Serunya Berburu Oleh-Oleh Khas Pontianak

Masih ingat kan acara jalan-jalanku ke Pontianak bulan lalu? Sebenarnya ini postingan telat sih. Tapi daripada tidak ditulis rasanya kok ada yang kurang. Ya iyalah..soalnya oleh-oleh khas Pontianak itu banyak banget dan yummi.

Sebenarnya ini bukan kali pertama ngerti oleh-oleh khas Pontianak. Biasanya tiap pamanku yang tinggal di sana pulang kampung atau mampir ke Jakarta biasanya aku kebagian oleh-oleh ini. Pasti penasaran kan makanan apa saja khas Pontianak? Ini nih aku kasih tahu.





  1. Minuman lidah buaya

Buat yang sering minum Nata De Coco , minuman lidah buaya ini bentuknya hampir           mirip dengan Nata De Coco. Bedanya kalau Nata De coco, jeli nya terbuat dari                   fermentasi air kelapa. kalau minuman lidah buaya ini jelinya terbuat dari lidah buaya. Rasanya kenyal-kenyal manis. Bisa diminum sambil dicamur dengan sirup. Ankku paling suka dengan minuman lidah buaya ini. Harganya pun murah. Hanya 10 ribu rupiah berisi 5 plastik kemasan minuman lidah buaya.

2. Manisan lidah buaya

Manisan lidah buaya ini dibuat dari lidah buaya asli dan dikemas dalam bentuk permen warna-warni. Disukai anak-anak karena bentuknya yang lucu.
 photo manisan-lidah-buaya_zps4mq17m3c.jpg
manisan lidah buaya

3. Stik Talas


Yang paling aku suka dari oleh-oleh Pontianak ini adalah stik talas. Terrbuat dari talas yang dibikin stik dan  trus digoreng. Setelah itu diberi bermacam-macam rasa. Rasanya? hmm...enaaak banget. Aku paling suka rasa jagung bakar. Tapi yang original enak juga lho. Harganya sih lumayan mahal. Harganya 65 ribu rupiah untuk 500 gr

 photo talas_zpse12xjhsg.jpg
Stik talas

4. Lempok Durian

Lempok durian ini juga salah satu oleh-oleh khas Pontianak. Terbuat dari Durian yang sudah dibikin semacam dodol.




5. Dodol Lidah Buaya

Selain dibikin minuman seperti nata de coco, dibikin manisan berbentuk permen, lidah buaya yang melimpah di Pontianak juga dimanfaatkan sebagai dodol dan dijual sebagai oleh-oleh. Jadi buat yang berkunjung ke Pontianak, jangan lupa cobain dodolnya ya...
 photo lempok_zpsw9xuocoe.jpg
Lempok durian

6. Kerupuk ikan

Kerupuk ikan di Pontianak enak. Rasa ikannya terasa. Kebetulan kemarin sempat dibawain dua bungkus sama tanteku. Kerupuk ikan di sini dijual dalam bentuk mentah. Jadi bisa beli beberapa bungkus buat oleh-oleh.
 photo kerupuk-ikan_zps37ukopdb.jpg
kerupuk ikan


 photo produk-malaysia-2_zpskhkhtt4f.jpg
Produk Malaysia
Masih ada beberapa oleh-oleh khas Pontianak. Selain makanan-makanan khas, biasanya kalau berkunjung ke Pontianak bisa kita lihat beberapa makanan dan kue import dari Malaysia. Di beberapa penjual oleh-oleh bisa kita temukan beberapa produk dari Malaysia ini.
 photo produk-malaysia-1_zpsanpj492l.jpg
Produk Malaysia

Kalau pas di tempat oleh-oleh gini rasanya pengin dibeli semua. Abisnya enak-enak dan banyak bangeet sih. Ke Pontianak lagi yuuk....kita berburu oleh-oleh lagi.

 photo bertiga-cari-oleh-oleh_zpsbdnhp4il.jpg
Bersama bulik dan temannya


Komentar

  1. Paling suka kerupuk ikannya Mak. Gurih banget, ikannya terasa.

    BalasHapus
  2. waduh banyak juga mba oleh2nya :D

    BalasHapus
  3. Nah, aku suka kerupuk ikannya. Minuman lidah buaya pernah nyoba, diminum sama sirup. Enak juga kok, tapi Anak-anak nggak suka :)

    BalasHapus
  4. Iya Mak Ety..kerupuk ikannya terasa banget ya rasa ikannya.Jadi ketagihan deh.Hihi..

    BalasHapus
  5. Iya Mas Salam zaghi.Oleh -olehnya lengkap...

    BalasHapus
  6. Waah Mbak Lianny juga suka sama kerupuk ikannya ya.Sama doong.Kalau anak-anakku suka sama minuman lidah buayanya.Kenyal-kenyal gimanaa gituu..

    BalasHapus
  7. Apollo kayaknya sering banget dibawa temen2 kantorku dulu kalo abis DLK dari kalimantan khususnya Pontianak...

    BalasHapus
  8. lempok duriannya bikin mupeng mbak :)

    BalasHapus
  9. Kwetiaauw Apollo ya Mbak Ratna?Saya malah belum nyoba.Katanya sih legendaris ya di Pontianak.

    BalasHapus
  10. Waaah Mbak Ira suka lempok durian ya?Buat yang suka Durian enak nih mbak lempok.Tapi kok saya lebih suka makan Duriannya langsung ya Mbak Ira...

    BalasHapus
  11. aku belum pernah menginjakkan kaki ke bumi kalimantan, semoga suatu hari bisa ke sana dan membeli oleh2nya

    BalasHapus
  12. Semoga bisa menjejakkan kaki di Kalimantan ya Mbak Ev..

    BalasHapus
  13. bismillah... semoga saya bisa menikmati indahnya pontianak dan nikmatnya oleh-oleh pontianak... :)

    BalasHapus
  14. Aamiin ya Ipan...Semoga tercapai cita-citanya ya

    BalasHapus
  15. Seru habis berburu oleh-oleh di Pontianak Mbak Nunung. Ini di Pasar. Di PSP juga afa ikan kering yang baunya enak banget kan ya?

    BalasHapus
  16. Iya Mbak Evi.Seru...Ini di pusat oleh oleh dekat Mall apa gitu namanya.Bukan di pasar.Tapi letaknya dekat pasar.Ada juga ikan kering yang baunya enak itu.

    BalasHapus
  17. kalo dgr pontianak aku ingetnya ama kepiting :D.. ato seafood lah ;).. enak2.. belum prnh ke pontianak sih mba, tp kata temen kepiting di sana gede2 dan tebel dagingnya :D

    BalasHapus
  18. Iya sih. Seafoodnya enak-enak. Buktinya sepulang dari sana aku langsung kolesterol. Soalnya makan seafood terus. Udangnya juga yummi lhoo...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer