Minggu, 31 Mei 2020

Cara Cek Resiko Tertular Virus Corona secara Online

Sejak awal Maret pertama kalinya ada virus corona di Indonesia sampai hari ini sudah 25 ribuan orang di Indonesia positif virus corona. Terdengar menakutkan ya guys.

Dengan penyebaran virus corona yang semakin banyak ke seluruh Indonesia,  selain PSBB pemerintah juga mengeluarkan larangan mudik dan himbauan untuk sholat idul fitri di rumah masing-masing lebaran kemarin.

Sebuah pengalaman baru buat kami sekeluarga dan jutaan orang di Indonesia. Untuk pertama kalinya seumur hidup tanggal 24 Mei kemarin kami sholat idul fitri di rumah. Si ayah jadi imam dan si kakak jadi khotib. Beberapa hari sebelumnya si kakak sudah belajar cara khotbah.

Tidak ada acara silaturahim ke tetangga-tetangga. Sedih? Pasti dong...tapi nggak boleh sedih ya. Semua untuk kebaikan bersama. Toh seluruh Indonesia juga merasakan hal yang sama dengan kami.

Jadi kangen suasana lebaran tahun lalu ya saat bisa pulang kampung, makan ketupat dan opor buatan nenek. Hiks...jadi nangis deh kalau ingat seseruan lebaran tahun lalu saat bisa berkumpul dengan keluarga besar.

Lebaran tahun lalu di kampung

Mudik , Sholat Ied dan Penularan Virus Corona 

Larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah sebenaranya untuk mencegah penularan virus corona.  Demikian juga dengan larangan sholat Idul Fitri rame-rame di lapangan. Kan kita tidak tahu dimana kita bisa terpapar virus corona. Bisa di perjalanan, bisa juga pas sholat idul fitri.

Kemarin ada berita sekeluarga yang sholat Idul Fitri dan positif Covid 19. Salah satu keluarga tersebut positif Covid 19 dan sudah diisolasi di rumah sakit. Sementara tiga orang keluarga lainnya berstatus PDP tapi tetap sholat ied di masjid dekat rumah.  Hasil tes keluar sehari setelah Idul Fitri dan ketiganya dinyatakan positif dan segera dijemput tim untuk diisolasi.

Berita-berita seperti ini tentu saja membuat kita khawatir. Jangan-jangan kita juga tertular virus corona. Batuk aja sekarang kita juga jadi parno. Jangan-jangan kena corona. Atau  kita sehat-sehat saja tapi takut jadi OTG atau orang tanpa gejala.  Mau pergi ke rumah sakit untuk tes kok sepertinya tidak memungkinkan. Yup....buat sebagian orang pergi ke rumah sakit di masa pandemi ini sepertinya menakutkan.

Buat yang pengin mengetahui apakah kita tertular virus corona atau bukan, kita tidak perlu ke rumah sakit. Untuk screening awal kita bisa melakukannya secara online. Cek virus corona secara online bisa dilakukan dengan cara mengisi beberapa pertanyaan online di Halodoc.


Buat yang belum ngerti apa itu Halodoc baca ini deh. Halodoc adalah sebuah aplikasi online yang berisi fitur-fitur yang memudahkan penggunanya mendapat layanan medis. Untuk sekedar konsultasi kita harus antri berjam-jam di puskesmas atau rumah sakit. Di Halodoc kita bisa mendapatkan layanan konsultasi gratis dengan dokter 24 jam tanpa harus antri lama dan keluar rumah. Selain itu kita juga bisa membeli obat karena Halodoc bekerja sama dengan seribu apotek di Indonesia. Memudahkan kita banget ya aplikasi ini.

30 komentar:

  1. HaloDoc memang sangat bisa diandalkan ya Mba
    Pokoke di jaman yg kudu serba online ini, kita berterima kasih bgt dgn adanya app macam HaloDoc ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Halodoc membantu banget nih. Buat konsultasi jadi praktis

      Hapus
  2. Lebaran kmrn emang agak aneh yaaa huhuhu
    Ini katanya mau masuk new normal tapi aku ya masih suka deg2an sama istilah itu mbak. Kalau di rumah ya berusaha mematuhi anjuran pemerintah, walau kdng rasanya hidup di dunia dunia, kok kita di rumah,sedang yg di luar santuy ya :( Mbuhlah hehe
    Ini maksudnya screening secara online gtu ya mbak pakai aplikasi Halodoc?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba April. Ini screening online pakai Halodoc gitu...

      Hapus
  3. Hahaha iya nih. Liat yang bersin atau batuk suka pengen melotot kalau ga ditutup. Sementara kalau akunya gitu rasanya jadi kayak penjahat juga. Semoga wabah ini lekas usai ya. Kasian sama yang terdampak. Mahluk piyik ini beneran nyusahin kita tapi juga harus diakui kita jadi belajar banyak hal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bentuknya kecil tak terlihat tapi menakutkan ya mbaak

      Hapus
  4. Awal WFH dulu aku kan br pulang dinas dr Lombok mba.. Mampir Bali pulangnya
    Smp Jakarta langsung self quarantine mo periksa malah takut jd cobain pake aplikasi online di Halodoc jg aku tuh. Hasilnya sih gak mengarah utk test lebih lanjut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya mbak bisa screening online dulu nggak usah periksa ke rs

      Hapus
  5. Menjelang 3 bulan nih ya kita semua stay at home.. semua aktifitas dilakukan dari rumah, dan semoga kurva penyebaran virus corona melandai ya mbak.. selain menjaga kebersihan dan kesehatan diri juga harus coba cek cek ya.. bisa melalui halodoc ya melalui aplikasinya dengan jawab pertanyaan pertanyaan.. nice info mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, nggak ada salahnya kita cek screening online buat tau aja. Meski kita sudah jaga kesehatan dan kebersihan.

      Hapus
  6. HaloDoc jadi acuan banget nih di masa pandemi, takut mau ke RS atau klinik soalnya sekarang ya..was was rasanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Dedew . Masa pandemi gini mau ke RS deg degan sendiri yaa

      Hapus
  7. Memang deh udah praktis banget kita bisa tanya2 kesehatan dan cek virus corona di Halodoc. AKu juga ceki2 indo kesehatan di aplikasi terpercaya yang satu ini. Urusan obat2an juga bisa dikirim ke rumah, mantap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya praktis ya mbak kalau obat juga bisa dikirim ke rumah seperti Halodoc

      Hapus
  8. aku udah nyoba tes di halodoc hasilnya ya cukup menggembirakan, risiko rendah hehe mungkin krn aku gak pernah ke LN dan gak pernah kontak langsung dgn pasien covid

    BalasHapus
  9. Minimal buat deteksi dini ya mba.. bener2 deh, sekarang ini banyak aplikasi yang begitu membantu..

    Aku kayaknya pernah ikut nyoba ngecek juga..dan masuk resiko rendah. Banyakan di rumah soalnya..

    BalasHapus
  10. Sangat membantu kalau bisa cek resiko tertular virus coorna secara online di HaloDoc ini, secara kan jadi lebih cepat tahu kondisi kesehatan secara aktual dengan lebih cepat dan aman karena tidak harus antri ke RS atau fasilitas kesehatan yang notabene memiliki resiko paparan virus lebih tinggi.

    BalasHapus
  11. Saya udah beberapa kali pakai halodoc buat beli obat... Praktis banget... Bisa tes juga ya...

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah ya ada fitur baru di halodoc, jadinya kita bisa cek resiko tertular virus corona dengan mudah.

    BalasHapus
  13. Iya mba... saya udah pake halodoc ini. Buat deteksi dini membantu banget informasinya.. jadi ga khawatir. Semoga pandemi ini segera menemukan solusinya permanennya ya biar ada kepastian untuk kita semua. Sehat selalu mba..

    BalasHapus
  14. Iya nih, COVID bikin kita jadi parnoan ya. Apalagi kalo liat orang bersin, batuk. Enak deh kalo ada cara ngecek secara online gini.

    BalasHapus
  15. Penting banget nih....cek Corona online.
    Setidaknya indikasi awal kita tau dan langkah selanjutnya cari tahu lagi melalui apps Halodoc.
    Apps yang wajib di instal di HP ini.

    BalasHapus
  16. Aku dah sering pakai halodoc. Seneng rasanya bisa di rumah aja sambil pakai halodoc. Beli obat konsul gratis

    BalasHapus
  17. Asik nih aplikasi halodoc komplit bisa tebus obat resep juga lho kemarin sy nyoba krn jalan k apotik riskan lg pandemi begini anak butuh obat via halodoc

    BalasHapus
  18. pakai halodoc memang membantu bangee tya mba..aku suka banyak fasilitas yang benar - benar bisa membantu kita menjaga kesehatan

    BalasHapus
  19. Bantu banget ya Halodoc ini. Daripada kudu ngantri berjam-jam, bisa kan ya konsultasi tahap awal seputar virus Corona ini di situ. Praktis kan cukup pake aplikasinya aja udah kebantu banget.

    BalasHapus
  20. asyik ya, daripada harus langsung ke rumah sakit antri, mending cek dulu di rumah via halodoc, sekarang lihat orang batuk deket kita emang rada bikin parno

    BalasHapus
  21. Sebelum ada pandemi, ku sudah unduh aplikasinya Halodoc ini, karena membantu banget buat cari info kesehatan, dokter, rumah sakit, dan rekomendasi pengobatan.
    Sekarang, makin sering buka Halodoc buat info pandemi.

    BalasHapus
  22. benar banget sanksi sosial yang bikin trauma orang melaporkan kena gejala virus corona atau tidak ya, semoga kita semua sehat2 aja ya terus di rumah aja

    BalasHapus
  23. Wah pelayanan Halidic makin lengkap aja ya, mba. Ada pelatanan ceck tes covid 19 juga. Memang rekomend sih aplikasi Halodoc karena aku juga pakai berapa kali buat konsultasi kesehatan dan ambil obat.

    BalasHapus

Bumbu Hitam Bangjo Rasanya Maknyuss

Sore itu teriakan pakeeeeeet dari pak kurir mengagetkanku. Sebungkus paket atas namaku tertera di kardus. Hihihi penasaran deh perasaan lag...