Kamis, 17 September 2015

(Singapore Part 2) Mitra Inn Hostel Ramah Dan Murah Di Singapura

Sebelum memutuskan menginap di hostel sebelumnya  aku sempat browsing beberapa hotel dan melihat harganya di Singapura. Sayangnya hotel-hotel di Singapura lumayan mahal. Dan jarang sekali yang mempunyai family room alias nginep  berempat. Kalau di Indonesia, kita bisa saja menginap satu kamar superior dan anak-anak nebeng ayah ibunya. Namun di Singapura anak berumur diatas lima tahun dihitung adult atau dewasa. Jadi kalau mau menginap harus dua kamar atau satu kamar family room. Sayangnya kamar family room di sana mahal-mahal. Dan budgetnya bisa empat jutaan dua malam  untuk numpang nginep saja. Aku bilang numpang nginep karena seharian kita pasti jalan-jalan dan hotel hanya empat untuk tidur saja.

Akhirnya dengan budget terbatas kami memutuskan nginep di hostel saja. Sebelumnya browsing dulu dan melihat-lihat hostel di trip advisor. Ada banyak hostel di Singapura. Tapi karena tujuan kami main ke Universal Studio maka kami mencari hostel yang dekat dengan MRT line ungu yang searah dengan Harbourt Front MRT Universal Studio berada. Dan taraa...akhirnya nemu hostel yang cocok deh. Namanya Hostel Mitra Inn. Hostel ini menyediakan family room yaitu sekamar berisi empat bed cocok untuk kami. Review orang-orang pun 90 persen merekomendasikan hotel ini.

Akhirnya kami booking hostel ini melalui situs hostel.com. Enaknya booking melalui situs ini adalah kita hanya membayar 13 persen saja dan sisanya dibayar saat kita check in. Asyik kan. Setelah selesai booking dan membayar kita akan memperoleh email dari Mitra Inn. Di email  ada peta lengkap letak hotel termasuk angkutan apa menuju ke sana. Kita juga akan ditanya jam berapa waktu kita check in.

Harga  untuk  family room berisi 4 bed adalah 325 ribuan per bed per  malam. Jadi biaya menginap untuk dua malam sekitar 2,5 juta plus pajak.  Untuk kamar berisi 6 orang dan kamar female isi 6  juga sama dengan kamar mandi di dalam. Untuk kamar isi 5 dengan  kamar mandi di luar harganya lebih murah yaitu 280 ribuan per bed. Sebaiknya kita memesan kamar sebulan sebelumnya. Karena jika mendadak dua atau tiga hari sebelumnya harganya lebih mahal.

Hostel Mitra Inn terletak di daerah little India. Dekat dengan banyak supermarket dan resto makanan halal yang buka 24 jam. Di depan hotel persis ada halte bus. Jadi memudahkan kita jika ingin pergi kemana-mana. Stasiun MRT Farrer Park juga dekat. Cukup jalan kaki selama 5 menit dan kita sampai di Farrer Park. Buat yang ingin menghabiskan malam sambil shopping di Mustafa, hostel ini cocok banget. Cukup jalan kaki 7 menit dan kita sampai di Mustafa.

jalan depan photo jalan besar_zps9d0audwc.jpg
Komplek pertokoan sekitar hostel

Karena naik penerbangan malam kami check in  sekitar jam setengan sepuluh malam. Mr Cham resepsionis yang ramah menyambut kedatangan kami. Setelah membayar kekurangan sisa biaya hotel plus deposit 10 dolar yang akan dikembalikan saat kita check out, kami diberi kunci kamar.

Anak-anak sudah ribut minta istiahat. Maklum anak-anak sudah capek karena sejak jam 12 siang sudah berangkat dari rumah. *kelamaan di bandara*. Akhirnya kami pun masuk kamar. Dan surprise...ternyata kamarnya lumayan luas. Bayanganku kalau hostel itu kamarnya sempit. Ternyata kamarnya luas, rapi dan bersih. Ada tempat untuk meletakkan barang-barang di bawah tempat tidur. Ada space yang cukup untuk sholat. Kamar mandinya pun terlihat bersih.

kamar photo kamar mitra inn 1_zpsdb0kxgfy.jpg
Ranjang tingkat

colokan photo colokan mitra inn_zpsouerzkgc.jpg
Colokan listrik dan tempat naruh HP

aturan di kamar photo tulisan di pintu mitra inn_zpsthtmcucy.jpg
Peraturan di hostel di tempel dekat pintu kamar

kamar mandi 2 photo kamar mandi_zpskz6hn0pv.jpg
Kamar Mandi Bersih

kamar mandi 1 photo kamar mandi 2_zpslnahdteb.jpg
Shower dan wastafel di kamar mandi

Anak-anak antusias banget tidur di ranjang tingkat. Kasurnya empuk dan AC nya pun dingin. Untuk yang tidak tahan dingin disediakan selimut di masing-masing bed. Di ranjang ini juga disediakan cantolan baju serta charger dan tempat menaruh printilan seperti HP dan sebagainya di masing-masing bed. Buat yang ingin browsing jangan khawatir. Hostel ini menyediakan wifi gratis 24 jam. Asyik kan?

Pagi-pagi sebelum berangkat ke Universal Studio kami sarapan. Setiap tamu yang menginap boleh sarapan gratis. Tersedia roti tawar, aneka selai, buah-buahan (berganti-ganti antara pisang dan apel) , telur rebus, teh tarik dan kopi. Tersedia juga kulkas dan microwave untuk menghangatkan makanan. Masing-masing tamu membikin sarapannya sendiri dan merapikan  bekas gelas dan piringnya sendiri.

photo sarapan 1_zpsufmpfooz.jpg
Menu sarapan

photo sarapan 2_zps7ga6w8dw.jpg
Teh tarik dan kopi

bikin minum photo bikin minum_zps5llwyf71.jpg
Bikin minum sendiri[/

sarapan photo sarapan_zps7rw4iatj.jpg
Sarapan kami

Tempat sarapan ada di lobi berupa tiga set meja makan. Biasanya tamu sarapan di lobi, namun jika ingin privat dan menyendiri bisa juga sarapan di depan kamar. Tersedia beberapa meja kursi di lorong untuk sarapan atau sekedar duduk-duduk.

tempat sarapan photo meja makan_zpsw3e0dnae.jpg
Tempat sarapan di lobi

Selain tempat sarapan di lobi juga tersedia televisi. Jadi kita bisa sarapan sambil menonton televisi. Disini juga ada sofa dan beberapa buku bacaan di lemari kecil. Jadi buat yang bosan bisa sambil baca buku di sini. Tersedia juga peta Singapura. Kita bisa mengambilnya gratis. Di paling pojok terdapat beberapa snack dan sandal jepit untuk yang membutuhkan. Tentu saja harus beli ya.

ruang baca lobu photo ruang baca_zpsgbhy1haf.jpg
Sofa dan rak buku di lobi

televisi photo televisi_zpscxtp6c66.jpg
Televisi di lobi

peta photo tempat peta_zps23uv9jng.jpg
Peta Singapura di pojok

Kamar kami terletak di ujung dekat dengan lobi. Jadi mau sarapan atau pergi keluar enak karena dekat. Di depan kamr kami terdapat lorong yang ada beberapa meja kursi untuk duduk-duduk. Di dinding terdapat beberapa foto kuno kota Singapura. Ada juga tempat untuk setrika dan tempat penitipan tas di sini.

lorong photo lorong mitra inn_zpsrveriene.jpg
Lorong depan kamar

penitipan tas photo penitipan tas_zpsv9ir5hh3.jpg
Penitipan tas

hiasan dinding photo hiasan dinding_zpswhzkpucu.jpg

Nggak terasa menginap dua malam di sini. Oya hampir sebagian besar tamu disini adalah orang Indonesia. Tentu saja orang Indonesia senang menginap di sini karena resepsionisnya ramah. Mr. cham dan Mr. sebastian adalah dua orang resepsionis berkebangsaan India yang ramah dan siap membantu kita kapan saja.  Sebelum pulang saya sempat berfoto dengan Mr. Cham resepsionis yang ramah. Terima kasih Mitra Inn.

friendly resepsionis

56 komentar:

1. makasih ya jenk. infonya sangat bermanfaat

BalasHapus
  2. Iya Mbak Endah sama-sama :)

3. Waah ternyata hostelnya bersih dan luas ya mbak. Besok pengin nginep di sana ah..kalau ke Singapura lagi.

4. Iyaa...hostelnya bersih dan rapi. Yuuk..main yukk..ke Singapura.

BalasHapus
  5. Wah.... bagus banget mbak hostelnya. Kalo hostelnya begitu, anak-anak pasti betah deh. Strategis juga ya lokasinya. Noted ah, buat next traveling bareng bocil. Nunggu postingan Universal Studionya ^__^

6. wah... bersih banget hostelnya ya mbak!

7. aku belum nyobain nginep hostel...mending hotel sekalian...soalnya bawa bayi --" riweh banyak hostel yg nolak

BalasHapus
  8. Iya anak-anak betah.Dan lagi mereka amazing sama ranjang tingkatnya.Maklum gak punya ranjang tingkat di rumah.Hihi..Oke deh ditunggu postingan Universal studionya ya Mbak Suci.

9. Iya Mbak Nindya.Hostelnya bersih.Lumayan sih kalau buat nginep.Soalnya lebih murah dari hotel dengan kualitas yang oke.

10. Iya Mak Echa.Kalau bawa bayi memang ada aturannya.Kayaknya anak-anak di bawah lima tahun gak boleh nginep di hostel deh.Soalnya takut mengganggu tamu lain.Soalnya balita kan masih banyak yang rewel ya.Jadi kebanyakan hostel punya aturan gak boleh bawa bayi.Eh tapi kemarin pas aku nginep ada rombongan keluarga dari Bandung.Mereka menginap bersembilan.Bawa anak kecil juga kok.Tp ya lebih gede dari Rafi ..

11. konsepnya self service ya mbak

12. Next time ke Merlion lagi, kayaknya nginep di sini aja deh ^_^
    Usefull post, mba

BalasHapus
  13. Iya Mbak Lidya.Kalau di hostel semuanya self service. Jadi bikin minum sendiri.Buang piring dan gelas bekas sendiri.Dan beresin meja sendiri.

14. Iya Mbak Ratna...Bisa nginep sini lagi next trip ke Singapura.Salam kenal..

15. Mbak, berarti berempat dalam satu kamar atau mba Nung pisah kamar? thanks for the information. Very usefull. ;)

16. duh mba e kapan ya diriku ke singapura, doain ya ....*butuh piknik * ;p

17. Yuk..yuk..Mbak Rina. Piknik...hihihi..

18. Berempat dalam satu kamar Mbak. Kan ranjangnya ada empat. Hihihi..

BalasHapus
  19. Mampir ke postingan MRT malah jadi ke sini hihi. Habis penasaran dirimu nginep di mana, Mba. Aku selalu pusing nginep di mana kalo di SG padahal cuma berdua anak (dan ada apartment sodara bisa ditumpangin -- tapi kan enak tinggal sendiri ya hihihi). Ini boleh banget jadi pilihan. Kayaknya lbh oke dari hostel yang aku nginep di Lavender. Thanks for the information ya Mba. Next time bisa consider ini. Perlu punya CC ngga Ma buat booking?

20. Hihi..iya Mbak Ruth. Kalau ini enak kok buat nginep. Nyaman buat anak-anak lah. Lain kali bisa nginep di sini mbak. Aku sih pakai CC bookingnya. Tapi seneng ya punya saudara di sana. Bisa nginep di apartemennya.

21. Lumayan hostelnya bersih ya.. Kalau ke Singapore bisa nginep disitu nih daripada di hotel mahal banget.

BalasHapus
  22. Iya mbak Lilis.Hostelnya bersih.Bisa menginap sana kalau pas jjs ke Singapura.

23. nyaman ya tempatnya...
    oh brarti klo pgn main ksana hrs cpt2 nih sbelum jav dianggap adult heuheu...

BalasHapus
  24. Iya mbak Nathalia ke sana aja cepet-cepet.Soalnya lima tahun keatas dianggap adult.Hihi...Ntar keburu Jav gede.

25. eh, kirain holiday inn yang di orchar road, dulu saya pernah semalam di sana waktu tugas
    sebelomnya malah numpang gratisan di sekitar lucky plaza :)
    ha ha ha

BalasHapus
  26. bookmark siapa tahu mau backpackeran ke singapur hehehe...

27. Hehehe yang ini Mitra Inn hostel mas Huda.Kalau Holiday Inn hotel mahal ya?hehhe...Wah enak tuh nginep gratis dekat Lucky Plaza.

28. Iya Mbak Handriati.Bookmark dulu.Recommended kok hostelnya..hihi..

BalasHapus
  29. Desain interiornya minimalis ya, bagus. kamar mandinya memperhatikan K3. ada pegangan tangannya.

30. Iya mas. Kamar mandi di hostel ini memperhatikan K3, ada pegangan tangannya. Saya baru nemu nih yang kayak gini. Terima kasih sudah mampir...

31. kereeen bo, pasti bobo cantik kalau nginep di sini ...ngilerrr

BalasHapus
  32. Hihi..iya Mbak Dwi Aprily. Tempat nginapnya nyaman mbak, meskipun hostel . Bukan hotel. Yuk..yuk..ikut bobok cantik nginep di sini.

33. wah jadi pengen ke singapore, paspor ku udah 3 tahun nganggur, thanks infonya mbak :)

34. Yuk..yuk...Mbak Annisa. Jjs ke Singapore yuk..

35. Wahhh asyik bgt bisa jalan2 ke spore..bikin pengeen mbaa hehe

36. Yuk..jalan-jalan yuuk ke Singapore.Murah-murah kok sekarng tiket promonya.

37. Harganya terjangkau ya Mba Nunung tapi cozy banget itu segitu mah :D
    Kalo ke Sgp saya mau coba....makasih infonya ....

BalasHapus
  38. Iya Mbak Ani tempatnya cozy dan harganya terjangkau...Bisa jadi referensi kalau mbak Ani pergi ke Singapore.

39. Wow! serunya jalan2 ke singapur :)

beda banget ya sama di Indonesia. Hostelnya bersih bangeeet. rapi pula.
    moga2 suatu saat bisa kesampaian kesana. aamiin..

BalasHapus
  40. Aamiin Mbak Arina.Semoga suatu saat nanti kesampaian ya jalan-jalan ke sana.

41. Wah pasti tidurnya pulas banget ya mbak ?? :D

42. Pulas lah..kan kecapekan jalan-jalan seharian

BalasHapus
  43. Heiheihe mantaf bagian ke 2 nya. Baidewei baswei Singapura aja saya belum pernah. Heihiehie padahal kawan kawan kantor saya sudah bolak balik dari Pontianak - Jkt-SG haihaihiaa. Kapan ya mampir ke SG? Mimpi kali ye hiheihieee

44. Siapa tau suatu saat nanti bisa ke Singapura Pak Asep. Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin kan?Saya aja dulu bilang gak mungkin ke Eropa.Tapi ternyata saya juga sudah ke Paris tanpa disangka-sangka lho..Semoga suatu saat nanti bisa ke Singapura ya Pak Asep.

45. Kalau di Hostel dihitung per bed ya, saya baru tau, emang ngga bisa sewa 1 bed untuk ramai ramai, kasian kalau di hitung satu satu... harganya sesuai dengan fasilitas yang di dapatkan...saya jadi mau traveling...

BalasHapus
  46. Iya Mas kalau di hostel dihitung biayanya per bed.Bukan per kamar.Sebenarnya lebih murah sih jatuhnya kalau traveling sendirian Mas Fazri.

47. wah...seru pengalamannya mbak.... foto fotonya cucok...pengen euy ke negara ini..blm kesampaian. Btw, suka deh melihat mbak nunung bikin minuman sambil gaya/melihat kamera, hahahahaa

48. Haaha...makasih Mbak Eka.Itu semua hasil jepretan krucils foto-foto di hotel.Termasuk jepret emaknya pas bikin minum.Dia suka moto-moto soalnya mbak.Kelas dua aja sudah nabung beli kamera DSLR yang murah buat dia sendiri.

BalasHapus
  49. Mbak ini MITRA INN keren dan MURAH banget yahhh dengan fasilitas seperti itu. klo ada kesempatan ke singapur sya akan mampir di sini aja mrah meriah kok. Makasih informasi dan foto2nya :)

Salam kenal :D

50. Salam kenal juga Mbak Arinta :)
    Semoga ada kesempatan berkunjung ke Singapura ya.Bisa menginap di Hostel Mitra Inn ini Mbak.

BalasHapus
  51. lumayan ramah di kantong, bisalah mbak nanti jadi rekomendasi kalo ke singapore

52. Harganya terjangkau ya Mba Nunung tapi cozy banget itu segitu mah :D
    Kalo ke Sgp saya mau coba....makasih infonya ....

BalasHapus
  53. Mbak..kalo anak2 di bawah 12 tahun tetap dihitung satu ga mb?atau free asal pake bed yang ada?

Balasan
    1. Tetap dihitung satu. Kan itu saya nginapnya juga bawa anak anak umur 8 dan 9 tahun. Mereka tetap dihitung 2