paku.

Jadi masih bingung cari motor ? Pakai Honda saja. Teknologi pintarnya membuat berkendara lebih nyaman. Selain itu teknologi yang semakin canggih dari masa ke masa membuat Honda tetap nomor satu di hati. Ikutan lomba blog Honda yuk. Hadiahnya banyaak booo.....




Sumber :

www.hondacengkareng.com

www.welovehonda.com

www.otorace.com

www.motor.otomotifnet.com



27 komentar:

  1. Wahh pecinta honda ya mbaa hehehe
    setia banget sama hondanya
    makin kesini teknologinya makin bagus yaa

    BalasHapus
  2. Hihi...iya mbak Shinta.Pecinta Honda banget.Dari Honda jaman jadul sampai yang terbaru sekarang.Adik-adik juga semua pakai Honda soalnya.Gak bisa move on dari Honda mbak Shinta.Hihi..ikutan lombanya yuk.

    BalasHapus
  3. punya motor memudahkan kita beraktivias ya mbak

    BalasHapus
  4. Iya mbak Lidya.Soalnya praktis.Bisa nyelap-nyelip.Kalau saya sih yang jelas irit.Karena buat antar jemput sekolah setiap hari.Gak usah naik angkot.Hihi..

    BalasHapus
  5. Saya tuh kalau beli motor juga honda, tapi karena sering beli trus dipinjem adik dan jadi hak milik mereka akhirnya saya males lagi beli.
    Semoga menang lombanya.

    BalasHapus
  6. Makasih Mas Edi doanya. Ikutan lombanya yuk. Itu mas Edi pahalanya banyak. Tiap beli Honda dikasih adiknya dan jadi hak milik. Hihihi...

    BalasHapus
  7. Wah, Mbak Nunung biker sejati. :D Hebat ya si Prima umurnya sampe 25 tahun. Sekarang Honda makin canggih ya, Mbak. :D

    BalasHapus
  8. Honda oke ya mak
    good luck bwt lombabyah heh
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
  9. Hihi...iya mbak Haya.Prima sudah uzur tapi awet.Dipertahankan karena honda pertama di rumah.Padahl juga ada beberapa motor.Jaman kuliah dulu biker mbak.Motoran sampai mana-mana.Hihi...

    BalasHapus
  10. Iya Honda canggih mbak Tya.Makanya gak bisa pindah ke lain hati.Ikutan yuk lombanya...

    BalasHapus
  11. Modis ya model motor honda. Aku suka perhatiin kalau di jalan motor honda lebih modis

    BalasHapus
  12. Iya mbak.Modelnya modis.Kalau beat feminim cocok buat wanita.Kalau vario terbaru gagah.Cocok buat cowok.

    BalasHapus
  13. Honda memang termasuk motor andalan. Bagus kualitasnya :)

    BalasHapus
  14. Keren banget itu Varionya... Saya sih blm bisa berkendara motor, selama ini bisanya cuma dibonceng, hehe... Tapi motor di rumah & punya saudaraku pada Honda semua :)

    BalasHapus
  15. Iya mbak Myra Honda memang top.Dari jaman dulu sampai sekarang bensinnya irit.

    BalasHapus
  16. Belajar naik motor yuk mbak Eusry Noor.Enak bisa kemana-mana sendiri pakai Honda.

    BalasHapus
  17. Astrea Prima itu motorku pertama, sekarang masih ada sih
    awet XD
    kesayangan penuh kenangan soalnya

    BalasHapus
  18. Hihi.. ternyata Astrea Prima motor kenangan banyak orang ya . Awet lagi *toss deh*

    BalasHapus
  19. Waaaa mak nunung masih kecil udah bisa nae motor
    Tpi emang honda enak ya mak.....ngirrritt

    BalasHapus
  20. Yoooiii kelas enam SD belajar di lapangan.Honda mah emang Top deh..

    BalasHapus
  21. salam kenal dan salam sukses

    BalasHapus
  22. Iya mbak Myra Honda memang top.Dari jaman dulu sampai sekarang bensinnya irit.

    BalasHapus
  23. Iyaa Honda memang Toop.

    BalasHapus
  24. Si prima pernah ke Bromo, keren...

    BalasHapus
  25. Iya mas.Si Prima masih kuat nanjak .Hehehe...

    BalasHapus
  26. Sama, saya juga pake honda. Irit, heheheh

    BalasHapus

Bahagia Bersama AirAsia Menjelajahi Negeri Laskar Pelangi

Bocah tiga tahun yang sedang asyik naik sepeda itu tiba-tiba melihat ke atas saat suara pesawat terdengar melintas. Sesaat kemu...